Tips Menjaga Pola Pikir Kreatif

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Agam Nur Pratama, Jan 26, 2016.

  1. Agam Nur Pratama

    Agam Nur Pratama New Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Pola pikir kreatif adalah suatu pemikiran positif yang membuat seseorang terus berkembang, memaksanya untuk menciptakan sebuah karya, dan memungkinkan seseorang menghasilkan inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.

    Kreatifitas memberikan manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat luas, berfikir kreatif pada dasarnya adalah kunci kesuksesan manusia didunia (Manusiawi). Pola pikir kreatif sangat dibutuhkan terutama untuk mencari peluang baru yang menghasilkan ditengah-tengah persaingan pasar.

    Lalu, bagaimana cara kita menjaga pola pikir kita agar terus kreatif seperti seharusnya. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan.


    Tips Menjaga Pola Pikir Kreatif

    1. Terus Berkarya

    Sebuah karya yang besar berawal dari karya-karya kecil yang terus dikembangkan oleh penciptanya. Dari banyaknya karya yang diciptakan, seseorang mulai memperbaikinya dan terciptalah inovasi baru yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas.

    Teruslah berkarya, jika anda bisa menulis maka menulislah, jika anda bisa menciptakan sebuah lagu maka ciptakanlah, apapun yang anda buat asalkan itu bermanfaat bagi anda dan banyak orang maka lakukanlah. Dengan begitu anda akan terus berkembang dan diakui oleh masyarakat luas, dari situlah karya anda akan dihargai.


    2. Berhenti Membandingkan Diri

    Membandingkan diri dengan orang lain sama dengan menghina diri anda sendiri, pada dasarnya membandingkan diri adalah akar dari mengeluh. Mengeluh hanya akan mempersempit gerakan anda, bahkan dalam beberpa kasus dapat mematikan rasa semangat dalam diri.

    Lihatlah kesuksesan seseorang sebagai motivasi bukan ajang untuk mengeluh, katakan pada diri anda sendiri Jika dia bisa melakukannya, kenapa saya tidak?! dengan begitu sistem otak akan memaksa tubuh untuk melakukan sesuatu.


    3. Hilangkan Rasa Minder

    Apa yang anda pikirkan saat mendengar kata minder? Yah, rasa percaya diri yang hilang karena suatu alasan. Jadi Apa alasan anda minder? Silahkan jawab sendiri dalam hati anda.

    Bakat memang alami tetapi keahlian harus dicari lewat belajar. Banyak orang yang sejak lahir pandai menggambar, namun tidak ada orang yang tiba-tiba mahir menggunakan CorelDRAW saat pertama kali menggunakannya.

    Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil, tidak usah minder dengan hasil karyamu apabila anda adalah seorang pemula. Biarkan seseorang yang lebih profesional memberikan kritik dan sarannya, itu akan membuat anda terus berkembang.


    4. Mempelajari Hal Baru

    Jangan malas membaca, jangan malas belajar, dan pada intinya JANGAN MALAS!!

    Jika anda terus di kota Purwokerto, anda tidak akan tahu bagaimana kondisi kota Surabaya. Jika anda terus mengurung diri didalam kamar, anda tidak akan pernah tahu kondisi diluar rumah. Mungkin begitu istilahnya.

    Ingat, mempelajari hal baru memberi kesempatan kita untuk mencoba peluang baru, dan peluang baru memberi kesempatan kita untuk menciptakan inovasi baru.


    5. Berada Disekitar Orang Kreatif

    Tebar senyuman dan rangkulah teman, terima saja apa adanya, hidup tak untuk selamanya, DUNIA! - sepenggal lirik dari Closehead. Tidak ada batasan untuk mencari seorang teman, Namun anda harus pandai memilih teman mana saja yang harus kita contoh.

    Bagaimana seorang remaja kecanduan narkoba? Alasan terbaiknya adalah karena teman dekatnya juga menggunakan narkoba lalu menyarankan dirinya untuk mencobanya.

    Begitu juga apabila kita terus berada disekitar orang kreatif, Apa yang akan terjadi? Jawaban terbaiknya adalah kita juga akan menjadi salah satu orang yang kreatif karena mau tidak mau kita akan belajar banyak dari mereka.


    6. Mencintai yang Anda Lakukan

    Apakah anda pernah mencintai seseorang? saya tidak sedang bertanya bagaimana akhirnya, namun bagaimana perasaan anda ketika cinta itu diterima?

