Tips Menghilangkan Baret Mobil

Discussion in 'Otomotif' started by Richo Andrew, Oct 1, 2020.

  1. Richo Andrew

    Richo Andrew New Member

    Joined:
    Sep 15, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mobil kamu terkena goresan? Terdapat baret mobil sana-sini karena tergores benda lain? Pasti sangat menyebalkan ketika melihat mobil kamu sudah tidak semulus pertama kali kamu membelinya.

    Baret mobil bisa ditimbulkan atas berbagai alasan, selain karena gesekan benda yang kasar, bisa juga karena kecelakaan ringan. Seperti, menabrak pembatas jalan atau tidak sengaja terserempet kendaraan lain ketika di perjalanan.

    Kamu gak perlu khawatir, baret mobil bisa dihilangkan dengan berbagai cara kok. Bahkan kamu bisa melakukan nya #dirumahaja kok. Baret yang halus, ringan, maupun dalam, semuanya masih bisa diperbaiki.

    Periksa Kondisi Baret Mobil
    Pertama kamu harus memeriksa kondisi goresan pada mobil. Apakah yang dilihat dan diraba terasa benar-benar sampai merusak cat mobil atau hanya debu kering yang menempel pada bodi mobil.

    Apabila kamu menemukan satu atau lebih garis yang sedikit menonjol, kemungkinan besar itu hanyalah debu yang mengering. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kanebo basah sampai benar-benar hilang.

    Namun, jika ternyata goresan tidak hilang setelah dibersihkan dengan kanebo basah, itu artinya mobil kamu sungguh mengalami baret.

    Ketahui tingkat keparahan goresan tersebut dengan cara meraba dan melihatnya. Jika terlihat samar dan tidak ada perbedaan warna yang signifikan dengan cat mobil asli, maka goresan dianggap ‘halus’ atau ‘ringan’, dan cukup mudah dihilangkan.

    Sementara itu, jika kamu sudah melihat warna goresan yang sangat kontras seperti warna perak khas logam atau besi, maka goresan tersebut masuk kategori ‘dalam’. Di mana kalau sudah separah itu, goresan sangat sulit dihilangkan tanpa bantuan teknisi bengkel yang sudah berpengalaman.

    Nah, dengan memeriksa kondisi baret mobil, kamu baru bisa menentukan tingkat keparahan dan cara memperbaikinya dengan tepat.

    Sebenarnya banyak sekali cara memperbaiki mobil yang tergores, seperti memakai wax, scratch remover, compound, hingga amplas. Semua tergantung pada kedalaman goresan yang dialami, jangan sampai salah penanganan ya!

    Baret Mobil Halus
    Penyebabnya bisa karena keberadaan debu atau pasir yang menempel body mobil itu sendiri. Tidak jarang pemilik mobil lupa dan tidak sengaja mengelap dalam keadaan kering ketika akan mencuci mobil.

    Cegah hal ini terjadi dengan:

    • Selalu memperhatikan kain lap yang dipakai dan keadaan body mobil ketika akan mencucinya.
    • Jangan gunakan lap kering dan kemoceng untuk membersihkan body mobil yang berdebu.
    • Sebelum mencuci, usahakan debu dan pasir yang menempel sudah terbasuh air terlebih dahulu.
    • Pakailah spons atau kain lap basah berbahan lembut dan bebas dari debu, pasir, dan semacamnya.

    Baret mobil halus masih bisa ditutupi, yaitu dengan cara memolesnya (detailing atau coating) menggunakan scratch remover. Kamu bisa menemukan scratch remover dengan mudah di toko aksesoris mobil dan tempat-tempat lain yang menjual kebutuhan mobil.

    Baret Mobil Ringan
    Tingkat keparahan yang kedua bisa disebabkan karena goresan benda-benda yang sifatnya lebih keras, seperti kerikil, ranting pohon, atau benda lain yang digunakan oleh pemilik mobil.

    Selama masih belum terlalu dalam dan parah, baret mobil masih bisa dihilangkan. Caranya adalah menggunakan compound. Cairan ini berfungsi untuk mengikis cat di sekitar goresan sehingga goresan bisa tertutupi dengan baik.

    Setelah membersihkan debu-debu yang menempel pada mobil dengan kain lap basah dan mengeringkannya, langsung oleskan compound/kompon putih di bagian yang tergores.

    Poles menggunakan kain microfiber atau alat khusus sesegera mungkin, jangan sampai kompon mengering. Ketika memoles, jangan pula ditekan terlalu kuat supaya lapisan cat mobil tidak terkikis habis.

    Jika dirasa sudah cukup, kembali bersihkan dengan kain lap bersih dan keringkan dengan tuntas. Voila, baret pada mobil sudah hilang!

    Nah, selain kompon, kamu juga bisa menggunakan cairan ajaib scratch remover untuk baret mobil ringan. Namun, membutuhkan hingga lima kali poles untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Langkah terakhir adalah melakukan waxing agar mobil kamu terlihat semakin kinclong seperti baru.

    Baret Mobil Dalam
    Ketika mobil kamu sudah masuk di kategori ini, perlu ada penanganan lebih oleh tangan-tangan handal alias teknisi bengkel.

    Penyebab baret mobil dalam bisa karena kecelakaan ringan, terserempet kendaraan lain atau fasilitas umum seperti tiang listrik, pohon, dan sebagainya. Kamu yang mengalami ini, harus bersiap melihat goresan yang parah pada body mobil.

    Baret mobil dalam biasanya sudah sampai merusak struktur cat, sehingga sulit untuk disamarkan atau ditutupi dengan cairan ajaib, termasuk scratch remover. Butuh ekstra perbaikan supaya goresan bisa tertutup dengan maksimal.

    Langkah paling tepat adalah memperbaikinya langsung di bengkel dan biarkan teknisi bengkel yang bekerja untuk mobil Anda.



    Jadi begitulah cara menghilangkan baret mobil. Semoga bermanfaat buat kita semua!













    Sumber: tunastoyota
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,487
    Likes Received:
    111
    Trophy Points:
    63
    Tergantung baretnya juga sih kalau baretnya dalam banget susah juga kalau cuma pake kompon
    tapi kalau baretnya cuma catnya doang kegores masih bisa pake kompon
     
Loading...

Share This Page