Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Discussion in 'Tourism' started by sani sii rimba, Dec 6, 2015.

  1. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Saya menulis tips-tips mendaki ini untuk para pemula yang baru mengenal pendakian agar tidak akan mengalami kekhawatiran dan kebingungan. Ini menurut pengalaman saya saat pertama mendaki gunung.

    Pokok nya tinggal ikutin aja tips-tips di bawah ini dari saya.

    [​IMG]

    1.Tancapkan niat yang benar dalam hati anda.
    Yang pertama harus di perhatikan adalah niat yang benar karna niat yang baik adalah modal utama bagi seorang pendaki sebab niat adalah penentu apa yang akan anda lakukan di sana, misalkan ada seseorang yang mendaki gunung dengan tujuan hanya ingin mendapatkan foto yang bagus supaya banyak stok foto untuk DP bbm atau upload di instagram maka kemungkinan besar seorang tadi hanya akan mendapatkan apa yang dia niati dari awal, dia tidak akan mendapatkan yang lain nya.
    nah untuk menghindari kesalahan niat dalam pendakian yang hanya akan menyisakan rasa cape saja maka tancapkan lah dalam hati kita Niat untuk belajar terhadap alam karna alam adalah guru terbaik untuk umat manusia, lewat alam kita akan belajar Tentang batas kemampuan diri sendiri, menguji ketegeguhan mental dan mengenal diri sendiri. dengan tiga dasar niat yang tadi maka di pastikan anda akan mendapatkan segalanya dari setiap pendakian, termasuk foto yang bagus mungkin karna ini adalah sesuatu yang sangat mudah di dapat kan saat anda berada di puncak.

    2.Olah lah tubuh anda sebelum naik gunung.
    Mendaki adalah perjalanan yang berat dan tentu saja membutuh persiapan fisik dan mental yang baik oleh karna itu sebelum anda melakukan pendakian, sebaik nya anda melakukan olah raga kardio seperti:
    A.Jogging yang rutin setiap hari pada pagi atau sore hari.
    B.Melatih otot-otot yang mungkin selama ini mereka tertidur pulas maka sebelum anda melakukan sebuah pendakian bangun kan semua otot yang anda miliki karna semua otot-otot ini akan membantu anda saat mendaki ke puncak.
    C.Bersepeda di jalan yang nanjak sebagai perkenalan dengan trek yang akan anda lalui nanti.
    Setelah anda melakukan 3 olahraga di atas dengan rutin sepertinya persiapan fisik anda sudah siap, lantas bagaimana dengan persiapan mental..??, tenang saja karna persiapan fisik yang bagus tanpa di sadari sebetul nya telah membangun mental anda secara bersamaan.

    3.Pelajari terlebih dahulu tentang trek yang akan anda lewati.
    Sebelum melakukan sebuah pendakian di gunung manapun sebaik nya anda mempelajari kondisi dan keadaan gunung tersebut untuk memprediksi apa saja yang anda butuhkan ketika berada di gunung tersebut, untuk mencari info tentang gunung yang akan anda daki sebetul nya bisa anda cari di internet tapi kalo mau lebih detail, anda bisa menanyakan kepada teman anda yang sudah pernah mendaki gunung tersebut.

    4.Sediakan peralatan yang tepat.
    Jangan pernah asal-asalan ketika anda mempersiapkan barang bawaan anda untuk mendaki perhatikan setiap barang apakah masih bisa di pakai atau sudah rusak jangan sampai setelah anda berada di gunung baru ketahuan bahwa barang yang anda bawa sudah tidak berfungsi lagi, selain itu perhatikan juga kelengkapan nya jangan sampai ada yang kurang.
    untuk mengetahui apa saja barang yang akan anda bawa saya sudah menulis nya nih dalam artikel yang berjudul Peralatan Lengkap Mendaki .

    5.Siapkan bekal makanan yang tepat.
    Mendaki adalah olah raga extrim maka sudah di pastikan anda membutuhkan tenaga yang extra supaya selalu kuat dalam melakukan pendakian sampai puncak.
    penyuplay tenaga yang paling dominan untuk tubuh adalah makanan yang anda masukan ke dalam mulut, oleh karna itu makanan yang anda bawa untuk perbekalan mendaki harus tepat dan bisa memberikan tenaga dengan waktu singkat.


    6.Jangan acuhkan pos perizinan.
    Mungkin tidak semua gunung yang terdapat pos perizinan hanya pada gunung-gunung yang tergolong pavorit saja yang selalu ada pos perizinan, di sana tempat anda mendaftar kan diri anda bersama tim, anda akan di minta untuk menuliskan nama anda dan dari daerah mana anda datang.
    mungkin akan di kenakan biaya ketika anda mendaftarkan diri di sini tapi walau pun memang terkena biaya jangan pernah mengabaikan tempat ini karna ketika anda membutuhkan bantuan mereka selalu siap membantu anda atau ketika anda tersesat mereka akan selalu siap untuk mencari anda, jadi mulai sekarang luangkan lah waktu anda untuk singgah di tempat ini sebelum melakukan pendakian menuju puncak.

    7.Jagala selalu kamera dan handphone anda.
    Menjaga barang bawaan memang sangatlah penting jangan sampai ada yang tertinggal di gunung setelah kita kembali ke rumah, karna selain akan menjadi sampah di gunung, kita juga akan merasa kehilangan barang tersebut apalagi barang itu adalah barang kesayangan kita seperti handphond dan kamera, oleh karna itu setiap kita mau berangkat dari basecamp, luangkanlah waktu anda sekitar lima sampai sepuluh menit sebelum melanjut kan perjalanan anda.
    selain itu lakukan juga penjagaan terhadap dua barang kesayangan anda ini dari kerusakan yang mungkin di akibatkan tidak sengaja di duduki atau malah tersiram air hujan.
    Lebih baik mencegah kan dari pada merasa sedih setelah pulang mendaki dari gunung karna barang kesayangan anda hilang atau rusak.

