Tips Menghilangkan Baret Pada Helm, Motor, dan Mobil Agan

Discussion in 'Otomotif' started by motionape, Aug 11, 2016.

?

Berguna nggak gan?

  1. Berguna

    100.0%
  2. Kaga gan!

    0 vote(s)
    0.0%
  1. motionape

    motionape Member

    Joined:
    Sep 12, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Hello teman-teman Bersosial,

    Pastinya kalo helm, motor, dan mobil sering dipake untuk harian, mesti aja deh ada kerikil atau benda-benda kecil lainnya yang enggak sengaja kena di helm atau motor/mobil kita.

    Alhasil, bikin baret-baret yang membuat helm/mobil/motor kita jadi enggak cantik lagi :(

    [​IMG]

    Nah ini ada sedikit tips gimana cara menghilangkan goresan-goresan itu.

    1. Cek dulu bro, itu beneran baret apa cuma kotor.

    Nah ini kadang juga sering kejadian, dikira baret, eh tau-taunya dilap pake micro fiber + air hangat cuma kotoran yang nempel (nempel banget, cinta setengah mati sama helm / motor kita :p). Kalo bener kotor doang, bersyukurlah. :D

    2. Cek dulu, kalo beneran baret, baret alus atau baret dalem.

    Nah, kalo kita raba cuma baret alus, bisa lah itu dibenerin. Tapi kalo baretnya udah dalem, ini yang agak susah. :(

    3. Siapkan rubbing compound sama micro fiber
    Alat-alat yang diperlukan cukup rubbing compound sama micro fiber. Kenapa bukan wax? Karena wax tujuannya lebih ke arah memperkilap dan mengembalikan warna asli cat helm dan kendaraan kita.
    Lalu kenapa micro fiber? Ini lap yang sangat halus dan meminimalisir resiko bikin permukaan cat semakin baret. :eek:

    [​IMG]

    4. Oleskan dan gosok bagian baret dengan rubbing compound

    Ambil rubbing compound secukupnya tergantung seberapa panjang baretnya (biasanya sebesar butir kacang aja sudah cukup), lalu oleskan di bagian yang baret-baret. Setelah itu gosoklah dengan micro fiber dengan cara agak ditekan. Diputer atau arah yang sama juga sama aja selama ini ane cobain. ;)

    5. Kalo masih belum begitu hilang, gosok aja 1x lagi

    Nah boleh dilakukan lagi kalo misalkan baretnya masih nakal nempel di situ. Tapi yang perlu diingat adalah jangan menggunakan compund terlalu sering gan, nanti warnanya malah jadi memudar. Kalo sering, sekali-kali jangan lupa di-coating biar warnanya enggak pudar.

    [​IMG]

    Begitulah gan cara menghilangkan baret di helm atau kendaraan kita. Kalo misalkan baretnya dalem atau malah sampe retak, biasanya itu bukan pake rubbing compound, tapi diamplas, didempul, lalu dicat ulang (atau pake Pilox juga bisa). :)

    Semoga informasinya bermanfaat biar helm dan kendaraan agan-agan makin kinclong dan cakep lagi!

    Sumber: Inside Helmet | Cara Menghilangkan Baret Pada Helm dan Motor
     
  2. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    kalok ringan sih masih bisa, tapi kalok baretnya agak banyak ya tetep keliatan
     
  3. motionape

    motionape Member

    Joined:
    Sep 12, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Iya broo, makanya di bagian yang kanan itu masih ada dikit-dikit baret karena terlalu dalem goresannya. Setidaknya yang cilik-cilik bisa dihilangin :D
     
  4. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    haha iya makannya itu, saya dulu juga pernah pakek soalnya :D
     
    motionape likes this.
  5. fatmawati

    fatmawati Member

    Joined:
    Aug 31, 2014
    Messages:
    60
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalo baretnya dalem, lebih baik di dempul terus di spet om :p
     
    arie_plink likes this.
  6. bimo

    bimo New Member

    Joined:
    Dec 17, 2014
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    Wah boleh juga nih caranya, apalagi buat saya sebagai seorang yang menggeluti usaha rental mobil cara ini pasti cukup diperlukan buat tindakan jaga-jaga :D
     
  7. david007

    david007 New Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  8. sutrisno

    sutrisno Member

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  9. motionape

    motionape Member

    Joined:
    Sep 12, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Hehe betul gann, kalo udah ga mempan, dempul udah jawabnya. :D
     
Loading...

Share This Page