Tips Mengajarkan Anak Untuk Memiliki Tabungan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Septiano, Aug 18, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Menabung sangat penting untuk masa depan. Mengingat pentingnya menabung, disarankan agar anda mengajarkannya sejak dini ke pada anak. Ketika anak diajarkan menabung sejak kecil, ia tidak akan kesulitan untuk menabung di masa tua. Nah bagaimana sih caranya mengajarkan anak untuk menabung?

    Kenalkan Anak Pada Uang

    Kenalkan konsep uang pada anak sebelum memiliki tabungan. Beritahu anak bahwa uang merupakan alat tukar dan alat pembayaran yang bisa digunakan untuk mendapatkan hal yang diinginkan. Setelah memberi tahu konsep dan manfaat uang, anda bisa memulai untuk mengajarkan cara menabung. Katakan pada anak jika ia menabung, ia bisa mendapatkan hal yang ia mau. Akan sulit di awal, tetapi lama-lama anak akan terbiasa dan mengerti.

    Beri Tahu Manfaat Menabung

    Setelah anak mengerti kegunaan uang, anda bisa mulai mengajarkan anak menabung. Katakan bahwa dengan menabung anak bisa mendapatkan hal yang mereka inginkan. Beritahu anak untuk menyisihkan uang jajan hariannya di celengan. Agar anak semakin tertarik untuk menabung, anda bisa membelikannya celengan dengan ilustrasi yang lucu agar anak semakin tertarik untuk memiliki tabungan. Selain menyisihkan uang jajan, anda juga bisa meminta anak untuk menyisihkan uang yang didapatkan ketika lebaran/natal dari kerabat untuk menabung.

    Ajak Anak ke Bank

    Setelah anak berhasil menabung di celengan, anda bisa mengenalkan dengan tabungan di bank umum. Beritahu anak bahwa menabung di bank lebih aman daripada menyimpan uang di celengan. Menabung di bank umum dapat melatih konsistensi dan komitmen anak untuk memiliki tabungan. Mengapa demikian? Sebab uang yang ditabung di bank umum tidak bisa diambil kapan saja seperti di celengan. Memiliki tabungan di bank memberikan banyak keuntungan untuk anda sebagai nasabah. Biasanya produk simpanan untuk anak memberikan banyak penawaran menarik seprti diskon taman bermain, restaurant, hingga toko mainan anak.

    Ajarkan Anak Membuat Laporan Keuangan

    Setelah anak menginjak usia remaja dan terbiasa untuk menabung, anda bisa mengajarkannya untuk membuat laporan keuangan bulanan. Laporan keuangan berguna untuk mencatat perencanaan keuangan dan pencatatan pengeluaran selama satu bulan. Di awal bulan, ajak anak memperkirakan keperluan apa yang dibutuhkan selama satu bulan seperti uang jajan, pengeluaran tak teeduga, ongkos bermain, barang yang ingin dibeli, hingga anggaran tabungan. Membuat perencanaan di awal bulan berguna untuk memperkirakan berapa banyak uang yang bisa digunakan di luar tabungan.

    Nah, jika anak anda sudah berhasil membuat perencanaan keuangan, ajari pula cara mencatat pengeluaran selama satu bulan. Minta anak untuk mencatat setiap pengeluaran yang ada secara detail, seperti uang yang dihabiskan, untuk apa uang tersebut dihabiskan, kapan uang tersebut dihabiskan. Tujuan mencatat pengeluaran ialah untuk membandingkan apakah uang yang dikeluarkan sesuai dengan yang direncanakan. Jika tidak, anak perlu diajarkan untuk berkomitmen pada perencanan keuangan agar tidak boros.

    Di samping itu, ketika anak sudah bisa mengatur pengeluaran sesuai dengan apa yang direncanakan, anak juga akan mudah untuk menyisihkan tabungan. Sebab ia akan terbiasa untuk tidak boros. Manajemen uang penting sekali dan akan berguna sampai anak menginjak

    Setelah mengajarkan cara membuat perencanaan pengeluaran, anda perlu juga memberi tahu cara mencatat pengeluaran. Minta anak untuk mencatat setiap uang yang dikeluarkan secara detail, mulai dari jumlah nominal hingga untuk apa uang tersebut digunakan. Jika pengeluaran yang dihabiskan hingga akhir bulan lebih besar dari pada perencanaan pengeluaran yang ada, maka anda perlu mengajarkan anak untuk melatih diri agar tidak boros.

    Mengajarkan anak cara merencanakan dan mencatat pengeluaran bisa membantu anak untuk menabung karena ketika anak sudah terbiasa, ia akan tahu berapa uang yang perlu ia simpan di tabungan. Ketika sudah dewasa, anak tidak akan memiliki kesulitan dalam manajemen uang ketika dewasa.

    Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan jika anda ingin mengajarkan anak memiliki tabungan. Awali dengan mengajarkan apa itu uang ke anak, lanjutkan dengan mengajak anak menyimpanuang di bank, serta merencanakan pengeluaran.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,150
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    48
    Anak saya baru berumur hampir satu setengah tahun
    dikasih uang malah dibuat mainan, sukanya dirobek-trobek
     
Loading...

Share This Page