Tips Merawat Kolam Renang Agar Airnya Tetap Bersih

Discussion in 'General Discussion' started by Cecep Suparman, Nov 29, 2020.

  1. Cecep Suparman

    Cecep Suparman New Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jika Anda memiliki kolam renang kemudian ingin melakukan perawatan, Anda bisa menggunakan layanan jasa service kolam renang Jakarta. Perawatan memang sangat perlu dilakukan oleh orang yang sangat ahli karena bisa menimbulkan sesuatu yang tak diinginkan.

    Untuk perawatan kolam renang sendiri harus dilakukan secara konsisten baik dengan cara memberikan obat-obatan atau menjaga sirkulasi airnya. Perawatan ini perlu dilakukan supaya kolam renang tetap bersih dan terhindar dari lumut ataupun jamur.

    Cara Merawat Kolam Renang

    Sebenarnya untuk perawatan kolam renang itu sangat mudah dilakukan, hanya saja Anda tetap tidak akan melakukannya jika Anda adalah orang yang sibuk. Nah di bawah ini adalah beberapa tips untuk Anda tentang cara merawat kolam renang.

    1. Menjaga pH Tetap Stabil

    Pastikan air di dalam kolam renang Anda memiliki tingkat keasaman atau pH yang stabil. Sebenarnya kadar pH itu cenderung stabil, hanya saja jika ada penambahan atau pengurangan air akan berubah. Misalnya ketika air kolam renang Anda terkena air hujan.

    Apa yang harus dilakukan jika pH air di dalam kolam renang Anda tidak stabil?

    Jika pH airnya di atas ideal, Anda bisa menurunkannya dengan menambahkan Asam Klorida (HCl) sedikit demi sedikit. Jika pH berada di bawah ideal, Anda bisa menambahkan Soda Ash secara perlahan. Tambahkan kedua bahan tersebut secara tepat hingga pH air kembali ideal.

    2. Jaga Kadar Kaporit Supaya Stabil

    Perawatan kolam renang yang lainnya adalah menjaga kadar kaporit supaya tetap stabil. Anda harus mengeceknya setiap hari. Biasanya kadar kaporit akan berkurang jika ada penambahan air dan penguapan oleh sinar matahari.

    Oleh sebab itu sebaiknya menambahkan kaporit di waktu sore atau malam hari. Kadar kaporit yang tinggi juga akan membuat mata Anda terasa perih.

    Jika kolam renang yang Anda miliki itu bersifat umum dan selalu ramai pengunjung. Pastikan untuk menjaga kadar kaporit di siang maupun malam hari. Karena demi menjaga kenyamanan mereka ketika sedang berenang.

    3. Jaga Sirkulasi Kolam Renang
    Perawatan lain yang harus Anda lakukan adalah sirkulasi airnya. Perawatan ini harus dilakukan setiap hari supaya kejernihan dan kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

    Setiap harinya Anda harus menjaga sirkulasinya dengan baik supaya kotoran bisa tersaing. Selain itu kandungan oksigen yang ada di dalam air juga bisa cukup.

    Jika Anda memiliki kolam renang minimalis dan digunakan untuk pribadi, pastikan untuk mengecek sirkulasi udara setiap 6 jam sekali. Semakin lama air disirkulasi, maka akan semakin baik.

    Sementara untuk kolam renang yang besar atau kolam renang umum yang sangat ramai pengunjung, Anda bisa mengecek sirkulasi setiap 12 jam perhari.

    4. Rutin Divakum
    Debu-debu yang menempel pada keramik lantai kolam renang tentu saja harus rutin dibersihkan. Untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan cara divakum. Sementara untuk keramik dinding bisa membersihkannya dengan cara disikat yang berbahan plastik.

    Anda bisa membersihkan keramik lantai kolam renang dengan Vacum Cleaner setiap dua minggu sekali. Atau Anda juga bisa menyesuaikannya dengan tingkat kekotorannya. Mungkin Anda harus membersihkannya setiap hari di pagi hari jika kolam renangnya bersifat umum dan ramai pengunjung.

    5. Membersihkan Sand Filter Secara Berkala
    Sand Filter memiliki peranan yang sangat penting untuk sirkulasi air kolam renang. Oleh sebab itu Anda juga harus melakukan perawatan pada alat tersebut. Untuk membersihkan Sand Filter ini Anda bisa menggunakan alat yang disebut dengan Backwash.

    Minimal Anda harus membersihkan sand filter ini sebulan sekali atau tergantung dengan tingkat kekotorannya. Jika sand filter sering kotor, Anda harus lebih sering untuk membersihkannya.

    6. Menanam Pohon Di Sekitar Kolam
    Pertumbuhan alga dan lumut di kolam renang bisa kita minimalisir dengan pepohonan. Karena alga dan lumut ini kurang begitu bersahabat dengan yang berwarna kehijau-hijauan.

    Pepohonan ini juga sangat berguna untuk mengurangi kadar sinar matahari yang masuk ke dalam kolam renang. Sehingga kolam renang Anda akan rimbun dan akan terlihat nilai estetisnya. Mungkin Anda juga akan lebih nyaman berada di kolam renang.

    Perawatan di atas memang harus sering Anda lakukan secara konsisten supaya kolam renang Anda tetap baik. Jangan sampai Anda teledor hingga harus melakukan service baik itu filternya yang rusak, atau kerusakan lainnya. Tapi jika sudah ada yang mengalami kendala, Anda bisa langsung menggunakan jasa service.

    Nah untuk Anda yang ingin menggunakan jasa service kolam renang Jakarta bisa menggunakan layanan dari perusahaan yang memberikan layanan tersebut.
     
Loading...

Share This Page