Tips Mengatasi Kesemutan

Discussion in 'Health & Medical' started by lordard, Sep 30, 2019.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    55
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Haloo gan agan bersosial .... *keren3*
    Izin share info cara mengatasi kesemutan ya, semoga ulasan ane ini bermanfaat ;)

    [​IMG]

    Apa kalian pernah mengalami Kesemutan? Kalau pernah, bagian mana nih yang Kesemutan? Kali ini saya akan menjelaskan penyebab kesemutan pada tangan, sebelum kita membahas penyebab tangan Kesemutan, saya akan menjelaskan pengertian kesemutan terlebih dahulu. Kesemutan adalah gejala yang biasa dialami oleh siapa saja, dalam kondisi ini kesemutan bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Kesemutan dalam ilmu medis di sebut sebagai Pareshesia.

    Kesemutan sebenarnya bisa menjadi tanda awal adanya gangguan saraf terlebih lagi jika terjadi secara spontan, tetapi untuk mengetahui gangguan saraf yang mana maka harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Kesemutan yang dialami karena gangguan saraf ini termasuk salah satu gejala dari neuropati yaitu istilah untuk kerusakan saraf yang bisa disebabkan oleh suatu penyakit, trauma pada saraf, atau akibat efek samping dari suatu penyakit sistemik pernah mengalami cedera yang lumayan serius yang mengakibatkan saraf menjadi terganggu.

    Hampir semua orang pernah mengalami perasaan tidak nyaman yang terjadi saat tangan dan kaki kita kesemutan. Itu pengalaman yang normal walalupun terasa tidak nyaman. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kesemutan. Diantara nya sebagai berikut :
    1.Banyaklah bergerak, Pada saat tubuh Anda hanya diam tanpa bergerak, maka tubuh Anda akan rentan akan terkena penyakit kesemutan, ya walaupun tidak terlalu beresiko penyakit kesemutan ini, tetapi tetap saja ada rasa kurang nyaman ya kan? Jika tubuh Anda mengalami kesemutan, cobalah untuk area yang kesemutan agar aliran darah lancar.

    2.Ganti posisi duduk. Jika kalian menyukai duduk di lantai dan nyaman bagi kalian, biasanya duduk seperti itu merupakan salah satu penyebab kaki kesemutan umum. Untuk menghindari tertekanan jaringan saraf, hindari menimpa kaki kalian saat duduk, usahakan kaki kalian bebas bergerak dan jangan biarkan tubuh kalian menimpanya. Ada baiknya kalian berdiri setidaknya satu jam sekali. Berjalan-jalan juga bagus untuk kesehatan. Hindari duduk dengan mengkantongi dompet, karena menekan jaringan saraf yang ada pada bokong dan belakang kaki kita.

    3.Gerakkan jari jari kaki. Gerakkan jari kalian sesekali, lakukan ketika Anda sedang menonton televisi karena pada saat kita menonton pasti pandangan akan selalu tertuju pada televisi. Itulah yang menyebab kaki kita kesemutan.

    4.Cobalah ubah posisi tidur. Jika kalian orang yang terbiasa tidur nyenyak, ada kemungkinan kalian tidak akan banyak bergerak ketika tidur. Itu di akibatkan oleh tekanan saraf. Apabila kalian tidur dengan posisi kali disilangkan satu, dan kaki kita yang satunya terttindihan, tidak lama kita akan mengalami kesemutan saat terbangun.

    Jika kita telah mengetahui cara mengatasi kesemutan, lebih baiknya kita juga mempelajari juga penyebab kesemutan.. Penyebab yang paling utama pada saat kesemutan adalah saraf yang terjepit. Tubuh manusia memiliki miliaran saraf yang berfungsi sebagai jalur komunikasi dari otak dan tulang belakang ke seluruh tubuh. Nah, ketika tangan atau kaki kita menerima begitu banyak tekanan dalam waktu lama, saraf-saraf yang menjalar di dalamnya akan terjepit.

