Tips Menambah Loncatan Agar Lebih Tinggi

Discussion in 'General Sports' started by RichardWp, Nov 26, 2020.

  1. RichardWp

    RichardWp New Member

    Joined:
    Nov 25, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pernah gak sih kalian kebayang ingin loncatan setinggi Michael Jordan, Lebron James, Zach Lavine dan lain-lainnya yang bisa melakukan slam dunk? Tentunya kalian ingin kan? Jika iya, itu tandanya kalian harus giat berlatih dan rutin berlatih otot kaki dan otot perut. Semakin rutin dilatih, maka semakin tinggi pula loncatan yang akan kamu dapatkan.

    [​IMG]

    Dengan cara-cara berikut ini kalian dapat menambah loncatan.
    -Squat : latihan untuk melatih otot paha, panggul dan bokong, quad, hamstring, juga menguatkan tulang, ligamen dan tendon di bagian bawah tubuh. Gerakan-gerakan squat juga membangun lingkungan anabolik, yang berguna untuk pembentukan otot seluruh tubuh.

    -Front Squat : suatu gerakan dimana teknik ini merupakan gerakan jongkok,lalu berdiri dengan meletakan beban diatas bahu dengan posisi badan tegap dan dada membusung.

    -Dead Lift : adalah nama istilah salah satu teknik latihan beban yang diterapkan fitness mania untuk membentuk kesimetrisan otot punggung, melalui gerakan mengangkat bar dengan posisi menekuk dan menegakan badan.

    -Powerlifting Style Squat : Powerlifting merupakan jenis latihan fisik yang menggunakan beban tertentu untuk melatih kekuatan. Latihan powerlifting fokus pada penguatan otot melalui gerakan campuran seperti deadlift, squat.

    -Lunges : adalah gerakan yang berdiri rendah dengan membuat jarak antara kaki kanan dan kiri yang buat tubuh. Saat melakukannya, usahakan posisi tubuh bagian atas tetap lurus sambil menahan kesembangan untuk kembali ke posisi normal.

    -Side Lunges : Side Lunge bermanfaat untuk membentuk otot kaki dan pantat. Selain itu, gerakan ini juga bisa melatih otot punggung dan perut, sehingga kalian tidak akan mudah cedera dan bisa memiliki postur yang bagus.

    -Depth Jumps : adalah sebuah pelatihan yang dinamis dimana atlet harus melangkah dari box setinggi 20-80 cm.

    -Jump Squat : adalah salah satu gerakan olahraga yang dilakukan dengan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka lebar. Kemudian, tangan diletakkan di belakang kepala, lalu sedikit melompat dengan mendarat pada posisi setengah jongkok, hingga lutut menekuk namun posisi lutut tidak melebihi jari-jari kaki.

    -Skipping : atau lompat tali adalah aktivitas olahraga menggunakan sebuah tali dengan kedua ujung tali dipegang lalu diayungkan melalui kepala dengan kaki melompati tali tersebut.

    -Calf Rise : adalah satu latihan penguatan otot gastrocnemius dimana pada gerakan tersebut terjadi gerakan bersamaan kedua tungkai. Gunanya untuk menambah daya tahan otot kaki dan memperkuat otot kaki.

    -Split Squat and Jump : adalah latihan untuk meningkatkan daya ledak otot tungkai. Split squat jump dimulai dengan posisi split dengan satu kaki ke depan dan satu kaki ke belakang.

    Selain dalam dunia basket, kalian dapat melakukan cara-cara ini juga dalam olahraga volly dan lain sebagainya.

    Untuk informasi lebih lanjut, tutorial untuk melakukan gerakannya, pengertian, dan manfaat lainnya, kalian dapat mengunjungi seputarbasket.com pada artikel 10+ Tips Cara Menambah Loncatan Agar Tinggi
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,588
    Likes Received:
    122
    Trophy Points:
    63
    Yang membuat saya kagum tuh yang pada beladiri itu bisa lincah banget kakinya menendang dengan memutar, kayak adegan filem kungfu
     
    RichardWp likes this.
  3. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    saya dulu pernah kenal seorang pelatih cabang olahraga wushu, dia waktu remaja sangat tertarik sama wushu dan akhirnya dia bela2in pergi ke china dan tinggal di shaolin selama 2-3 tahun (kalo gak salah ingat..sekitar tahun 1990). dari ceritanya sih emang berat latihannya disana tapi hasilnya sesuai dengan jerih payahnya. waktu dia melakukan lompatan tingginya hampir 2x lipat dari lompatan org biasa.
     
    RichardWp and blackking like this.
Loading...

Share This Page