Tips Memilih Produk Toko Online Berdasar Persentase Keuntungan

Discussion in 'Online Business' started by hirumangun, May 10, 2014.

  1. hirumangun

    hirumangun New Member

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Secara umum, berdagang secara online bisa menekan biaya operasional, terutama karena pedagang online tidak memerlukan sewa tempat/toko sebagaimana pedagang offline. Kalaupun ada ongkos kirim, itu bukan termasuk biaya operasional, karena akan ditanggung oleh pembeli, kecuali Anda memberi kebijakan free ongkir.
    Untuk produk atau barang yang dijual online, persentase keuntungan besar terdapat di bisnis baju/fashion yang keuntungannya antara 20-40%. Harga fashion sangat bervariasi dari yang sangat terjangkau sampai yang sangat mahal terutama bergantung bahan dan merk.
    [​IMG]
    Yang kedua adalah produk kecantikan seperti kosmetik, parfum. Keuntungan menjual produk kecantikan antara 20-30%. Produk ini juga cukup laris karena 80% pembeli online adalah wanita.
    [​IMG]
    Yang ketiga adalah produk kesehatan, termasuk obat, supplemen kesehatan, pelangsing tubuh, penambah kejantanan, dll. Ini keuntungannya juga cukup besar, apalagi jika produk tersebut sudah terbukti khasiatnya.
    Yang keempat adalah barang hobby. Biasanya yang menjual barang ini relatif lebih sedikit. Penjualnya pun biasanya menggeluti hobby tersebut, seperti perlengkapan mendaki gunung, perlengkapan memancing, aksesoris fotografi, dan lain-lain. Keuntungan menjual barang ini yaitu pembelinya jarang menawar, karena sudah hobby, bagi mereka harga menjadi pertimbangan kesekian.
    [​IMG]
    Selain itu, keuntungan besar juga bisa diperoleh dari barang-barang yang biaya produksinya rendah, namun memiliki nilai tinggi, seperti karangan bunga, kerajinan tangan (hand made), dll yang keuntungannya bisa 100%.
    Penjualan produk digital, seperti video, ebook tutorial, novel, dll lebih menggiurkan lagi. Produksi hanya sekali saja di awal, yang mungkin cukup berat karena memerlukan proses berpikir kreatif, pengumpulan referensi, dll. Namun, setelah jadi, duplikasinya tidak perlu biaya produksi karena tinggal di-copy saja. Kelemahan produk digital hanya satu yaitu mudah dibajak dan dijual secara ilegal.
    Barang elektronik termasuk barang yang persentase keuntungannya tidak terlalu besar dibandingkan dengan harga barang itu sendiri. Harga barang elektronik sudah terbentuk di pasar, dan penjual akan kesulitan bermain di harga. Keuntungannya berkisar 5-10%. Yang bisa penjual lakukan adalah mencari supplier barang elektronik yang memberikan harga termurah dan membeli (kulakan) dalam jumlah besar. Namun, walaupun persentase keuntungannya kecil, di dunia online, barang elektronik, seperti smartphone, laptop, dan lain-lain, termasuk salah satu komoditas yang banyak diperjualbelikan setelah fashion, produk kecantikan dan kesehatan, peralatan rumah tangga. Hal ini karena barang elektronik mempunyai harga jual mahal, sehingga walaupun secara persentase keuntungannya kecil, menjual satu item-pun sudah bisa mendapatkan hasil yang lumayan. Sebagai contoh menjual laptop seharga 4 juta, bisa mendapat keuntungan 200 ribu -400 ribu.
    Bagaimana jika Anda menjual produk dengan nilai keuntungan yang kecil dan harga produk yang murah?
    Tidak ada pilihan lain, kecuali Anda harus menjual dalam jumlah partai. Sebagai contoh, pensil bertuliskan nama hotel, yang biasa dipesan oleh hotel untuk perlengkapan peserta seminar yang menggunakan ruang seminar di hotel tersebut. Walau keuntungannya hanya 100 rupiah, tetapi jika hotel memesan 20000 pensil, maka Anda akan mendapatkan laba dua juta rupiah sekali transaksi. Begitu juga dengan souvenir pernikahan, dll. Jika Anda menjual barang dengan nilai keuntungan yang kecil, maka gunakan faktor kali untuk menaikkan laba Anda. Faktor kali bisa Anda jadikan syarat di dalam pemesanan/pembelian, misalnya harus pesan sekian potong.
    Tentu, pikirkan selalu untuk menjual secara online produk yang memiliki nilai keuntungan yang besar kemudian produk tersebut memungkinkan untuk dibeli/dipesan secara massal. Margin Besar dan Faktor Kali.
     
    Last edited: May 10, 2014
  2. billatransport

    billatransport Member

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Keuntungan yang menggiurkan emang dari produk seperti ebook, pernah beli..isinya biasa saja,,saya kira di internet materi seperti yang di ebook itu banyak...pintar2 marketingnya aja kalau ebook
     
  3. sari analia

    sari analia New Member

    Joined:
    Jun 7, 2014
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    banyak yg bilang margin bisa sampai 50% ya?
     
  4. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    255
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Produk Fashion memang cukup menjanjikan, asal tepat memilih niche produknya bisa dapat konversi besar dengan margin yang lumayan :) Tantangan terbesarnya adalah kompetitor yang sangat banyak ^^
     
  5. upakarti

    upakarti Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    92
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    "berdagang secara online bisa menekan biaya operasional, terutama karena pedagang online tidak memerlukan sewa tempat/toko sebagaimana pedagang offline."

    Ini bagi yang menggunakan jasa hosting gratisan atau blog gratisan.
    Tetap saja ada operasional cost jika menggunakan self-hosting dan biaya operasional lainnya juga ada jika yang menggeluti bidang ini.
     
  6. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    kalau jualan produk2 fashion, byasanya tingkat persaingan tinggi bgt
     
  7. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,191
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Enak juga yaaaa, tapi malas untuk yang seperti itu
     
  8. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    iya gan, harus pintar2 memilih kata kunci untuk SEO nya saja , hehe
     
  9. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kesulitanya semakin bagus kata kuncinya pesaingnya semakin banyak.
     
  10. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    iya juga sih gan, Pilih kata kunci yang sekiranya sedang jadi trend juga penting diperhatikan
     
  11. eveyuan

    eveyuan New Member

    Joined:
    Sep 17, 2015
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    tips nya oke bgt neh..terimakasih telah berbagi
     
  12. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    250
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    kalau aku jual furniture bisa untung mpe 50%
     
Loading...

Share This Page