Tips Menjaga kesehatan Setelah Idul Fitri

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, Jun 11, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    41
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Tips Menjaga kesehatan Setelah Idul Fitri


    Idul Fitri sudah usai. Kini waktunya semua bersiap kembali ke rutinitas seperti semula. Tapi setelah lebaran ada satu hal yang perlu diperhatikan, yakni masalah kesehatan. Pasalnya momen lebaran seringkali menjadi momen untuk menyantap berbagai makanan lezat tanpa memperhatikan dampaknya bagi tubuh. Rendang, opor, aneka jerona, tentu bukan bahan makanan yang bersahabat bagi kesehatan tubuh Anda.

    Bagi sebagian orang mungkin memang tak ada salahnya memanjakan diri pada saat lebaran. Namun kembali menjaga kesehatan perlu dimulai sesegara mungkin setelah lebaran. Segera buang kebiasaan makan tanpa memperhatikan asupan gizi dan kolesterol, makan dengan porsi berlebih, hingga banyak mengkonsumsi makanan manis.


    Kembali Bugar Setelah Idul Fitri

    Keluhan perut yang semakin buncit dan celana yang semakin sempit adalah keluhan yang umum didengar usai idul fitri. Kondisi tersebut tak boleh Anda anggap sepele. Kebiasaan makan yang tak sehat pasca idul fitri bisa berpengaruh pada aktifitas sehari-hari. Anda akan jadi lebih mudah lelah dan mengantuk pada saat menjalankan aktifitas di siang hari.

    Bila ingin segera menanggulangi masalah tersebut, cobalah ikuti tips menjaga kesehatan agar kembali bugar pasca Idul Fitri di bawah ini:

    Atur Pola Makan

    Jika Anda membiarkan diri Anda mengkonsumsi makanan apa saja selama idul fitri kemarin, kini saatnya menghentikan kebiasaan itu. Atur kembali pola makan Anda dengan baik. Pastikan tubuh mendapat asupan yang seimbang. Kurangi dulu konsumsi makanan berlemak karena Anda pasti sudah sangat banyak mengkonsumsinya selama lebaran. Perbanyak konsumsi sayur setidaknya 1 minggu pasca perayaan lebaran usai.

    Lengkapi pola makan sehat Anda dengan konsumsi buah-buahan. Buah dan sayur akan membantu mengurangi lemak berlebih di dalam tubuh Anda. Sebisa mungkin hindari dulu mengkonsumsi makanan yang terlalu manis mengingat Anda sudah cukup banyak mengkonsumsinya selama idul fitri kemarin.

    Perbanyak Konsumsi Air Putih

    Idealnya setiap orang dewasa mengkonsumsi 8 gelas atau 1 liter air putih per harinya. Sangat penting untuk mencukupi jumlah tersebut agar kesehatan ginjal dan organ-organ vital lainnya dalam tubuh senantiasa terjaga. Setelah lebaran mungkin Anda perlu menambah jumlah asupan air putih bagi tubuh.

    Tambahan jumlah konsumsi air putih dimaksudkan untuk membersihkan darah dari tumpukan lemak dan lain-lain yang mungkin tertimbun pasca idul fitri. Seperti diketahui timbunan lemak berlebih dapat memicu timbulnya berbagai penyakit.

    Rutin Berolahraga

    Jika sebelum Idul Fitri Anda sempat rutin berolahraga, maka sudah waktunya mengembalikan rutinitas tersebut. Sementara bagi Anda yang belum terbiasa berolahraga secara rutin, sudah waktunya memaksakan diri untuk rutin berolahraga. Olahraga 30 menit setiap harinya sudah lebih dari cukup untuk menjaga kebugaran tubuh.

    Pasca Idul Fitri olahraga rutin tentu saja sangat disarankan untuk mengembalikan tubuh Anda ke berat idealnya. Anda bisa melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jogging, senam, dan lain-lain. Ajak serta anggota keluarga agar olahraga jadi terasa menyenangkan.

    Kebiasaan menjaga kesehatan seperti yang disebutkan di atas bisa Anda jadikan pola hidup permanen, bukan hanya saat usai merayakan Idul Fitri saja. Tanamkan dalam benak Anda bahwa menjaga kesehatan usai lebaran seperti ini bukan hanya dimaksudkan untuk mengembalikan bentuk tubuh. Menjaga pola makan, rutin berolahraga, dan lain-lain sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan seluruh organ vital tubuh. Walau mungkin terasa berat di awal, manfaat yang dirasakan akan sangat luar biasa.
     
Loading...

Share This Page