Tips Menggunakan Jasa Endorsement dari Influencer

Discussion in 'Internet Marketing' started by jagain, Sep 28, 2022.

  1. jagain

    jagain Member

    Joined:
    Jul 3, 2018
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Influencer adalah salah satu ujung tombak promosi Anda untuk mencapai kesuksesan bisnis. Influencer mengacu pada orang-orang yang populer dan memiliki banyak pengikut di media sosial, terutama Instagram. Namun, bukan berarti semua akun Instagram yang memiliki banyak followers bisa menjadi calon influencer untuk promosi bisnis Anda.

    Tips Menggunakan Layanan Endorsement dari Influencer

    1. Teliti keaslian pengikut
    Saat memilih jasa endorsement dari influencer, Anda harus memperhatikan keaslian followers. Banyak sekali akun palsu yang mungkin ditemukan di lapangan. Hal ini tentu saja akan membuat promosi Anda tidak berhasil, karena followers yang ada tidak asli dan tidak aktif.
    Untuk melihat apakah itu asli, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah melihat nama akun. Akun palsu biasanya cenderung menggunakan angka setelah nama. Misalnya: @ABC899 Juga, Anda dapat mengambil beberapa sampel untuk lebih yakin.

    Misalkan Anda mengambil 20 sampel. Anda dapat masuk dan melihat akun individu, dan meneliti posting yang ada. Akun palsu biasanya akan jarang posting, atau bahkan tidak ada sama sekali.
    Selanjutnya Anda bisa memperhatikan komentar yang ada di akun influencer yang akan Anda pilih. Jika dia memiliki banyak suka, tetapi hanya sedikit komentar, pengikutnya cenderung tidak asli.

    2. Sesuaikan dengan Target Pasar Anda
    Selain melihat keaslian followers, salah satu hal yang harus dilakukan adalah menyesuaikan influencer dengan target pasar Anda. Pastikan followers dari influencer yang Anda pilih sama dengan target pasar yang diinginkan, karena jika tidak semua usaha Anda akan tetap sia-sia.
    Misalnya: jika Anda memiliki bisnis yang menjual pakaian anak-anak, maka Anda juga dapat memilih influencer dari ibu-ibu. Atau Anda juga bisa memilih influencer dari bapak-bapak ternama. Dalam hal ini, pastikan Anda melihat dengan cermat mayoritas pengikut yang Anda miliki.

    3. Pengikut
    Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin terkenal seseorang, semakin banyak orang yang tidak menyukainya. Namun, banyak orang yang sangat tidak suka kemudian menjadi followers untuk melihat setiap perilaku yang dilakukan oleh influencer tersebut.
    Nah, dalam hal ini Anda perlu berhati-hati karena jika sebagian besar followers yang Anda miliki adalah haters, maka bisa berdampak buruk bagi bisnis Anda. Haters juga mungkin membenci produk atau layanan yang ditawarkan bisnis Anda.

    Untuk mengatasinya, silahkan perhatikan komentar-komentar yang ada. Jika komentarnya kebanyakan negatif, berarti semakin banyak haters di akun tersebut.

    4. Perhatikan kualitas konten yang ditampilkan
    Pastikan konten yang akan diposting berkualitas baik dan menarik dari sudut pandang pemasaran. Hindari hanya berpromosi tanpa menyiapkan gambar dan caption yang menarik.
    Biasanya ada beberapa influencer yang akan menanyakan konten yang Anda inginkan, atau ada juga yang memberikan kreativitasnya sendiri saat mengunggah. Ini biasanya tergantung pada kesepakatan awal Anda.

    5. Harga sesuai budget
    Semakin terkenal seorang influencer, biasanya semakin mahal pula tarif yang akan dikenakan untuk berpromosi melalui akunnya.

    Tarif yang dikenakan oleh masing-masing influencer juga bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu hingga jutaan rupiah. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan tarif dengan anggaran promosi yang Anda miliki.

    Anda bisa menggunakan layanan influencer marketing INFINA yang menyediakan jasa paid promote, jasa influencer hingga jasa endorse tiktok untuk bantu branding bisnis kamu. Daftarkan bisnis kamu di INFINA sekarang!
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,188
    Likes Received:
    2,717
    Trophy Points:
    413
    Sy tetap jadi blogger aja .... :p
     
  3. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    604
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,208
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Influencer para artis papan atas harganya bisa dapat buat beli krupuk satu tronton.
     
  5. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    127
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Sejatinya, endorse itu bayar jangkauan. Hmm
     
  6. mrswinarti

    mrswinarti New Member

    Joined:
    Mar 27, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasih tipsnya. Ini bisa digunakan di Instagram dan Tiktok ya?
     
  7. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kalo bisnis Anda lokal, tambahan dari saya gunakan influencer lokal di daerah Anda yang bagus sesuai point di atas. Selain harga nya minim, followersnya juga tertarget, kecuali jika Anda target market Online.
     
Loading...

Share This Page