Tips Menjadikan Les Privat Matematika Jakarta Lebih Menyenangkan

Discussion in 'Education' started by Guru Les, Oct 27, 2015.

Tags:
  1. Guru Les

    Guru Les Member

    Joined:
    Jul 16, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Buat kalian yang tinggal di Jakarta, kalian tentu sudah sering menemui lembaga bimbingan belajar (bimbel) dengan berbagai nama. Setiap bimbel tentu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan bimbel lainnya. Mulai dari warna khas, nama yang mudah diingat, logo bimbel, dan lain sebagainya. Setiap keunikan tersebut membuat para murid yang mengikuti bimbel menjadi semakin tertarik dan bisa menyarankan bimbel yang diikutinya kepada orang lain. Akan tetapi, hal yang paling menarik adalah ketika keunikan yang dimiliki oleh sebuah lembaga bimbel terletak pada keunikan pengajarnya.

    Mata pelajaran matematika sering dianggap beban oleh sebagian besar murid di Indonesia, karena memiliki rumus yang banyak dan rentetan pengerjaan soal yang membingungkan. Jika kalian merupakan salah satu pengajar matematika di sebuah lembaga les privat, pastikan bahwa Anda telah menguasai mapel tersebut. Selain menguasai mata pelajaran, hal yang patut diperhatikan adalah tentang cara menyampaikan materi. Pengajaran materi yang konvensional dan itu-itu saja akan membuat murid cepat bosan. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat les privat matematika Jakarta makin menyenangkan.

    1. Pastikan bahwa murid Anda memahami konsep sebuah materi. Dalam menyampaikan materi pengajaran, seringkali murid kurang memahami konsep dasar materi tersebut. Penting diketahui bahwa menyampaikan konsep merupakan hal yang utama, sehingga murid tahu arah dan tujuan mereka belajar saat ini. Jangan langsung memberikan sederet atau bahkan setumpuk rumus yang akan membuat murid pusing di awal. Buatlah murid Anda paham terlebih dahulu mengenai hal yang akan dipelajari.

    2. Gunakan hal yang dipahami oleh murid ketika mengajar. Ilustrasi sederhana akan memudahkan siswa dalam memahami sesuatu. Jika perlu, gunakan alat peraga ketika mengajar. Beberapa murid mungkin mengalami kebingungan ketika memahami konsep bangun ruang. Maka, adanya alat peraga menjadi solusi yang tepat ketika menyampaikan materi ini.

    3. Latihan soal dan latihan soal. Usaha yang terus menerus pasti akan membuahkan hasil. Setelah murid paham tentang konsep sebuah materi, tiba saatnya bagi dia untuk membiasakan diri dengan soal-soal latihan. Mulailah dari soal-soal yang sederhana, sehingga dia semakin mantap dalam memahami konsep. Setelah terbiasa dengan soal-soal yang sederhana, naikkan tingkatan soalnya ke level yang agak sulit. Begitu seterusnya hingga si murid mampu menguasai berbagai tingkatan soal. Akan tetapi, itu saja belum cukup. Banyaknya variasi soal terkadang membuat murid kelabakan. Buatlah soal yang beragam untuk siswa yang mengikuti les privat matematika, sehingga dia makin mampu mengerjakan soal. Carilah berbagai jalan dan cara untuk menyelesaikan sebuah soal, sehingga murid makin paham dan mampu mengerjakan semakin banyak soal dengan variasi dan tingkat kesulitan yang berbeda.

    4. Selalu siap ketika murid mengalami kesulitan. Murid akan menyukai guru les privat matematika yang selalu siap saat ditanyai. Kesulitan dan masalah pasti akan dihadapi murid ketika belajar. Di sinilah saatnya bagi Anda sebagai guru untuk mendampingi murid. Bantulah murid Anda sekuat tenaga, sehingga ia makin memahami pelajaran matematika. Murid akan merasa bersyukur ketika sang guru mampu membantunya kapan saja. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa murid tidak seharusnya dimanjakan, karena ia tetap seorang murid yang harus lebih banyak belajar. Kehadiran Anda sebagai pendamping hendaknya seperti orang yang mengajari anak kecil untuk berjalan dengan menggandengnya, bukan menggendongnya. Benar, kan?

    Semoga keempat tips di atas bisa membantu para pengajar les privat matematika Jakarta untuk lebih maju dan bersemangat dalam mengajar, ya!
     
    lasealwin likes this.
  2. santidewi

    santidewi Member

    Joined:
    Oct 1, 2015
    Messages:
    120
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    makasih informasinya
     
  3. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Memangnya guru privat mendapat bayaran brp dari sumbernya? Dpt brp persen?
     
  4. cici utami

    cici utami New Member

    Joined:
    Nov 8, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pembagiannya:
    Guru 70%
    lembaga 30%
     
Loading...

Share This Page