Tips Mendaki banyak Gunung dan Sekali Jalan

Discussion in 'Tourism' started by Adam Dulahan, Aug 24, 2016.

  1. Adam Dulahan

    Adam Dulahan New Member

    Joined:
    Jun 8, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Buat yang suka mendaki gunung seperti saya, mendaki beberapa gunung yang lokasinya berdekatan seperti sindoro sumbing atau merbabu merapi di jawa tengah, gede pangrango, guntur cikuray dan papandayan di jawa barat, atau arjuno penanggungan di jawa timur, bisa sangat bagus untuk mengefisienkan waktu dan budget perjalanan.

    Di tulisan ini, ada beberapa tips bagus untuk diterapkan jika anda berniat untuk mendaki beberapa gunung dalam sekali jalan. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

    [​IMG]

    Beberapa gunung di Indonesia punya lokasi yang cukup berdekatan, sebut saja misalnya Gede-Pangrango, Sindoro-Sumbing, Merapi-Merbabu, dan lain sebagainya. Lokasi yang berdekatan tersebut memungkinkan untuk para petualang yang datang dari daerah yang jauh untuk mendaki lebih dari satu gunung dalam sekali perjalanan.

    Untuk dapat melakukannya, tentu saja dibutuhkan usaha yang tak mudah. Mendaki 2 gunung atau bahkan lebih dalam jarak waktu yang sangat berdekatan membutuhkan kekuatan dan ketahanan fisik yang prima. Selain itu, dana untuk membeli berbagai kebutuhan pendakian pun pastinya akan makin membengkak. Namun dari segi efisiensi waktu dan ongkos transportasi perjalanan (yang tak murah), mendaki beberapa gunung dalam sekali perjalanan adalah pilihan bagus yang sangat menguntungkan.

    Jika kebetulan dalam waktu dekat anda punya rencana melakukan perjalanan pendakian dengan target 2 gunung atau lebih dalam sekali perjalanan, beberapa tips berikut ini mungkin akan bermanfaat untuk diterapkan.

    1.Latihlah kekuatan dan ketahanan fisik minimal sebulan sebelum waktu pendakian.
    Sekali lagi saya tekankan, kekuatan terutama ketahanan fisik (endurance) tubuh anda merupakan modal utama yang akan menentukan berhasil tidaknya perjalanan pendakian yang akan anda lakukan. Jika mendaki satu gunung saja sudah sangat menyulitkan fisik anda, lebih baik bersiap dengan menggeber latihan fisik sejak jauh hari sebelum waktu pendakian.
    Karena mendaki 2 gunung atau lebih butuh ketahanan fisik yang prima, jangan terlalu berfokus melakukan latihan fisik yang berguna untuk meningkatkan kekuatan saja, lakukan juga pola dan gaya latihan berbeda yang bisa meningkatkan staminadan endurance tubuh anda.

    2. Atur itinerary perjalanan sebaik mungkin, dan usahakan untuk memberikan jeda waktu untuk recovery setiap selesai melakukan pendakian.
    Karena mendaki 2 gunung atau lebih membutuhkan waktu yang cukup panjang, anda perlu mengatur itinerary perjalanan dengan sebaik dan seefisien mungkin. Pastikan jeda waktu untuk recovery masuk kedalam itinerary perjalanan yang anda susun. Jangan memaksakan diri untuk lanjut mendaki gunung berikutnya sesaat setelah selesai melakukan pendakian. Memberikan minimal sehari waktu jeda untuk memulihkan kondisi tubuh sangat penting untuk dilakukan, demi menjaga kesehatan dan menghindari bahaya cedera karena tubuh yang lemah akibat kelelahan.

    3. Persiapkan peralatan survival dan P3K dengan sebaik mungkin.
    Mendaki 2 gunung atau lebih adalah sebuah perjalanan panjang yang sangat berat untuk dilakukan. Hal ini tentu saja meningkatkan resiko bahaya yang mungkin akan terjadi. Meski factor alam (seperti kondisi cuaca, medan pendakian, dll) sedang cukup bersahabat, justru factor dari dalam diri anda sendiri lah yang perlu diperhatikan dan anda waspadai. Perjalanan panjang akan sangat menguras fisik tubuh dan melemahkan mental anda. Saat itu terjadi, anda akan rentan membuat kesalahan yang bisa membahayakan keselamatan diri anda sendiri.
    Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi, peralatan survival serta peralatan P3K yang benar-benar lengkap dan bisa diandalkan wajib anda persiapkan dengan baik.


