Tips Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi Mobil

Discussion in 'Otomotif' started by iwen, Jan 8, 2017.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    166
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Bukan perkara mudah cari asuransi mobil sesuai kebutuhan. Ukurannya bukan semata-mata premi yang murah, pengajuan klaim yang mudah, maupun pelayanannya yang ramah. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam paket asuransi mobil adalah tersedianya fasilitas mobil pengganti. Fasilitas mobil pengganti dari asuransi ini terbilang perlu bagi yang mengandalkan kendaraan sebagai alat transportasi keseharian satu-satunya.

    Lalu, apakah mudah mendapatkan fasilitas mobil pengganti saat klaim asuransi mobil? Bagaimana caranya? Yuk simak beberapa langkah berikut.

    Pastikan Asuransi Mobil yang Kamu Ambil Sudah Termasuk Mobil Pengganti

    Ini yang paling penting, asuransi mobil yang kamu pilih sudah menjamin adanya kendaraan pengganti. Karena tidak semua perusahaan asuransi menyediakan kendaraan pengganti sebagai fasilitas tambahan dalam produk asuransi mobilnya. Karena itu, simak baik-baik ketentuan yang tertulis dalam polis asuransi mobil kamu. Dan pastikan tersedianya beberapa hal penting ini, seperti: perlindungan menyeluruh atas kerusakan kendaraan, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dan yang lebih penting adalah manfaat tambahan, misalnya: Kendaraan Pengganti, Mobil Derek, Ambulance, Mobile Claim Services dan Hotline Service 24 jam.

    Seberapa Mahal Fasilitas Mobil Pengganti untuk Asuransi Mobil yang Kamu Ambil?

    Pada dasarnya kendaraan pengganti itu gratis. Namun, perlu kamu ketahui fasilitas ini juga ada batas waktu pemakaiannya. Apabila kamu melewati batas waktu tersebut maka akan dianggap sewa. Jadi, pahami baik-baik polis asuransi mobil kamu dan pastikan juga proses klaimnya cepat ditangani oleh bengkel rekanan sehingga kamu tidak akan terlambat dalam pemakaian layanan ini.

    Apakah Mobil Pengganti Selalu Sama atau Lebih Bagus dengan Mobil yang di Klaim ke Bengkel?

    Biasanya, dalam setiap polis asuransi mobil dijelaskan jika ada fasilitas kendaraan pengganti, maka jenis dari mobil tersebut akan diusahakan setara dengan mobil yang diklaim ke bengkel. Namun, fasilitas kendaraan pengganti ini sangat terbatas, hal ini karena jumlah klaim seringkali jauh melebihi jumlah mobil yang tersedia.

    Jika ingin kenyamanan yang setara dengan mobil kamu dan kondisi kendaraan yang akan diklaim masih bisa dipakai, maka kamu bisa mengantre untuk menunggu mobil pengganti yang sejenis tersedia.

    Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Mengajukan Klaim?


    • Catat Nomor Klaim
    Ketika kamu mengajukan klaim ke perusahaan asuransi atau bengkel rekanan, maka secara otomatis akan mendapatkan nomor klaim. Nomor itu sebagai penanda telah mengajukan klaim lantaran kendaraan rusak akibat insiden kecelakaan atau sebab lain.

    • Lamanya Waktu Estimasi Pengerjaan
    Pihak bengkel akan menghitung berapa lama pengerjaan atas kerusakan kendaraan kamu. Waktu estimasi ini tergantung pada seberapa parah kerusakaan kendaraan. Semakin parah kerusakan maka makin lama pula waktu pengerjaannya.

    Tak hanya itu, estimasi pengerjaan juga sangat tergantung dengan situasi dan kondisi bengkel. Jika bengkel tersebut dalam kondisi ramai maka kamu harus mengantre. Hal ini akan pengerjaan semakin lama.

    • Ketahui Prosedur dan Syarat Mendapatkan Layanan Mobil Pengganti
    Setelah mendapatkan informasi dari bengkel tentang estimasi waktu pengerjaan perbaikan kendaraan, maka langkah berikutnya adalah melakukan konfirmasi ke pihak asuransi. Bila kerusakannya parah, bisa jadi bakal membuat kendaraan lama menginap di bengkel.

    Estimasi lama pengerjaan dari bengkel ini yang menjadi persyaratan mendapatkan fasilitas kendaraan pengganti. Rata-rata perusahaan asuransi mensyaratkan nasabah berhak memperoleh layanan kendaraan pengganti jika mobil yang rusak harus diperbaiki lebih dari dua hari.

    Dengan melakukan beberapa langkah di atas, kamu bisa dengan mudah mendapatkan fasilitas ini. Jadi, segala aktifitasmu tidak terganggu kan? Yuk bijak berasuransi!
     
  2. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    gak terlalu banyak asuransi yang memberikan mobil pengganti selama proses klaim.
    Harus cermat saat memperhatikan jenis polis yang kita pesan biar tidak salah
     
Loading...

Share This Page