Tips Menghemat Penggunaan Baterai Smartphone

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by wahyudhi88, Apr 5, 2018.

  1. wahyudhi88

    wahyudhi88 New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Telepon seluler, yang awalnya hanya berfungsi untuk melakukan panggilan telepon dan SMS, kini telah berevolusi menjadi telepon pintar dan menjadi perangkat hiburan all-in-one. Smartphone yang kamu gunakan dapat mengambil foto dan video, memainkan musik dan video, bermain game, mengakses halaman web, mengirim email dan pesan instan, hingga untuk bernavigasi.

    Menggunakan fitur-fitur tersebut selama berjam-jam tentunya akan menguras baterai smartphone kamu. Tapi pada artikel kali ini, saya mempunyai beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat penggunaan baterai smartphone.

    Auto-Brightness

    Setiap smartphone masa kini hadir dengan fitur auto-brightness. Fitur ini sangat berguna untuk mengatur tingkat kecerahan layar smartphone, bergantung pada kondisi cahaya di sekitarnya. Mengaktifkan fitur auto-brightness dapat menghemat baterai smartphone kamu. Karena akan mengurangi kecerahan layar pada saat tidak dibutuhkan.

    Vibration

    Vibration atau getaran, tentunya menggunakan daya agar smartphone dapat bergetar. Jika kamu tidak membutuhkannya, lebih baik untuk mematikan fitur ini.

    Power-Saving Mode

    Kebanyakan pabrikan menghadirkan fitur Power-Saving pada smartphone buatannya. Fitur ini juga bisa kamu manfaat ketika kamu sedang tidak aktif menggunakan smartphone kamu. Ketika misalnya kamu sedang diperjalanan, sedang berada di kelas, sedang bekerja, atau hal lainnya ketika kamu tidak menggunakannya, lebih baik aktifkan fitur Power-Saving.

    Location Services

    Location Services merupakan fitur layanan yang penting ketika kamu menggunakan aplikasi yang mengandalkan peta atau GPS. Seperti aplikasi Waze, Google Maps, Facebook, hingga Go-Jek. Jika kamu sedang tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut atau ingin menyembunyikan posisi kamu, lebih baik Location Services kamu nonaktifkan. Jika aktif, fitur ini dapat menguras baterai kamu.

    Background Application

    Ada banyak aplikasi yang tetap berjalan di latar meski kamu tidak aktif menggunakannya. Seperti Facebook, ketika kamu tidak membukanya aplikasi ini sebenarnya tidak berjalan di latar sehingga setiap ada update terbaru akan mengirimkan notif. Buat kamu yang selalu update fitur ini memang sangat bagus, tetapi akan mengorbankan baterai.

    Aplikasi seperti ini yang membuat smartphone kamu tetap aktif meski kamu tidak menggunakannya, yang akan berimbas pada baterai yang akan cepat berkurang. Jika kamu tidak membutuhkannya, lebih baik untuk membuat aplikasi-aplikasi tidak dapat berjalan di latar. Baik di Android dan iOS menyediakan pengaturan untuk mengaturkan aplikasi yang berjalan di latar.

    Notification

    Fitur ini sangat-sangat berguna, agar kamu tidak ketinggalan pesan ataupun update terbaru. Namun aplikasi saat ini banyak yang memanfaatkan notification untuk menayangkan pemberitahuan yang menurut saya sangat tidak berguna. Misalnya aplikasi marketplace, yang sering kali menayangkan pemberitahuan promo terbaru setiap hari, hal ini sangat mengganggu saya.

    Jika kamu juga merasakan hal yang sama, kamu bisa menonaktifkan notification untuk aplikasi-aplikasi tertentu. Baik di Android dan iOS memiliki pengaturannya, kamu bisa mengatur aplikasi-aplikasi yang dapat menampilkan pemberitahuan.

    Pilih Operator Yang Tepat

    Memilih operator seluler yang tepat juga dapat mempengaruhi baterai kamu. Yang sebenarnya berpengaruh adalah sinyal dari si operator. Pilih operator yang sinyalnya paling stabil di daerah tempat kamu tinggal. Sinyal yang tidak stabil akan membuat smartphone kamu terus bekerja keras dan menguras baterai.

    Charge Baterai

    Batera Lithium-ion yang bisa digunakan pada smartphone, baiknya kamu tetap menjaganya berada di level 50%. Charge baterai ketika indikator menunjukan angka 50%. Dan jangan charge sampai baterai penuh 100%, kamu bisa mengisinya pada level antara 80%-90%. Serta jangan pernah membiarkan baterai smartphone sampai 0%.

    Menggunakan Powerbank

    Atau jika baterai smartphone kamu sudah low-batt dan kamu sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mengisi daya dari colokan listrik. Solusinya kamu bisa memiliki powerbank. Powerbank sangat berguna misalnya ketika kamu sedang bepergian atau sedang traveling, bisa juga menjadi penyelamat ketika ada pemadaman listrik. Powerbank saat ini sudah semakin murah, yang menawarkan kapasitas besar dan pengisian cepat.

    Sumber
     
  2. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,466
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ada tidak tips untuk menghemat penggunaan baterai tanpa harus mematikan background application dan juga notification?
     
  3. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    314
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Penyebab utama baterai cepat habis adalah jaringan yang ga stabil.
    Sayangnya provider sekelas telkomsel aja masih susah sinyal di rumah saya :confused:
     
  4. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    886
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    ini yg bkin hape saya batrainya boros
     
  5. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  6. insyirah.hadi01

    insyirah.hadi01 Member

    Joined:
    Mar 21, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    ane setuju sama agan david
    menurut ane yang paling bikin boros itu aplikasi dibelakang latar
    soalnya pengalaman ane
     
  7. wahyudhi88

    wahyudhi88 New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Matikan saja hanya background application dan notification yang tidak penting bagi kamu.
    Kaya Google Maps saya matikan background-nya.
    Sama game-game dan aplikasi yang tidak penting saya matikan notificationnya.
     
Loading...

Share This Page