Tips Mudah Buat Kolam Renang Pribadi di Halaman Rumah!

Discussion in 'Arsitektur' started by Imam Hermawan, May 21, 2019.

  1. Imam Hermawan

    Imam Hermawan New Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]



    Berenang memang menjadi salah satu jenis cabang olahraga yang sangat menyenangkan, apalagi jika kita punya kolam renang pribadi. Pasti lebih menyenangkan dan tenang dan juga untuk beberapa orang adanya kolam renang sendiri menjadi salah satu hal yang meningkatkan nilai dan juga estetika sebuah properti.

    Walau demikian, kebanyakan orang beranggapan adanya kolam renang tentu sejalan dengan halaman yang luas. Padahal tidak selalu loh, di beberapa rumah model minimalis saat ini juga bisa dielngkapi edngan kolam renang ukuran kecil yang ada di halaman rumahnya.

    Kamu bisa membuatnya hanya sebagian dari luas halamanmu, sebagai contoh kita ambil 3x4 meter halaman rumah kamu bisa dijadikan kolam renang pribadi. Dan tempat paling strategis untuk membuat kolam renang biasanya ada pada bagian sudut rumah ataupun di halaman belakang rumah.

    Untuk membuat rumah tetap terlihat besar dan megah, kamu bisa memanfaatkan jendela ukuran besar yang menghadap langsung ke area kolam renang agar memberikan kesan luas dan lapang. Tapi bagaimana dengan cara membuat kolam renang itu sendiri? simak artikel dibawah ini untuk tipsnya.

    CARA BUAT KOLAM RENANG PRIBADI
    Mungkin beberapa orang beranggapan untuk membuat project kolam renang pribadi itu pasti harganya mahal, tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak jasa kontraktor yang akan membantumu untuk membuat kolam renang pribadi di rumah dengan harga yang sesuai dengan kocek kantung kamu!
    Cobalah kunjungi http://rekonstruksi.com dan anda akan mendapatkan layanan kontraktor terbaik dengan harga bersahabat.

    Baca juga artikel ini:
    Sistem Kerja Kontraktor Cost and Fee

    1. Buatlah Sketsa Dasar Kolam Renang

    [​IMG]

    Membuat sketsa dasar kolam renang menjadi hal pertama yang harus kamu perhatikan periksa terlebih dahulu ukuran kolam renang yang akan dibuat dengan adanya lahan kosong dirumah. Jika lahan ternyata tidak cukup luas, jangan paksakan untuk membuat kolam yang besar karena akan mengurangi estetika dan keindahan rumah itu sendiri.

    Setelah itu, sesuaikan tema dan konsep rumah dengan kolam renang agar seluruh komponen rumah kamu saling melengkapi satu sama lainnya.

    2. Atur Kedalaman Air

    Setelah membuat sketsa dasar, hal yang harus memperhatikan fisik dan bentuk dari kolam renang, salah satunya adalah tingkat kedalaman air dari kolam renang pribadi kamu. Pada umumnya untuk kolam renang ukuran dewasa, memiliki kedalaman air sekitar 1,2 meter hingga 2 meter. Untuk anak-anak biasanya berkisar di 0.5 meter. Bila dirumah kamu ada ank anak kamu bisa siasati dengan penggabungan dua sisi dengan memakai ramp (kemiringan) sebagai pemisah dengan kolam satunya.

    2. Buatlah Konstruksi Lantai dan Dinding

    Jika kamu sudah melakukan hal tersebut hal selanjutnya adalah dengan menggali untuk membuat dasar kolam renang untuk dapat membuat konstruksi lantai dan dinding kolam renang. Kegiatan ini cukup sulit dilakukan jika sendiri, jadi kamu bisa meminta bantuan kepada seorang arsitek yang ahli pada bagian agar project pembuatan kolam renangmu akan menjadi lebih lancar. Jika kamu tidak lakukan, dikhawatirkan kalau kolam renang kamu akan mudah rusak di waktu depan nanti dan akan menjadi masalah besar.

    3. Lantai Kolam

    Setelah sudah selesai melakukan pemasangan baja pada lantai dasar kolam renang, kemudian gunakan beton sebagai bahan dasar lantai kolam renang, untuk itu kamu bisa bekerja sama dengan pihak kontraktor untuk mengerjakan hal tersebut, setelah itu kamu bisa tambahkan waterproofing coating untuk menjaga daya tahan beton dan juga mencegah kebocoran air dengan beton.

    4. Penutup Dinding

    Lakukan hal serupa pada lantai di dinding kolam renang pribadimu. Gunakan beton sebagai bahan dasar dan tambahkan kembali waterproofing coating untuk menjaga agar beton dan kolam renangmu lebih tahan lama dan juga kuat.

    5. Pilih Keramik

    Untuk keramik pada kolam renang pilihlah dengan bahan dasar yang cenderung kasar dan tidak licin seperti yang ada di kamar mandi, ataupun di dapurmu.

    6. Pilih Waktu Pembuatan Kolam Renang yang Tepat

    Hal terakhir adalah kamu harus pastikan membuat kolam renang di waktu yang tepat. Pemilihan waktu bisa dilakukan di musim panas ataupun kemarau. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan. Melakukan pengerjaan saat musim panas atau kemarau dapat mempercepat dan mempermudah kamu, udara panas dan sinar matahari tentu akan sangat membantu untuk proses pengeringan dari pembuatan kolam renang kamu.
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,196
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Ada angan-angan untuk membuat kolam renang pribadi, tapi tempatnya tidak memadai*huh*
    Kalau dikampung tempatnya luas, mungkin pas masa tua nanti saya buat kolam renang di kampung
     
Loading...

Share This Page