Tips Mempersiapkan Dana pensiun untuk Freelancer

Discussion in 'General Lifestyle' started by Septiano, Oct 11, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Dana pensiun bulanan adalah salah satu kemewahan bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai negeri. Sementara pegawai kantoran lainnya mungkin mendapat uang pesangon dalam jumlah yang cukup besar. Lalu bagaimana dengan nasib para freelancer?

    Saat ini jumlah pekerja di Indonesia mencapai 120 juta orang. 50 juta orang di antaranya bekerja di sector informal termasuk para freelancer. Dari jumlah tersebut hanya 4,6% yang telah benar-benar memiliki produk keuangan untuk menunjang masa pensiunnya.

    Padahal hampir semua pekerja memiliki kekhawatiran terkait masa pensiunnya. 86% mengkhawatirkan tingkat kenyamanan hidup yang mungkin berkurang, 83% khawatir jatuh sakit di hari tua dan butuh banyak biaya untuk berobat, dan 77% khawatir kehabisan dana pensiun.

    Jika Anda adalah seorang freelancer, cobalah ikuti tips di bawah ini untuk mempersiapkan dana pensiun Anda:

    Hitung Kebutuhan Dana Pensiun dan Dana Darurat

    Menabung untuk persiapan masa pensiun nanti perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini. Kondisi keuangan yang dimaksud mencakup berapa banyak penghasilan yang dimiliki dan jumlah tanggungan yang ada.

    Selain itu menabung untuk pensiun bukan berarti Anda tak perlu memerhatikan dana darurat yang harus selalu tersedia. Jadi, ketahui dulu kebutuhan dana darurat Anda.

    Jika Andaadalah seorang freelancer yang masih single, maka jumlah dana darurat yang harus ada adalah 6x biaya hidup rata-rata. Freelancer yang sudah menikah tapi belum memiliki anak butuh 9x biaya hidup rata-rata. Sementara freelancer yang sudah memiliki anak atau tanggungan lain butuh 12x biaya hidup rata-rata.

    Ketika jumlah dana darurat sudah aman barulah Anda bisa mulai fokus mempersiapkan tabungan untuk pensiun. Jangan lupa untuk membuat rekening terpisah agar pengaturannya jadi lebih mudah.

    Tentukan Jumlah Setoran Dana Pensiun Setiap Bulannya

    Setelah membuka rekening khusus untuk uang pensiun, kini Anda harus menentukan jumlah setoran setiap bulan. Langkah ini wajib dilakukan agar setiap bulan terjadi pertambahan yang jelas. Tak jarang seseorang hanya semangat mempersiapkan dana ini di beberapa bulan pertama.

    Jumlah yang ideal untuk disetor dalam tabungan Anda setiap bulannya adalah di kisaran 5% hingga 15% dari penghasilan. Perlu diingat bahwa persiapan tabungan pensiun tak berarti Anda tak perlu menyiapkan tabungan untuk kebutuhan lain-lain.

    Jika Anda sudah berkeluarga, maka iuran bisa dibagi 2 karena jumlah yang dibutuhkan juga pasti lebih besar. Meskipun sudah berstatus sebagai suami istri tak ada salahnya untuk membuat pembukuan yang jelas mengenai simpanan hari tua ini. Jadi jika suatu hari terjadi hal yang tak diinginkan seperti perceraian, pembagian simpanan hari tua bisa dilakukan dengan mudah.

    Buka Tabungan Dana Darurat dan Dana Pensiun Berbasis Investasi

    Sebagai freelancer muda, Anda mungkin memiliki kekhawatiran bahwa tabungan pensiun yang sudah disiapkan sejak hari ini akan tergerus inflasi. Kekhawatiran tersebut memang sangat beralasan. Solusi yang bisa dilakukan ialah membuka tabungan berbasin investasi.

    Tabungan emas, misalnya, menjadi salah satu pilihan paling mudah. Selain itu Anda juga bisa mencoba deposito, reksadana, atau mungkin investasi jangka panjang seperti tanah dan property.

    Apapun pilihan investasi yang Anda pilih, pastikan Anda tahu segala risiko yang bisa terjadi. Jangan sampai keinginan untuk mengamankan dana pensiun dan dana darurat untuk masa depan justru membuat uang Anda lenyap karena perhitungan yang kurang tepat.

    Jangan Bergantung Pada 1 Sumber Pemasukan

    Banyak orang lanjut usia yang khawatir menjelang masa pensiun. Penyebabnya adalah pemasukan yang berkurang drastis. Jangankan para freelancer, para pegawai negeri atau pegawai swasta saja memiliki kekhawatiran serupa.

    Jika Anda ingin terhindar dari kekhawatiran seperti ini, jangan bergantung sepenuhnya pada 1 sumber pendapatan. Pikirkan sumber pemasukan yang bisa terus aktif sekalipun Anda sudah berusia tua dan ingin mengurangi jam kerja. Misalnya memiliki toko atau bisnis lailn yang tak megharuskan Anda terjun sepenuhnya.

    Lengkapi Dana Pensiun dan Dana Darurat dengan Asuransi Terbaik

    Bila ingin masa tua yang benar-benar terjamin bagi diri sendiri maupun keluarga, maka dana persiapan dana pensiun dan dana darurat saja tidaklah cukup. Lengkapi proteksi diri Anda dengan asuransi terbaik. Jenis asuransi yang paling cocok untuk tujuan seperti ini adalah asuransi jiwa.

    PFI Mega Life memiliki asuransi jiwa yang cocok untuk melengkapi kebutuhan investasi dan melindungi mimpi Anda, yaitu Mega Prima Link. Manfaat yang didapat memastikan orang-orang tersayang Anda tetap terlindungi secara finansial jika suatu saat terjadi hal-hal yang tak terduga.

    Proses pengajuan asuransi Mega Prima Link tidak ribet. Anda cukup datang ke kantor PFI Mega Life dengan membawa dokumen yang disyaratkan. Proses klaim juga dijamin tidak ribet. Kini, Anda bisa merencanakan masa depan tanpa perlu merasa khawatir.
     
Loading...

Share This Page