Tips Mudah Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak

Discussion in 'Otomotif' started by Faniditya Ramadhan, Nov 13, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Salah satu asuransi yang kini bisa dibilang cukup penting untuk dimiliki adalah asuransi kendaraan. Dengan memiliki asuransi kendaraan, otomatis kendaraan Anda akan terlindungi dari berbagai risiko yang di jalanan dengan menggunakan produk asuransi yang tepat. Namun, terkadang masih banyak para pemegang polis asuransi mengalami masalah pada saat proses klaim asuransi kendaraan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, simak selengkapnya artikel berikut ini.

    Segera Hubungi Pihak Asuransi Saat Terjadi Kerusakan Pada Mobil Anda

    Bila terjadi sesuatu yang buruk pada mobil Anda, harus segera Anda tangani dengan langsung menghubungi pihak perusahaan asuransi mobil Anda. Biasanya syarat pelaporan maksimal adalah 3 x 24 jam pasca kejadian.

    Maka dari itu, Anda sebaiknya secepat mungkin melapor, agar tidak terlambat. Laporan tersebut tentunya akan mempermudah Anda mengajukan klaim asuransi dan proses survei sebagai salah satu prosedur. Anda juga harus menjelaskan kepada pihak perusahaan asuransi secara detail kronologi kejadian yang di alami, sehingga mereka mengerti dan jelas.

    Jelaskan Kronologi Kejadian Secara Detail

    Saat pengajuan klaim asuransi mobil, Anda juga akan diminta oleh pihak asuransi untuk menjelaskan kronologi sebuah peristiwa secara detail. Bahkan, tidak hanya itu saja, Anda juga perlu menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin saja dilontarkan pegawai asuransi bagian klaim tersebut.

    Oleh karena itu, pastikan Anda dapat memberikan informasi mengenaik kronologi kejadian secara detail dan lengkap. Pastikan juga Anda dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukn tersebut dengan baik. Jadi, Anda harus mengingat betul bagaimana kronologi kejadian, lokasi, waktu kejadian, posisi pengemudi mobil ketika kejadian, dan lain sebagainya untuk memudahkan proses klaim asuransi mobil Anda.

    Berikan Bukti yang Jelas Saat Proses Klaim Asuransi

    Anda juga diwajibkan untuk memberikan bukti-bukti yang jelas saat proses klaim asuransi mobil Anda.. Dengan menunjukkan bukti-bukti tersebut menandakan bahwa Anda tidak mengada-ada terhadap sebuah peristiwa kecelakaan untuk mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

    Bukti kecelakaan bisa Anda tunjukkan melalui foto badan (body) mobil yang penyok, menunjukkan bukti CCTV, dan beberapa bukti lainnya. Selain itu, bukti-bukti tersebut juga dapat menjadi bahan laporan ke pihak yang berwajib (polisi) bila memang terjadi tindakan kriminal.

    Serahkan Dokumen yang Diperlukan dengan Lengkap

    Pastikan juga saat Anda mengajukan klaim asuransi mobil, Anda menyerahkan beberapa dokumen yang diperlukan dengan lengkap.

    Dokumen-dokumen yang diserahkan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan klaim Anda dan berdasarkan kejadian. Mulai dari formulir pengajuan klaim, surat keterangan dari kepolisian, fotokopi polis asuransi mobil, fotokopi KTP dan SIM, dan lain sebagainya.

    Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan proses klaim asuransi kendaraan Anda. Pastikan beberapa langkah di atas Anda penuhi untuk mempermudah proses klaim asuransi kendaraan yang Anda ajukan.
     
  2. graficurl

    graficurl Member

    Joined:
    Mar 9, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page