tips mencari pekerjaan, apa aja yang harus disiapkan biar keterima di perusahaan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by ahsol matkan, Sep 17, 2016.

Tags:
  1. ahsol matkan

    ahsol matkan Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Jaman sekarang nyari kerja sulitnya bukan main gan. Apalagi kalau yang ga punya skill wah bisa galau deh. Saya ingin berbagai dengan agan-agan perihal apa saja yang harus disiapin dan dikuasi sebelum ngelamar kerja. Tips mencari pekerjaan

    Menurut suatu sumber ada hal yang seringkali tak dipahami orang terkait permintaan perusahaan yang akan dilamar. Sehingga akhirnya nekat sana sini mengajukan lamaran dan akhirnya ditolak.



    [​IMG]


    Gambar: http://tips-cara.info/wp-content

    Kemampuan diri, ketrampilan serta pengalaman merupakan factor yang dipertimbangkan perusahaan dalam merekrut pegawainya. Oleh karena itu bagi kamu yang masih malas-malasan berkutat dengan skripsi, tidak serius dalam sekolah dan menikmati hidup dalam lingkungan yang kurang berpengaruh baik pada karakter, mulailah mawas diri dan segera mengembangkan potensi-potensi diri.



    Beberapa hal berikut kiranya menjadi perhatian agar menjadi pekerja yang baik dan siap bersaing sehingga dapat pekerjaan dengan mudah di perusahaan

    :p :

    1. Berpikir Kritis
    Dalam dunia kerja, berpikir kritis sangat diperlukan. Karena ini menyangkut soal pengambilan keputusan dan informasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Pola pikir kritis sebenarnya bisa dilatih sejak bangku sekolah, kuliah atau dari cara kita bersikap dari pemberitaan media. Pola pikir kritis lebih mengarah pada pikiran yang terbuka, bukan kepandaian mendebat. Untuk dapat memeroleh pekerjan dengan mudah, latihlah berpikir kritis.

    2. Kreativitas
    Dalam menyelesaikan pekerjaan tidak cukup hanya menggunakan pola pikir kritis semata. Kreativitas mutlak dibutuhkan. Karena kreativitas bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan memuaskan

    3. Presentasi dan Menulis
    Tips dapat pekerjaan dengan mudah selanjutnya yakni kemampuan presentasi dan menulis. Presentasi merupakan kemampuan yang harus kamu kuasai dengan mutlak sebelum melamar pekerjaan. Dalam dunia kerja cepat atau lambat kamu akan besinggungan dengan presentasi. Bagi kamu yang masih kuliah, jangan sepelekan presentasi. Karena manfaatnya sangat besar.


    Walaupun kemampuan menulis sering dianggap sepele, sebenarnya dalam dunia kerja orang yang bisa menulis subjek keahlian yang dimiliki, akurat serta menarik akan memeroleh nilai lebih di mata perusahaan.


    4. Manajemen
    [​IMG]
    Gmbar: http://mebiso.com/wp-content/

    Kemampuan manajemen juga diperlukan untuk menyelasaikan pekerjaan dengan baik. Kemampuan ini tidak hanya dimiliki pimpinan perusahaan saja melainkan juga pekerja.

    Cara untuk melatihnya yaitu dengan membuat adwal dan sistem belajar yang sesuai dengan kemampuan kamu. Setelah itu, belajarlah didiplin melakukan apa yang sudah disusun.

    5. Bisa Bekerja dalam Tim
    Meskipun kedengarannya sederhana, kita sudah biasa bergaul dengan semua orang. Bisa jadi bekerja dalam tim menyusahkan kamu setelah bekerja nantinya. Karena kamu tidak hanya bergaul saja, melainkan harus se-visi, kompak serta mampu mngelola sebuah tugas terselesaikan tepat waktu dan maksimal. Oleh sebab itu kerja tim itu ada seninya.

    6. Kesediaan untuk Belajar
    Tak semuanya yang ada dalam pekerjaan bisa terselesaikan secara maksimal, untuk itu kemauan untuk belajar dan terus belajar mutlak diperlukan.

    Seringkali pula kasus mendapat pekerjaan tak sesuai dengan keahlian kita. Atau bisa saja kamu diminta pimpinan perusahaan diluar keahlian kamu. Oleh karena itu, kesediaan untuk belajar sangat dibutuhkan. Kamu harus memaksa diri untuk mencintai hal tersebut serta cepat beradaptasi, sehingga pekerjaan membuahkan hasil positif.

    7. Ulet dan Pantang Menyerah
    Yang terakhir tips untuk mendapat pekerjaan dengan mudah yakni ulet dan pantang menyerah. Sikap ini kiranya perlu ditamamkan ke diri kamu mulai dari sekarang. Sebab permasalahan, tuga berat hingga tekanan dalam pekerjaan adalah makanan sehari-hari. Sehingga sikap ulet dan pantang menyerah harus benar-benar kamu miliki.

