Tips Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet Murah Yang Gak Murahan

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by mugianto, Jul 9, 2019.

  1. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Aden dan Ajeng mungkin saat ini masih berfikir keras, bagaimana caranya kita Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet untuk menunjang kegiatan / aktifitas kalian, karena bagi sebagain kalangan, internet kini sudah menjadi Candu yang sangat mengikat Aden / Ajeng. Mungkin dalam hal itu, tread ini akan membantu Aden & Ajeng dapat memilih Internet Service Provider yang tepat untuk kalian.
    [​IMG]

    Dalam beberapa tahun terakhir, langkah besar telah dibuat dalam pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sehingga sekarang ada serangkaian layanan alternatif yang menarik yang menyediakan akses Internet yang semakin cepat bagi konsumen di Indonesia. Ketika internet diluncurkan di Indonesia pada tahun 1998, ia mencapai 134.000 pelanggan; pada 2014 angka itu telah tumbuh menjadi 80 juta, lalu tahun 2018 menurut APJII, pengguna intenet telah mencapai lebih dari 143 juta pengguna.

    ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider, bahasa Indonesianya adalah "Penyedia Layanan Internet". ISP yang di Indonesia menyediakan email, hosting web, dan layanan terkait. Ada banyak ISP Indonesia dengan lisensi untuk beroperasi di Indonesia yang menawarkan layanan yang stabil. Beberapa ISP lebih populer daripada yang lain karena bandwidth yang lebih luas, layanan pelanggan yang lebih baik, dan harga yang lebih baik. Beberapa ISP internasional juga menawarkan layanan atau nomor akses lokal di Indonesia (AOL dan AT&T), dengan biaya dolar AS.

    Untuk Aden atau Ajeng yang mau intip2 daftar nama perusahaan penyedia jasa internet di Indonesia bisa cek laman utama dari APJII (regulator) berikut: www.apjii.or.id

    Salah satu perbedaan terbesar antara ISP adalah manajemen bandwidth mereka. Sebagian besar ISP membeli bandwidth dari Indosat, perusahaan telekomunikasi internasional Indonesia.

    Tips Memilih Penyedia Jasa Layanan Internet Murah Yang Gak Murahan.

    Tidak semua Penyedia Jasa Layanan Internet dibuat sama! Saat membandingkan berbagai ISP untuk mencoba menentukan yang berlangganan - lihat faktor-faktor berikut:
    • Lakukan polling teman secara informal atau di Forum Expat untuk melihat Penyedia Jasa Layanan Internet mana yang saat ini mereka gunakan dan rekomendasikan. Tanyakan kepada mereka tentang masalah yang mereka alami dengan Penyedia Jasa Layanan Internet yang mereka gunakan di masa lalu. Ada banyak ulasan di forum mengenai pertanyaan ini, cukup lakukan pencarian.
    • Tanyakan kepada berbagai Penyedia Jasa Layanan Internet berapa bandwidth mereka dan rasio pengguna saat ini terhadap bandwidth. Diperingatkan, bagaimanapun, bahwa bandwidth ISP bukan satu-satunya faktor penentu kecepatan. Saluran telepon Anda, kemacetan saluran telepon di lingkungan Anda, komputer Anda, modem Anda, RAM Anda, dan berbagai faktor lainnya harus dipertimbangkan juga. Selain itu, jumlah router dan server serta peralatan misterius lainnya di Penyedia Jasa Layanan Internet dapat semakin memperlambat atau mempercepat koneksi. Bandwidth yang lebih besar tidak selalu berarti koneksi yang lebih cepat jika rasio pengguna terhadap bandwidth tinggi atau kurangnya server.
    • Cari tahu apakah sang Penyedia Jasa Layanan Internet menawarkan koneksi kabel, ADSL, satelit atau nirkabel sebagai opsi untuk dial-up.
    • Tanyakan tentang nilai paket di mana Anda menerima satu atau lebih alamat email dengan jumlah jam penggunaan / koneksi yang ditentukan. ISP biasanya menawarkan biaya bulanan dasar untuk jumlah jam tertentu, dengan biaya tambahan yang dibebankan per jam untuk penggunaan selama jam yang tercakup dalam paket.
    • Tanyakan apakah sang Penyedia Jasa Layanan Internet Anda memiliki fasilitas jelajah sehingga Anda dapat terhubung dari nomor lokal di berbagai kota di seluruh Indonesia. Juga, tanyakan apakah mereka memiliki server email berbasis web yang memungkinkan Anda untuk mengakses akun email Anda langsung dari situs web mereka. Jika ya, Anda dapat melihat, menjawab, dan mengirim email dari mana saja di dunia, tanpa harus menghubungi nomor akses Jakarta Anda untuk mendapatkan / mengirim email Anda.
    • Tanyakan apakah Penyedia Jasa Layanan Internet Anda memiliki kemampuan MultiLink. Ini adalah kemampuan (jika Anda memiliki dua saluran telepon) untuk menyatukan dua modem bersama-sama. Windows Dial-Up Networking memiliki ini sebagai standar tetapi tidak didukung oleh semua Penyedia Jasa Layanan Internet (mereka perlu mengizinkan dial-up simultan dari akun yang sama). Ini secara efektif akan memberi Anda kecepatan dua kali lipat. Bukan sesuatu yang Anda ingin gunakan sepanjang waktu tetapi mungkin berguna untuk periode penggunaan bandwidth tinggi.
    Jadi saat aden / ajeng sudah memutuskan untuk menggunakan jasa internet, baiknya untuk lebih teliti dan mengetahui tentang Penyedia Jasa Layanan internet tersebut. Jangan sampai dikemudian harinya anda akan menyesal.

