Tips Menghadapi Dunia Bisnis di Tengah Persaingan Ketat Zaman Sekarang

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Aug 14, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    53
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi di setiap tahunnya, membuat persaingan bisnis semakin meningkat. Perlu kamu ketahui, setelah memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis atau dunia usaha, diperlukan strategi bisnis yang tepat dan matang.

    Hal itu dilakukan agar usaha yang sudah dibangun dapat berjalan dengan lancar dan mampu menghadapi persaingan. Ketika konsistensi dapat kamu pertahankan, maka memenuhi target akan mudah didapatkan.
    Berikut, hal yang perlu kamu perhatikan dalam menghadapi persaingan dunia bisnis agar tetap kompetitif dan memiliki daya saing.

    1. Kualitas dan Kepuasan
    [​IMG]
    Mengutamakan kualitas akan berdampak pada kepuasan konsumen. Jika saat awal merintis bisnis target kamu adalah keuntungan tanpa diimbangi oleh kualitas produk, itu akan mengancam kelangsungan bisnis kamu. Sebab saat ini, konsumen semakin pintar dalam memilih dan banyak yang lebih mengutamakan kualitas daripada harga murah dengan kualitas yang rendah.

    Jadi, dengan mengutamakan kualitas. Pelanggan akan tertarik untuk datang kembali, dan mempromosikan bisnis kamu ke orang sekitarnya.

    2. Jaga Hubungan Baik

    Selanjutnya, setelah kamu mendapatkan kepuasan dari pelanggan. Hal yang wajib kamu lakukan adalah menjaga hubungan dengan pelanggan. Bagaimana caranya? Dengan memberikan membership serta memberikan beberapa bonus tambahan untuk pelanggan yang loyal, serta kamu bisa memberikan potongan diskon atau cashback pada momen tertentu.

    3. Berinovasi
    [​IMG]
    Dalam menjaga persaingan di dunia bisnis, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah inovasi. Mungkin kamu akan berpikir 10 tahun yang lalu handphone hanya bisa untuk mengirim SMS dan telfon, dan sekarang handphone kamu sudah bisa melakukan semuanya termasuk menonton film bahkan sudah bisa berkomunikasi tatap muka. Ini yang di sebut “inovasi”.

    Tapi perlu kamu ketahui, inovasi bukan hanya sekedar meningkatkan kualitas atau mengeluarkan produk yang belum ada sebelumnya. Inovasi juga mesti kamu lakukan dalam hal strategi promosi, konten, hingga memperbaru budaya dan culture perusahaan, yang berdampak pada produktivitas.

    4. Analisis

    Dalam menghadapi persaingan bisnis sekarang, kamu mesti melakukan analisis. Caranya dengan melihat performa bisnis kamu di tahun sebelumnya, maka kamu bisa melihat apa yang kurang dan perlu kamu tingkatkan. Tapi, bila kamu ingin mudah dalam hal analisis, kamu bisa melakukan dengan tempo waktu per-bulan agar lebih mudah dan cepat.

    5. Kolaborasi
    [​IMG]
    Kolaborasi akan memberikan peningkatan potensi bisnis kamu, selain itu dalam berbisnis diperlukan pihak lain untuk membantu bisnis kamu berkembang lebih baik secara internal dan eksternal. Dengan kolaborasi juga akan memberikan jaringan bisnis yang lebih luas dan saling mendukung sesama pebisnis.

    6. Komunitas Bisnis

    Mengikuti komunitas bisnis akan berdampak positif untuk usaha bisnis kamu. Dengan kamu mengikuti komunitas, kamu dapat belajar hal baru terkait tentang bisnis dan saling berbagi mengenai persoalan bisnis.

    7. Digital Marketing
    [​IMG]
    Perkembangan teknologi saat ini, membuat peran digital marketing sudah harus dilakukan jika ingin bisnis kamu terus tumbuh dan bersaing. Dengan digital marketing akan memberikan kamu perluasan akses pasar, jangkauan konsumen, hingga jadi daya tarik tersendiri.

    Digital marketing juga terbagi menjadi dua, yaitu organik dan berbayar. Untuk yang organik, kamu bisa membuat website bisnis, membuat konten interaktif melalui platform sosial media, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk yang berbayar, kamu bisa melakukan dengan cara iklan berbayar melalui Ads.

    Nah, itu dia beberapa cara untuk bisnis kamu tetap bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan bisnis sekarang.

    Dan jangan lupa, untuk membantu bisnis kamu, Gunakan softwear Omnichannel Genie yang bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
     
    Sisi Setya and Mosario Nial like this.
  2. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    47
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    harus bisa menonjolkan unique selling point juga dan paham sm target konsumen...
     
  3. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Dari dulu sebenarnya ya itu2 aja sebenarnya, cuma dalam penerapannya tidak ada yang 100% sempurna
     
  4. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    269
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Poin ke 7 (digital marketing) ini yang bagi pebisnis tua biasanya jadi masalah karena terbiasa dengan sistem pemasaran konvensional. Ini kesempatan bagus buat yang muda muda untuk mengasah skill digital marketing sebab hampir semua barang dan jasa sekarang dijual online
     
    Mosario Nial likes this.
  5. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    76
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Jual, beri layanan yang baik seperti layanan after selling. Jangan buru2 kabur setelah barang kejual.
     
  6. arief munandar

    arief munandar Active Member

    Joined:
    May 31, 2015
    Messages:
    711
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    Seiring waktu, kebutuhan pasar dan saingan selalu berubah, kita harus berubah untuk menyesuaikan diri. Saya rasa dalam hal analisis, menganalisa performa Sendiri saja tidak cukup, kita juga harus menganalisa Saingan dan Pasar.
     
  7. priyo handoko

    priyo handoko New Member

    Joined:
    Jan 19, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sekarang eranya teknologi informasi dimana orang sudah melek informasi.
    ng era
     
  8. Mosario Nial

    Mosario Nial New Member

    Joined:
    Aug 13, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Artikelnya bagus, lengap dan jelas
     
  9. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,524
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Digital marketing makin berkembang dan mungkin akan membutuhkan lebih banyak ahli dalam hal ini ketika ada pebisnis konvensional yang akan mencoba beralih dengan menggunakan media online dalam melakukan ekspansi
     
  10. Sisi Setya

    Sisi Setya New Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Setuju, perlu banget analisis. Dengan begitu, kita bisa melihat gambaran besar bisnis ke arah mana? Apalagi penting untuk melihat kondisi uang bisnis saat ini.
     
  11. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    423
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    untuk tambah wawasan dan supaya tidak kudet
     
  12. FLou91

    FLou91 Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    56
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Bener banget, kalau kita bisa menjaga hubungan baik dengan klien atau customer, pasti mereka akan kembali agi membeli atau menggunakan jasa kita. Trik ini sudah saya gunakan daridulu dan kustomer selalu kembali lagi.
     
  13. tajbatalk

    tajbatalk New Member

    Joined:
    Apr 8, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul sekali dan jangan perang harga, karena bikin kita babak belur juga
     
  14. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    101
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih tips-nya. Nah untuk tips point ke 5 soal kolaborasi. Jika bentuk bisnis kita ada fisiknya dalam arti memang produk fisiknya ada seperti bisnis pakaian, jual beli alat elektronik, mungkin untuk berkolaborasi sudah banyak sekali percontohannya untuk bangun kolaborasi tersebut. Namun jika berbentuk layanan seperti jual jasa hosting dan domain, freelancer, itu gimana ya penerapan kolaborasinya?..mungkin ada tips-nya mas. Terimakasih.
     
Loading...

Share This Page