Tips Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by firda63, Dec 25, 2019.

  1. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    759
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Terciptanya kepuasan dan loyalitas pelanggan menjadi aset penting dalam perkembangan usaha. Happy customer atau pelanggan yang terpuaskan adalah kunci utama dalam kemajuan sebuah bisnis. Puas atau tidaknya seorang customer terhadap pelayanan maupun produk dari sebuah bisnis akan menentukan perkembangan bisnis.

    [​IMG]

    Satu customer yang merasa puas akan membagi pengalaman mereka kepada setiap orang yang mereka kenal dan membuat potensi bisnis diserbu pelanggan-pelanggan baru lebih besar lagi. Sebaliknya customer yang tidak puas/kecewa, mereka akan menjadi bad refferal bagi orang-orang yang tadinya berniat untuk membeli dari bisnis tersebut, dan lari ke kompetitor yang lain.

    Tips Ampuh Untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen

    Layanan Pre dan After Sales
    Esensi dari sebuah bisnis adalah menghasilkan solusi atas permasalahan yang dihadapi pasar. Karena itu sangat penting memahami masalah apa yang sebetulnya dihadapi oleh customer sebelum datang menawarkan bantuan. Fatalnya, sebagian pelaku bisnis hanya fokus meningkatkan nilai jual tanpa memahami kebutuhan customer sesungguhnya. Ini juga yang menyebabkan konsumen melakukan penolakan secara langsung di awal penawaran. Dan bagi yang sudah terlanjur membeli dan mendapati produk tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, segera saja ketidakpuasan akan langsung dilemparkan kepada bisnis yang bersangkutan.

    Untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian secara menyeluruh terhadap masalah yang mereka hadapi, baik sebelum melakukan penawaran, sebelum transaksi, maupun sesudah transaksi dilakukan. Dengan memahami masalah yang dihadapi konsumen secara menyeluruh, pelaku bisnis bisa paham tentang pelayanan apa saja yang dibutuhkan dan wajib diberikan. Secara tidak langsung, pemilik bisnis juga harus bertindak sebagai konsultan yang memberikan gambaran tentang apa permasalahan yang sebenarnya dihadapi konsumen tersebut, tanpa melebih-lebihkan atau mengurang-ngurangkan.

    Menciptakan Komunikasi Dua Arah
    Hal yang sering terjadi dalam dunia perniagaan, adalah pemasar atau penjual lebih mendominasi komunikasi yang dibangun dibandingkan dengan pembeli. Mereka memposisikan calon konsumen sebagai pendengar pasif, sementara pemasar atau tim marketer bertindak sebagai pembicara yang terus-menerus menggempur dengan berbagai informasi. Strategi pemasaran seperti ini tidak baik sama sekali jika ingin mendapatkan simpati dari calon customer.

    Anda juga harus menjadi pendengat yang baik bagi para calon customer ini, seperti yang telah disebutkan di awal, bahkan menjadi seperti konsultan gratis bagi mereka untuk mengatasi kebutuhannya. Dengan demikian konsumen di sini lebih dari sekadar pembeli atau pengguna produk kita, merekalah mitra kerjasama yang harus dibantu dari awal hingga akhir.

    Lakukan Follow Up Pasca Penjualan
    Untuk memastikan pelanggan yang telah bertransaksi dari bisnis Anda merasa terpuaskan dan menjadi Happy customer, ada baiknya Anda melakukan follow up ulang pasca mereka melakukan transaksi. Tanyakan kepada mereka apakah mereka merasa puas dengan kualitas produk yang dibeli ? Apakah mereka merasa terbantu menyelesaikan masalahnya ? Jika tidak, apa yang harus dilakukan oleh bisnis tersebut untuk membantu permasalahannya ?

    Cara sederhana seperti ini acapkali dipandang sebelah mata, sehingga banyak pelaku bisnis yang kurang peduli pada apa yang dirasakan oleh pelanggan mereka. Jangan salah, justru langkah sederhana ini bisa meningkatkan loyalitas di mata pelanggan. Pelanggan akan merasa sangat diperhatikan kebutuhan dan kepuasannya, sehingga simpati mereka terhadap bisnis itu pun akan lebih besar. Mereka pasti akan kembali lagi karena merasa diperlakukan dengan baik. Cara seperti ini sudah dilakukan oleh pemilik jasa seo murah di semarang.

    Tawarkan Program Menarik yang Membuat Mereka Datang Kembali
    Seperti halnya mall atau retail modern yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta, selalu ada program yang ditawarkan untuk mengunci kedatangan mereka secara rutin. Langkah ini juga merupakan usaha membangun loyalitas konsumen. Mulailah dengan menawarkan keanggotaan khusus yang akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan setia dibandingkan dengan pelanggan reguler. Misalnya memberikan potongan harga tertentu untuk pemegang kartu keanggotaan atau bonus tambahan senilai belanjaan tertentu.
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page