    Itulah hal-hal yang harus kamu perhatikanGan. Artikel ini saya tulis berdasarkan beberapa sumber serta dari pengalaman orang.

    Sumber: Inspirasi Kita.com


     
  2. ahsol matkan

    ahsol matkan Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tips-tips di atas memang masih bersifat umum. Namun ada baiknya harus Anda ketahui sebelum ngelamar kerja Gan,
     
  3. Nagita Candra

    Nagita Candra Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    menurutku yang paling penting adalah menjadi diri sendiri dan mengusahakan semua yang terbaik, jauhi kata malas, karena tidak semua orang seberutnung kita :D
     
  4. Febrian Sabdallah

    Febrian Sabdallah New Member

    Joined:
    Sep 2, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  5. hspg

    hspg Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Menurut saya
    Ini kok agak membingungkan ya. antara tips sukses mencari pekerjaan (supaya diterima bekerja), atau tips sukses bekerja (setelah diterima bekerja). Untuk tips sukses mencari pekerjaan (dan kemudian diterima) sepertinya cukup simpel, tapi banyak orang yang tidak sadar atau tidak tahu bagaimana memaksimalkan potensi diri supaya menghasilkan kesan positif agar Perusahaan tertarik dengan kita. Berikut tips2 dari pengalaman pribadi saya & diskusi dengan beberpa head hunter maupun literatur. (Catatan: Saya dulu suka banget mencari tantangan baru di berbagai perusahaan raksasa nasional & multinasional. Saya dulu lulus campus recruitment dari sebuah perusahaan konglomerat nasional, hanya 4 yang diterima, dan saya satu2nya yang diterima dengan IP pas2an, karena 3 orang lainnya adalah adik angkatan yang lulus cumlaude. Selanjutnya hampir setiap 2 tahun sekali saya pindah kerja melompat dari 1 perusahaan ke perusahaan lain yang lebih bagus & lebih besar).
    back to topic, berikut yang mungkin bermanfaat bagi yang lagi cari kerja:
    1. Percaya diri, humble, & proaktif (untuk menunjukkan antusiasme kita). Cari info tentang Perusahaan tsb dari berbagai sumber sebagai modal pengetahuan untuk wawancara khususnya.
    2. Buat CV / resume selengkap dan semenarik mungkin. CV/Resume ini adalah jualan awal kita pada saat pertama mendaftar, dan dari resume itu kesan pertama mengenai siapa diri kita akan dilihat dan ditangkap perusahaan. (Bagi yang butuh contoh resume profesional bisa hubungi saya via twitter, nanti saya email gratis. Kebetulan saya dulu pernah mendapat pelatihan bagaimana membuat resume profesional dari sebuah institusi ternama dr Amerika). Percaya atau nggak, dulu hampir setiap minggu saya mendapat telpon dari head hunter untuk menawarkan saya pekerjaan baru...hanya karena resume saya yang mungkin kelihatan sangat profesioanal, he..he...
    3. Kejujuran adalah segalanya. Terlepas dari seberapa hebatnya resume atau kepercayaan diri kita, kalau nggak jujur pasti akan ketahuan, somewhere, somehow, someday...dan itu sangat FATAL. Kalaupun sudah berhasil diterima, konsekuensinya bisa dipecat atau bahkan mendapatkan tuntutan hukum dari perusahaan yang sudah merekrut kita.

    Sebenarnya masih ada beberapa lagi, tapi rasanya apa yang saya tulis sudah terlalu panjang. Kalau ada yang membutuhkan info lebih lengkap silakan hubungi saya via twitter, Insya Allah akan saya bantu sebisa saya GRATIS. Mohon maaf sekiranya ada yang kurang berkenan dengan tulisan saya di atas.
     
  6. dankerzrazib

    dankerzrazib Member

    Joined:
    Sep 22, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalo mau cepet kerja ya, harus tingkatin keahlian gan.
    ilmu menjaga kita gan.

    Yuk maksimalin promosi usaha menengah
    kamu daftar sebagai merchant,
    dan daftar sebagai buzzer untuk pengguna
    sosmed biar tambah bermanfaat,
    maksudnya apa sih?
    yuk klik :

    utm forum:
    https://goo.gl/7F9cf9
     
  7. Tantowi

    Tantowi Well-Known Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    642
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Saya pikir hal terpenting adalah kejujuran dan atittude. Kalau dibaca lagi, mungkin tips di atas lebih cocok Tips Sukses dalam pekerjaan bukan Tips Sukses Mencari pekerjaan.
     
Loading...

Share This Page