    Sama halnya apabila anda mencintai apa yang anda lakukan, anda akan lebih bahagia, lebih produktif, dan yang paling penting adalah lebih positif dalam berfikir.

    7. Jangan Cepat Puas

    Rasa puas akan membuat kita merasa nyaman dan berhenti melakukan sesuatu. Besyukurlah dengan apa yang anda miliki sekarang namun teruslah berkarya walau anda sudah berada dipuncak. Kita tidak boleh puas dengan ilmu yang kita miliki, kita harus belajar dan terus belajar.

    Sukses adalah guru yang buruk, itu hanya membuat orang yang pintar berfikir bahwa mereka tidak akan pernah gagal - Bill Gates (Owner Microsoft)

    Jadi, berhati-hatilah dengan rasa cepat puas diri. Dengan begitu saya nyatakan "Cepat Puas" adalah penyakit kedua yang paling berbahaya setelah "Malas".


    8. Tenangkan Pikiran Sebelum Bekerja

    Jika anda dalam keadaan penat, hentikan apa yang anda lakukan saat itu juga. Masalah atau stres yang mendominasi pikiran hanya akan mempersulit kita dalam berfikir dan memperlambat kinerja tubuh. Apapun yang anda lakukan saya yakin tidak akan maksimal.

    Apakah anda akan bekerja dengan keadaan seperti itu? Sekarang juga, perbaiki MOOD anda dengan bersosialisasi, berlibur, duduk sejenak menikmati kopi atau apapun yang membuat pikiran anda merasa lebih tenang.

    Dengan pikiran yang tenang, inspirasi akan lebih mudah anda dapatkan.


    9. Jangan Hanya Menikmati

    Apakah anda tidak bosan dengan diri anda sendiri yang setiap harinya terus menikmati karya-karya orang lain? Mereka sama seperti anda, memakai baju yang sama, otak yang sama, tubuh yang sama, makanan yang sama, dan segala sesuatu yang relatif sama, bahkan banyak orang yang maaf "cacat" sukses karna karya-karyanya.

    Apakah anda tidak berfikir untuk membuat sebuah karya yang sama atau bahkan lebih dari mereka? Mulailah belajar dari mereka dan buatlah sebuah karya yang mungkin saja karya tersebut akan merubah hidup anda. STAY CREATIVE AND KEEP SPIRIT!

    Sumber informasi langsung dimari www.teoridesain.com
     
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    intinya itu berpikir positif ............
     
    Agam Nur Pratama likes this.
  3. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Susah tips yang ini gan, gmn ya :(
     
  4. Mas Paidi

    Mas Paidi Member

    Joined:
    May 10, 2014
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ulasannya mantab gan.. yang penting bisa tetap kreatif ...
     
    Agam Nur Pratama likes this.
  5. Malik Abimanyu

    Malik Abimanyu Member

    Joined:
    Jun 23, 2014
    Messages:
    279
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Bagus threadnya gan, cocok buat para designer logo yang baru terjun :D
     
    Agam Nur Pratama likes this.
  6. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Pola pikir yang kreatif itu dibangun dari kerja keras dan ketekunan. Dan didasari oleh niat yang tulus tentunya.
     
    Agam Nur Pratama likes this.
  7. B4yu

    B4yu Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    71
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    udah saya lakuin tuh . tapi tetep aja belum terlalu manjur . ada saran lain ? yang nomor 8 apalagi . saya bingung gimana cara nya biar nggk stress *depresi2*
     
    Agam Nur Pratama likes this.
  8. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    bagus nih, emang masih ada beberapa poin yang belum terpenuhi tapi tetap berusaha lakukan yang terbaik
     
    Agam Nur Pratama likes this.
  9. Agam Nur Pratama

    Agam Nur Pratama New Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Stress itu ada sebabnya gan, salah satunya masalah. Solusi terbaik biar ngga stres ya menyelesaikan masalah tersebut gan *keren2*
     
  10. Agam Nur Pratama

    Agam Nur Pratama New Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    P
    Persisi ane gan , kalo liat orang jelek pasti ane bandingin "ane ganteng, dia jelek. kasian banget" wkwkwk *malu1**ketawa1*
     
  11. aa online

    aa online Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    606
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah bagus juga tuh tipsnya gan hehehe :D
     
  12. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    sudah pernah saya lakukan tuh... :(:( ada saran yang lain gak:(:(
     
  13. Agam Nur Pratama

    Agam Nur Pratama New Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Beneran udah semua gan? Masa iya gak ada perubahan sama sekali.. emm apaya? bentar deh mikir ..:rolleyes:
     
Loading...

Share This Page