    4. Bawa lebih banyak baterai cadangan untuk berbagai alat elektronik yang anda gunakan.
    Tak bisa dipungkiri jika perjalanan pendakian di era modern seperti sekarang ini membutuhkan beragam peralatan elektronik sebagai alat pendukung, baik itu untuk kebutuhan primer seperti penerangan, ataupun kebutuhan lain seperti dokumentasi, komunikasi, hiburan, dll. Untuk memastikan semua peralatan elektronik yang anda bawa dapat berfungsi maksimal selama perjalanan, anda perlu membawa banyak cadangan energy, baik itu berupa batu baterai ataupun powerbank.

    5. Menerapkan teknik ultralight hiking bisa memberikan banyak keuntungan.
    Mendaki dengan gaya konvensional yang menekankan untuk membawa banyak barang bisa sangat melelahkan dan menguras seluruh tenaga anda. Sedangkan untuk melakukan pendakian di 2 gunung atau lebih, anda dituntut untuk dapat menghemat kekuatan fisik dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda mulai meninggalkan teknik mendaki konvensional dan mulai beralih ke gaya ultralight hiking.
    Teknik ultralight hiking akan sangat cocok untuk diterapkan saat anda mendaki 2 gunung atau lebih dalam sekali jalan. Barang bawaan yang lebih ringan pastinya akan sangat menghemat tenaga, sehingga tubuh anda bakal tetap bugar untuk melakukan pendakian di hari berikutnya.
    Selengkapnya tentang teknik ultralight hiking, bisa andabaca disini.

    6. Jika memungkinkan, titipkan sebagian perbekalan di basecamp pendakian.
    Membawa seluruh kebutuhan untuk mendaki 2 gunung atau lebih tentu saja akan sangat berat dan merepotkan. Untuk itu, sebelum melakukan pendakian, lebih baik anda mencari tempat untuk menitipkan beberapa barang dan perbekalan yang tak diperlukan, demi mengurangi beban yang harus anda bawa.

    7. Jaga kondisi tubuh dengan asupan makanan bernutrisi.
    Demi kelancaran dan kenyamanan pendakian panjang yang akan dilakukan, pastikan anda membawa berbagai bahan makanan yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi tubuh. Bahan makanan pokok berkarbohidrat tinggi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga. Jangan lupakan pula kebutuhan protein yang berguna untuk asupan otak dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, agar anda tetap dapat berpikir dengan jernih dan tak mudah jatuh sakit. Makanan ringan untuk snack seperti cokelat batangan dll, akan berguna saat anda merasa lapar dan sebagai tambahan energi ditengah perjalanan.
    Saran lainnya, jangan pernah berpikir untuk mengorbankan dana untuk membeli makanan bergizi demi memangkas budget perjalanan.

    8. Jika tak percaya diri dengan kekuatan fisik tubuh anda, bawalah vitamin atau obat penambah tenaga sebagai doping.
    Kecuali anda adalah seorang atlet professional yang sedang mengikuti sebuah event kejuaraan, mengkonsumsi vitamin atau obat penambah tenaga tentu sangat boleh untuk dilakukan, selama dosisnya masih dalam batas aman. Mengkonsumsi vitamin akan membantu menjaga kebugaran tubuh dan mempercepat recovery, sedangkan obat penambah tenaga bisa sedikit membantu meningkatkan kekuatan fisik tubuh.

    Namun perlu diingat juga, jika obat-obatan kimia biasanya memiliki efek samping yang tak bagus untuk tubuh. Maka dari itu, saya sarankan untuk menggunakan cara ini sebagai pilihan terakhir saja, saat memang benar-benar dibutuhkan.

    9. Jangan terlalu memaksakan diri jika anda merasa tak sanggup untuk melanjutkan perjalanan.
    Jika anda sudah sering melakukan pendakian gunung, anda pasti sudah taka sing lagi dengan pepatah : “Puncak bukanlah segalanya, yang paling penting adalah dapat kembali pulang ke rumah dengan selamat.”. Hal ini penting untuk anda tanamkan dalam jiwa demi membatasi ambisi yang kadang muncul dengan semangat yang menggebu-gebu.

    Saat anda merasa tak sanggup untuk melanjutkan perjalanan karena misalnya kondisi fisik yang lemah, atau factor lain seperti cuaca buruk dan lain sebagainya, jangan ikuti ego untuk memaksakan lanjut, lebih baik sudahi perjalanan dan segera pulang kembali ke rumah. Ego dan ambisi berlebih biasanya membuat kita buta pada realita kondisi yang ada, dan hal itu bisa sangat membahayakan keselamatan.

    ***

    Itu saja 9 tips melakukan pendakian 2 gunung atau lebih dalam sekali perjalananyang bisa saya bagikan kepada anda semua. Jika anda tak sependapat atau punya saran lain yang lebih bagus dan bermanfaat, silahkan tulis di kolom komentar.

    Semoga bermanfaat. Salam lestari!

    Sumber : bluetripper.com
     
    Last edited by a moderator: Aug 24, 2016
  2. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    harus siap fisik dan mental pastinya
     
Loading...

Share This Page