    Disini saya merekomendasikan dua Penyedia Jasa Layanan Internet yang bisa untuk kalian pertimbangkan.
    mereka adalah:

    JujungNet Id dan HSP Net

    Jujungnet dengan paket broadband unlimitednya yang sangat murah namun kecepatan internetnya tidak boleh diremehkan. Paket broadband unlimited mereka dimulai dari harga Rp. 205.000 untuk 10 mbps, sangat murah bukan, dan kecepatan local atau internationaal mereka sangat mumpuni, dan jangan lupa mereka menggunakan fiber optic sebagai hantaran mereka, jadi masalah kecepatan tidak usah diragukan.
    Mau lihat daftar harga paketan internetan mereka ? Aden & Ajeng bisa cek dimari: JujungNet

    HSP Net
    Sementara HSP net berfokus pada kualitas jaringan mereka, baik broadband, dedicated, ataupun satelnet mereka. Kemampuan daya jelajah koneksi mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Soal harga mungkin ada baiknya Aden atau Ajeng selidiki sendiri dimari: HSP Net

    Untuk ISP yang lain saya belum bisa merekomendasikan karena belum pernah menggunakannya secara langsung. Saya kira cukup itu saja yang saya ingin saya sampaikan di Tread ini.

    NB: Jika ada kesalahan dalam tread mohon diberikan pemberitahuan dimana letak kesalahan tersebut agar bisa diperbaiki, terima kasih
     
    Last edited: Jul 10, 2019
  2. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    255
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    boleh tau HSP sudah ada di daerah mana aja den,tempatku belum ada ya atau nama lainnya kurang tau:)
     
  3. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Saya nda tau lokasi aden udah tercover apa nda, mungkin bisa cek langsung diSini: http://www.hsp.net.id/coverage.html
     
    Last edited by a moderator: Jul 10, 2019
  4. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    266
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    bisa juga nih buat alternatif internet bumn yang sering down
     
  5. Husnul Fuadi

    Husnul Fuadi New Member

    Joined:
    Dec 24, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah keren, saya selalu pake indihome meski lemot kadang :D
     
  6. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Jika daerah Aden dah tercover coba aja, smpai saat ini saya gak ada keluhan. Paling lag pas meintence aja ^_^
    Kalo sering mah sedih dong. Coba aja cek sudah tercover blom daerah Aden oleh Jujung Net, kali aja Inet dan Harganya cocok sama Aden
     
  7. masirwin

    masirwin Member

    Joined:
    Jan 11, 2018
    Messages:
    59
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    masih ready ini? kalo wifi yang bisa dibawa kemana mana ada?
     
  8. WAP23

    WAP23 Member

    Joined:
    Aug 20, 2018
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Untuk Jasa Penyedia Internet Yang Lagi Up & Banyak Dipake Buat Internet Di kantor Agency, Pas Telp Salesnya Ternyata Daerah Saya Belum Masuk Coverage Mereka. Udah Cek Sih Sebenernya Di Webnya. Pengen Make Sure Aja... Disini Ada Yang Masih Netep Sama Jasa Yang Lama Karna Gada Pilihan Lain Atau Gak Ya? :D
     
Loading...

Share This Page