Tips Mudah Meredakan Nyeri Haid Secara Cepat

Discussion in 'Health & Medical' started by nida, Feb 24, 2016.

  1. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Haid atau Menstruasi merupakan salah satu rutinitas yang di alami oleh para wanita setiap bulannya. Namun pada saat mengalami haid, wanita sering kali mengeluh mengalami nyeri, pegal-pegal, mual dan juga sakit perut. Dan tak jarang menyebabkan rutinitas kesehariannya menjadi terganggu. Tak sedikit para wanitapun mencari cara mengobati nyeri haid yang tepat untuk mengatasi nyeri haid yang mereka derita.

    Apakah berbahaya?


    Nyeri haid sendiri dapat di kategorikan normal ataupun tidak berbahaya, jika nyeri haid tidak berkepanjangan dan hanya di alami pada hari-hari pertama mengalami haid. kondisi tersebut dapat di sebabkan akibat dampak dari rangasangan zat prostaglandin yang di hasilkan oleh tubuh aliran yang keluar deras . Namun, nyeri haid dapat di kategorikan juga sebagai gejala yang tida normal ataupun berbahaya, jika nyeri yang di alami saat nyeri haid berlebihan dan berkepanjangan. Pada umumnya nyeri haid yang di kategorikan berbahaya disebabkan oleh endometriosia (kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita), infeksi kronik genitalia interns, tumor, dan kelainan lainnya. Kondisi ini perlu penanganan segera, agar tidak memperburuk kondisi sang wanita.

    Namun selain mengatasinya dengan meminum obat yang dapat medakan rasa nyeri, anda juga dapat melakukan beberapa tips alami dan mudah untuk meredakan nyeri haid tersebut, yang di antaranya adalah sebagai berikut.

    1. Mengompres perut bagian bawah dengan air hangat

    Apabila anda mengalami nyeri yang tak tertahankan, anda dapat mengompres perut bagian bawah anda dengan air hangat, dengan cara menempelkan botol yang berisi air hangat pada perut, ataupun dengan handuk yang telah di basahi dengan air hangat sebelumnya. Cara ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot di sekitar peut menjadi rikleks dan nyeripun dapat berkurang.

    2. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi


    Wanita rentan mengalami anemia atupun kekurangan sel darah merah saat mengalami menstruasi. Sehingga tubuh merekapun menjadi lemas dan tak jarang mengalami nyeri haid. Untuk itu, sangat di sarankan untuk wanita yang mengalami datang bulan mengonsumsi makanan yng mengandung zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, dau singkong , ubi merah, hai ayam, untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka saat mengalami haid.

    3. Istirahat yang cukup

    Dengan beristirahat yang cukup, setidaknya 7 jam di waktu malam dan juga meluangkan waktu untuk tidur siang selama 1 jam, dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi.

    4. Menungging

    Hal ini bermanfaat untuk membantu tubuh rileks. Agar pada saat nyeri haid, rahim dapat tergantung ke bawah, dan rasa nyeri haidpun akan berkurang.

    5. Mandi air hangat

    Hal ini dapat membantu tubuh menjadi rileks, sehingga rasa nyeri saat haidpun akan berkurang.

    6. Hindari pakaian ketat

    Pakaian yang terlalu ketat tentu saja sangat mengganggu kenyamanan terlebih ketika saat mengalami nyeri haid. Untuk itu, gunakan pakaian yang longgar saat menstruasi sehingga tidak mengganggu ruang gerak dalam beraktifitas.

    7. Kunyit asam

    Selain dengan tips meredakan rasa nyeri haid yang telah di bahas sebelumnya, mengonsumis kunyit asam juga dapat anda konsumsi untuk meredakan nyeri haid. Selain itu, kunyit asam juga dapat menambah kebugaran tubuh. Kunyit asam bubuk kini dapat nda dapatkan di berbagai toko jamu, sehingga anda hanya tinggal menyeduhnya. Namun apabila anda ingin membuat ramuan kunyit asam sendiri di rumah juga sanga bisa. Bahan untuk membuat jamu inipun dapat anda dapatkan dengan harga yang terjangkau. Caranya parut kunyit, lalu peras dan ambil sarinya. Setelah itu tambahkan sedikit asam juwa dan juga gula merah. Rebus hingga mendidih dan angkat. Jamu kunyit asam ini dapat di minum selagi hangat yang bisa mengurangi nyeri saat datang bulan.

    Semoga tips yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini, dapat bermanfaat untuk anda!
     
    Last edited: Feb 24, 2016
  2. Leni Fitriani

    Leni Fitriani Member

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    211
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    wahhh .. bener nih, saya sering merasa gitu kalau lagi haid, terima kasih atas infonya
     
  3. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Saya cowok jadi gak ngerti haid,,,,! Tapi keterangan diatas "menungging" sangat sulit untuk orang gemuk,,,!
     
  4. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    sama-sama, semoga dapat membantu mbak :)
     
  5. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    orang gemuk, sulit yah untuk menungging ?*bingung*bisa ganti posisi mungkin gan dengan tengkurep yang di ganjal pake bantal gan :D
     
    Last edited: Feb 24, 2016
  6. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
  7. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    tapi agan kan punya ibu, istri ataupun adik cewe, jai harus tau juga gan :D
     
  8. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Ibu sama adik cewek sih punya, istri ya belon ada:( harus tau aja apa harus tau banget?:D
     
  9. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    harus tau banget dong den :D
     
  10. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Iya saya setuju sis.. betul banget tuh :D
     
  11. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Alesannya harus tau banget? Cowok emg harus tau banget ya soal haid cewek?:D:D
     
  12. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    iya kan agan nanti kan adi kepala keluarga. kalau istrinya nanti kesakian pas haid kan agan biasa jadi suami yang siap siaga :D
     
  13. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Bener juga yaa:D jadi ntar ane harus ngopres perutnya? harus nunggingin orangnya? harus mandiin pake air anget? dan harus ngasih kunyit asam buat dia konsumsi gitu?:D
     
  14. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    bisa jadi,bisa jadi :D
     
  15. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Pake postan bro , ------------------------
     
  16. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Udah kayak acara tv dulu aja yah:D
     
  17. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    emang ada ya gan? :D
     
  18. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    maaf postan itu apa ya? *bingung*
     
  19. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Ada, yg itulooohhh di tv antv:D
     
  20. adi win

    adi win New Member

    Joined:
    Jul 19, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page