Tips mencari pekerjaan untuk para penyandang cacat (Disabiliti)

Discussion in 'Lowongan Pekerjaan' started by Cinta, May 21, 2017.

Tags:
  1. Cinta

    Cinta Member

    Joined:
    Dec 31, 2013
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Ada banyak pekerjaan yang memuaskan untuk para penyandang cacat. Hanya membutuhkan dedikasi dalam mencari pekerjaan itu dan keinginan untuk keluar dari zona nyaman Anda. Lagi pula bagi mereka yang memiliki kemampuan yang hebat dapat membuat para perekrut kerja melihat nilai positif Anda itu meskipun fisik Anda tidak sempurna. Dengan pemikiran tersebut dalam benak Anda, berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda melewati susahnya perjalanan mencari pekerjaan ini.

    1. Pastikan Tujuan Anda

    Sering kali banyak para penyandang cacat yang terjebak dengan kemauan mereka untuk menerima segala macam pekerjaan yang mereka dapatkan. Mereka tidak mencoba untuk mencari profesi spesifik yang benar-benar mereka inginkan dan kebanyakan mereka menekan apa yang menjadi ambisi mereka. Banyak para perekrut kerja yang ingin mengetes seberapa antusias Anda dalam beberapa pekerjaan tertentu. Untuk itulah sangat penting untuk memperjelas apa yang Anda inginkan. Jika memang Anda tidak bisa mempersempit tujuan Anda menjadi jenis pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan, Anda bisa mempertimbangkan seperti apakah Anda ingin mengembangkan bakat Anda. Dengan memiliki garis tujuan yang kuat menunjukkan bahwa Anda benar-benar bersungguh-sungguh untuk melakukan kontribusi pada bidang yang Anda inginkan.

    2. Cari Bantuan

    Mencari pekerjaan sendirian mungkin bukan ide yang bagus. Dengan mendapatkan bantuan dari orang lain dapat meminimalisir kesalahan yang biasa Anda lakukan dan mungkin bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan lebih cepat. Ada banyak komunitass yang menyediakan bantuan untuk para penyandang cacat dalam mencari pekerjaan. Kenapa tidak mendengarkan pendapat mereka?

    3. Tahu Kemana Harus mencari

    Banyak kesempatan kerja yang ditawarkan melalui organisasi atau lembaga yang secara aktif mempromosikan mereka yang memiliki kekurangan. Di beberapa kasus, Anda mungkin dapat memanfaatkan proses perekrutan special disana. Itulah kenapa ini merupakan langkah cerdas bagi Anda untuk bergabung di organisasi tersebut dan mendapatkan support darilembaga itu.

    4. Perlihatkan ambisimu

    Jangan terlalu malu dengan sahabat, keluarga atau orang lain yang Anda kenal di hidup Anda tentang pekerjaan impian anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang baik sehingga mereka bisa melihat Anda sebagai sosok yang terus berjuang untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda akan lebih bersemangat, membuat orang lain melihat keseriusan Anda dan membuat Anda lebih optimis.

    5. Lakukan kegiatan Volunteer

    Banyak hal yang dapat kita pelajari dari melakukan kegiatan sukarelawan. Banyak dari mereka yang menyandang disability mendapatkan kemampuan pemasaran, social, bisnis dari kegiatan volunteer dan bahkan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Selain itu bergabung dalam kegiatan ini akan membangun jaringan Anda. Siapa tahu bertemu dengan orang yang nantinya dapat membantu memberikan informasi pekerjaan atau memberikan saran yang membantu Anda. Kegiatan ini jelas lebih baik dari pada menutup diri dari dunia luar kan?

    6. Berhati-hatilah dalam menunjukkan ketidakmampuan Anda

    Anda pasti ingin berhati-hati dalam membeberkan kecacatan Anda saat mencari pekerjaan.Hal ini wajar, karena kita tidak ingin perusahaan memberi cap buruk terlebih dahulu sebelum melihat kemampuan kita atau menghakimi bahkan sebelum berkesempatan untuk bertatap muka.Untuk itulah banyak koselor untuk penyandang cacat merekomendasikan untuk tidak menyebutkan kekurangan Anda dalam resume atau surat lamaran Anda.

    Namun ada juga beberapa saat dimana menunjukkan ketidakmampuan Anda terlebih dahulu justru menguntungkan. Sebagai contohnya, ketika Anda ingin melamar pekerjaan di agency federal, mungkin justru membuat Anda terpilih untuk tes pertama. Beberapa perusahaan kadang mencari professional yang cacat untuk menambah keanekaragaman dalam tim mereka. Selain itu dalam proses wawancara mungkin Anda hendaknya memberitahukan ketidaksempurnaan Anda jika Anda membutuhkan beberapa akomodasi tambahan.

    7. Lakukan interview dengan professional

    Setiap wawancara kerja merupakan saat dimana Anda harus menunjukkan kekuatan Anda. Untuk itu sebaiknya persiapkan dengan baik untuk menunjukkan bakat dan kemampuan Anda. Kadang, kecacatan Anda bisa menjadi topic perbincangan, untuk itu lebih baik jika Anda membalik kecacatan Anda dengan feedback positif dengan kemampuan special yang Anda miliki dibandingkan orang lain. seperti contohnya, kecacatan Anda menjadikan Anda lebih presisten, memiliki etik kerja yang bagus, dan memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan lebih baik dari pada professional lain.

    8. Jangan Menyerah

    Bahkan bagi orang yang normal saja pasti menghadapi masalah yang membuat mereka benar-benar buntu. Untuk itulah jika Anda tidak mendapatkan kesempatan yang Anda inginkan, jangan putus asa. Terus berusaha. Kepercayaan dan harga diri Anda adalah aset terbesar dalam diri Anda untuk terus berdiri. Ini hanya perkara waktu, sebelum akhirnya proses mencari kerja Anda mendapatkan hasil.
    Source: bos loker blog

    Cari lowongan disabilitas di sini > Bosloker Disabilitas
     
Loading...
Similar Threads - Tips mencari pekerjaan
  1. Gilang-Access
    Replies:
    46
    Views:
    6,375

Share This Page