    8.Mendaki di mulai dengan berdo'a.
    ketika kita mau mendaki maka ketika itu juga kita akan berhadapan dengan bahaya alam yang latar belakang nya adalah ciptaan tuhan, maka saat anda hendak ingin selamat dari bahaya alam, anda harus minta keselamatan itu terhadap penciptanya sendiri.
    jadi mulai sekarang bagi siapa saja yang hendak mendaki jangan lupa untuk berdo'a terlebih dahulu supaya di berikan keselamatan dan kelancaran dalam setiap urusan anda saat berada di gunung.

    9.Bertindaklah yang sopan.
    Apakah anda setuju saat ada orang yang mengatakan kalau kita mendaki gunung itu artinya kita sedang bertamu kepada mereka yang terlebih dahulu sudah berada di sana..??
    kalau anda setuju maka sebaik nya tindakan yang anda lakukan saat mendaki layaknya seperti seseorang yang sedang bertamu, dia akan berlaku sopan kepada tuan rumah nya, dia akan menjaga ucapan nya supaya tidak membuat tuan rumah merasa sakit hati dan akan marah terhadap dirinya.
    so' jagalah perilaku dan ucapan saat mendaki jangan sampai makhluk yang berada di sana sakit hati dan marah terhadap anda.

    10.Selalu ingat perinsip pecinta alam.
    coba sebutkan perinsip-perinsip pencinta alam apa saja..??
    yup itu sekarang uda tahu kan..??
    ketika mendaki anda harus selalu mengingat perinsip pecinta alam supaya aktivitas mendaki anda tidak akan mengakibat kan kerusakan bagi alam, dengan melakukan setiap pesan yang ada pada perinsip-perinsip pecinta alam dengan baik dan tepat, maka boleh di katakan anda adalah pecinta alam sejati.
    bagi anda yang belum mmengetahui nya inilah perinsip-perinsip pecinta alam indonesia yang sedikit sudah saya rubah kata-kata nya tanpa merubah makna nya..
    "janganlah membunuh sesuatu selain waktu"
    "Janganlah meninggalkan sesuatu selain jejak"
    "Janganlah mengambil sesuatu selain foto"
    Genggamlah erat-erat setiap makna yang ada pada perinsip-perinsip pecinta alam.

    Oke kawan yang sangat saya hormati mungkin sampai di sini dulu perbincangan kita tentang tips-tips mendaki bagi para pemula, untuk anda yang menemukan kesalahan dalam tulisan di atas supaya memberitahukan nya di dalam kolom komentar di bawah.
    SALAM LESTARI.

    Sumber: 10 Tips Mendaki Yang Baik Untuk Para Pemula
     
    Last edited by a moderator: Dec 6, 2015
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,020
    Likes Received:
    2,642
    Trophy Points:
    413
    @sani sii rimba untuk selanjutnya kalau buat thread sebaiknya seperti ini (setelah diedit) untuk kebaikan bersama. Judul dan paragraf pertama diubah agar tidak sama dengan sumber. Mudah kok :D
     
  3. Dimas Priyono

    Dimas Priyono Member

    Joined:
    Nov 29, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    dapet 2 ilmu nih.... ilmu mendaki google ala ninja hatori dan ilmu mendaki google ala @KangAndre
    matur sembah nuwun
     
  4. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    nicee tips ..
    aku dulu pertama mendaki ke sikunir ,.. kaya nggak mau nyampe . capek
     
  5. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Alhamdulilah kang ini kan berkat kang andre juga..
    hehe..
    siap laksanakan..
     
  6. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    iia kang memang gak salah masuk forum ini kang tiap hari nambah ilmu terus..
     
  7. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pas pertama emang paling payah tapi paling berkesan..:oops:
     
  8. track

    track New Member

    Joined:
    Dec 6, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    waw,,, mantab Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

    salam pendaki.... :D
     
    Last edited by a moderator: Dec 8, 2015
  9. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    bikin threads baru aja, jangan dibiasakan naro link dikomentar
     
  10. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    bener itu bang,,,,heheh
     
  11. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    terimakasih bang, semoga bermafaat.
     
  12. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Terima kasih udah mau ngasih ilmu "bahwa gak boleh naruh ling di komentar"..
     
  13. andsuma

    andsuma New Member

    Joined:
    Dec 9, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Thanks untuk tips mendaki gunungnya sangat bermanfaat gan
     
  14. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ia saya sangat bersyukur kalo tulisan saya bisa bermanfaat buat agan..
    terimakasih udah mampir gan..
     
  15. djonski

    djonski Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    untuk pendaki pemula seperti saya ini sangat bermanfaat, tapi kalau boleh menambahkan selalu sedia mineral water secukupnya ditas, tapi kalau kehabisan pun bisa langsung mengambil dari mata air sih.
     
  16. sani sii rimba

    sani sii rimba Member

    Joined:
    Nov 26, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Wa
    Wah bener banget tuh, Memang sih di kebanyakan gunung ada sumber air nya, tapi di beberapa gunung di indonesia ga ada mata air nya..
     
  17. balitourculture

    balitourculture Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    221
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    terimakasih tips nya ... kapan" akan di terapkan pas mendaki .
     
Loading...

Share This Page