    Saraf yang terjepit akan menyebabkan otak kita kekurangan informasi mengenai sensasi indra peraba yang diharapkan datang dari kumpulan saraf tersebut. tekanan tersebut juga akan menghimpit pembuluh darah yang menyokong kerja kumpulan saraf tersebut sob. Akibatnya, saraf-saraf itu juga jadi tidak bisa menerima darah dan oksigen yang mereka butuhkan dari jantung. kemudian menyebabkan sinyal yang berasal dari saraf sensorif akan terblokir atau terhalang. Alhasil, anggota tubuh yang bermasalah ini akan merasakan mati rasa. Adapun, penyebab kesemutan karena kondisi tertentu yang di sebabkan oleh :

    1)Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Kondisi ini merupakan satu dari beberapa jenis kerusakan saraf yang diakibatkan oleh tekanan berulang. Contoh nya pada saat kita sering menulis dan mengetik akan berisiko terkena Syndrome ini atau contoh yang lebih sering terjadi di kalangan kaum milenial, penggunaan smartphone secara terus menerus bisa mengakibatkan syndrome ini, kalian tau mengapa?? Karena ketika menggunakan smartphone tangan kita hanya fokus mengoperasikan smartphone membuat saraf dalam tubuh kita yang disebut saraf median, saraf median ini mengontrol saraf tangan dan jari jemari tangan kita. Saraf median ini terhubung oleh ibu jari, jari telunjuk, dan sebagian dari tengah. Abibatnya kita merasa tidak nyaman ketika menggerakkan jari kita, jika kita terus menerus membuat pergerakan yang sama, jari kita akan tidak bisa sama sekali. So kita harus membatasi bermain gadget yahh.

    2)Kerusakan pada saraf. Kerusakan pada saraf ini bisa terjadi akibat cedera pada tangan atau terlalu banyak beban yang membebani tangan yang kemudian terjadi perhimpitan antar syaraf. Misalnya seorang pekerja pengeboran mengoperasikan mesin pengeboran secara teratur hampir setiap hari, mesin tersebut bergetar tiap kali digunakan untuk mengebor. Peristiwa inilah yang mengakibatkan seseorang mengalami Kesemutan pada tangan jangka panjang.

    3)Kekurangan gizi. Gizi merupakan asupan nutrisi dalam tubuh yang wajib di penuhi, ketika kita kekurangan gizi di dalam tubuh, tubuh menjadi lemas dan saraf terkena dampak nya akibat kekurangan gizi oleh karena itu, bila kita ingin menjaga tubuh terutama saraf sebaiknya mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi baik bagi tubuh, contohnya mengkonsumsi sayuran hijau, sayuran hijau mengandung sejumlah senyawa terdapat di dalamnya, di percaya merupakan langkah paling awal baik untuk selalu menjaga kesehatan saraf dalam tubuh kita, selanjutnya mengkonsumsi sayur bayam. Siapa sih disini yang tidak doyan mengkonsumsi sayuran yang satu ini, sebaiknya hindari rasa takut /jijik pada sayuran karena jika kita enggan untuk mengkonsumsi sayuran maka dampaknya kita rasakan sendiri bukan. Ok kita kembali ke pembahasan, sayur bayam mengandung antioksidan yang mampu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf dalam tubuh, antioksidan juga bisa menunda penuaan.

    Setelah kita mengetahui cara mengatasi dan penyebab kesemutan, kita di wajibkan untuk selalu hidup sehat menjaga kesehatan tubuh secara indiviual. Ingat, ada pepatah yang mengatakan sehat itu mahal, yang berarti jikalau kita sakit dan sakit yang kita derita cukup serius yang contohnya penyakit saraf di saraf Motorik yang bisa mengakibatkan kita lumpuh karena kurangnya berolahraga dan kurang mengkonsumsi vitamin-vitamin yang sehat untuk tulang serta saraf.

    Semoga Bermanfaat Ya
    Salam Sehat Indonesia ..... *sayonara*
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page