Tips Menciptakan Komunikasi Keluarga yang Baik

Discussion in 'General Lifestyle' started by sdkrahman, Feb 7, 2018.

  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    187
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Komunikasi merupakan suatu hal yang kompleks dan abstrak. Ya, komunikasi bukanlah ilmu matematika yang hasilnya pasti, melainkan suatu kegiatan yang sangat kondisional dan hasilnya sangat bergantung pada seperti apa Anda nantinya berhubungan dengan orang lain. Sedangkan yang saat ini kerap menjadi permasalahan adalah kacaunya dalam memandang perbedaan, komunikasi keluarga yang baik membuat perbedaan bisa disikapi dengan wajar dan tenang.

    [​IMG]

    Ya, kesibukan masing-masing anggota keluarga menuntut Kita untuk seolah acuh dengan kondisi yang ada. Bahkan, sering dijumpai suatu rumah dengan keluarga lengkap namun tidak ada obrolan apapun didalamnya. Hanya ada kegiatan sibuk dengan smartphone, televisi, ataupun laptop. Oleh karena itu, agar komunikasi dalam keluarga bisa lebih hidup, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu ulasan singkat yang akan kami bagikan dibawah ini:

    Tips Menciptakan Komunikasi Keluarga yang Baik

    1.Saling Meperhatikan

    Parahnya generasi saat ini sehingga disebut sebagai ‘generasi menunduk’ tentu bukanlah tanpa sebab. Ya, kebanyakan dari Kita, khususnya yang masih muda, memang lebih senang menunduk dan memandangi layar smartphone daripada memandangi lawan bicara yang ada di hadapan kita langsung.

    Oleh karena itu, segeralah hilangkan kebiasaan ini dan mulailah untuk saling memperhatikan setiap anggota keluarga yang menjadi lawan bicara Anda. Ketika sedang bermain smartphone namun ada yang membuka pembicaraan, maka sebaiknya segeralah istirahatkan tangan Anda dari smartphone dan mulailah perhatikan lawan bicara Anda.

    2.Menciptakan Tradisi Keluarga

    Tradisi dalam keluarga merupakan suatu hal yang harusnya Anda ciptakan sendiri. Tradisi ini sifatnya pun bebas, sesuai kesepakatan keluarga. Apabila Anda ingin memiliki tradisi selalu menyantap makan malam bersama, maka konsisten dan lakukan hal tersebut setiap harinya. Setidaknya, dalam sehari Anda memiliki waktu yang berkualitas dengan keluarga.

    3.Bangun Pagi di Hari Minggu


    Beberapa diantara kita mungkin malas untuk bangun pagi di hari minggu. Padahal faktanya bangun pagi di hari minggu bisa menghangatkan suasana keluarga di rumah karena dengan demikian Anda bisa menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga. Saat pagi hari di hari minggu, tidak ada salahnya Anda minum teh bersama keluarga di teras depan rumah.

    Saat-saat seperti ini pasti akan memberi nuansa kehangatan dan kasih sayang tersendiri yang bahkan tidak bisa dirasakan sebelumnya. Apalagi jika Anda menyeduh teh Sariwangi yang sudah berpengalaman dalam menyatukan setiap selera keluarga Indonesia.

    4.Liburan

    Apabila hal-hal di atas sudah Anda lakukan, maka selanjutnya yang keluarga Anda butuhkan adalah liburan bersama. Cobalah untuk mengambil cuti dari pekerjaan dan fokuskan diri untuk menumpahkan seluruh kasih sayang kepada keluarga sembari berlibur. Dengan demikian, kondisi keluarga tidak akan jenuh dan komunikasi dalam keluarga pun akan semakin terbuka.

    Nah, itu dia beberapa hal yang bisa diterapkan supaya komunikasi keluarga semakin membaik. Semoga bermanfaat dan keluarga Anda pun selalu berada dalam naungan kasih dan sayang.
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Biasanya saat teknologi meninggalkan keluarga maka semuanya pada dekat-dekatan.
    Salam.
     
  3. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    bandung pagi pada hari minggu, trus ajak jalan2 ama keluarga ini merupakan salah satu metode komunikasi yang sangat baik sih menurut ane
     
Loading...

Share This Page