Tips Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tidak Mudah Keropos

Discussion in 'Health & Medical' started by #DR26, Apr 15, 2016.

  1. #DR26

    #DR26 Member

    Joined:
    Apr 7, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Tulang memiliki peran penting bagi tubuh kita yaitu untuk membentuk struktur tubuh, melindungi organ, menahan otot dan menyimpan kalsium. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tulang kita agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Namun seiring bertambahnya usia seseorang, maka berdampak pada kesehatan tulang pada tubuhnya. Nah salah satu masalah kesehatan yang paling umum menyerang tulang adalah tulang keropos (osteoporosis). Tulang keropos selalu mengintai manusia sewaktu usia diatas 50 tahun. Setidaknya 1 dari 4 pria dan 1 dari 2 wanita yang berusia diatas 50 tahun rentan terhadap patah tulang karena memiliki tulang keropos.

    [​IMG]

    Selain karena faktor usia, tulang keropos juga dapat terjadi karena perilaku hidup yang kurang baik seperti sering merokok, sering minum alkohol, sering mengkonsumsi minuman berkafein, dan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi serta kurang berolahraga. Namun tenang saja karena tulang keropos ini dapat dicegah dengan beberapa hal seperti :​

    1. Banyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi terutama makanan yang membangun kepadatan tulang seperti yoghurt dan susu.
    2. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena sinar matahri pagi adalah sumber viramin D yang baik untuk tulang.
    3. Meninggalkan kebiasaan buruk seperti tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan berkafein serta sebaiknya kurangi konsumsi garam berlebihan.
    4. Rutin berolahraga nerupakan salah satu tips mudah untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah keropos. Olahraga yang bisa anda lakukan seperi berjalan atau berlari pagi.
    5. Apabila anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya anda harus berthati-hati karena beberapa obat-obatan tertentu dapat memicu resiko patah tulang.
    6. Bila tulang-tulang anda terasa kaku, sebaiknya anda melakukan peregangan minimal 5 minta untuk melakukan peregangan tersebut.
    Nah itulah beberapa tips untuk mencegah tulang keropos. Dan bila anda sudah terlanjur memiliki riwayat tulang keropos, anda sebaiknya segera mengatasi tulang keropos tersebut agar tidak patah.

    Sumber : http://obattulangkeropos.com/2015/08/08/tips-menjaga-kesehatan-tulang-agar-tidak-mudah-keropos/
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Jaga konsumsi makanan buah dan sayur terus harus selalu berolahraga teman.
    Salam olahragawan
     
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    jangan sembarangan makan makanan,,apalagi banyak mengandung penyedap
     
  4. #DR26

    #DR26 Member

    Joined:
    Apr 7, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    iya olahraga memang sangat penting untuk kesehatan tubuh *bagus*
     
  5. #DR26

    #DR26 Member

    Joined:
    Apr 7, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    makasaih den untuk tambahan nya *halo*
     
  6. edgar

    edgar Guest

    di usia tua memang ostreoporosis sangat berbahaya
     
  7. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Osteoporosis memang menjadi salah satu masalah kita terutama yang sudah lanjut usia, nah, mumpung masih di berikan kesempatan untuk menjaga kesehatan, lebih baik di cegah sedini mungkin, beberapa langkah sudah di sampaikan di atas dan kalau boleh menambahkan jangan merokok, bagi yang sudah terbiasa yah,, mendingan ada usaha untuk berhenti demi kesehatan*bergaya*
     
Loading...

Share This Page