Tips Sebelum Berinvestasi (Deposito)

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by ferdianet, Sep 29, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ferdianet

    ferdianet Member

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    321
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    28
    Menjadikan deposito berjangka sebagai investasi tentu harus memperhatikan beberapa hal demi kenyamanan dan kepuasan yang diperoleh dari investasi itu sendiri. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih bank mana yang cocok untuk investasi deposito:

    1. Perhatikan Nama Baik Bank

    Nama baik bank menjadi acuan penting bagi nasabah sebelum berinvestasi dalam bentuk deposito. Pilihlah bank yang memiliki standar pelayanan yang baik, dan pilihlah bank yang memiliki kesehatan perbankan dari Bank Indonesia (BI). Pada intinya, pilihlah bank yang telah memiliki nama dan perjalanan dalam pelayanan yang baik.

    2. Jangan Tergiur dengan Bunga Tinggi

    Bunga tinggi adalah salah satu hal yang menggiurkan, namun berhati-hatilah terhadap bank yang menawarkan bunga deposito yang terlalu tinggi hingga di atas tingkat suku bunga penjaminan dari Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

    3. Cari Bank dengan Suku Bunga yang Unggul

    Berinvestasi tentunya menginginkan bunga yang unggul. Maka dari itu lakukanlah survey untuk melihat perbandingan suku bunga yang diberikan antara satu bank dengan bank yang lainnya unutk membandingkan suku bunga keduanya. Tetapi tetap memperhatikan tingkatan suku bunga yang ditawarkan dengan kebijakan Bank Indonesia (lihat tips ke-2).

    4. Periode Deposito

    Secara logika, semakin lama jangka waktu yang diberikan maka semakin besar suku bunga yang didapatkan. Perhatikan jangka waktu yang ditawarkan oleh pihak bank dan pilihlah jangka waktu yang tepat sesuai dengan pertimbangan yang matang.

    5. Ketentuan Deposito

    Membandingkan ketentuan yang dimiliki oleh bank adalah salah satu tips memilih bank yang baik untuk berinvestasi. Pilihlah bank yang memang memberikan ketentuan yang mudah dan tidak memberatkan nasabah.

    6. Utamakan Aspek Kesehatan Bank

    Tetaplah utamakan aspek kesehatan bank, jangan mudah tergiur dengan promosi yang dilakukan bank tersebut. Terutama dengan promosi suku bunga tinggi dan biaya administrasi yang rendah.

    Saran!

    Mengingat bahwa deposito berjangka akan memberikan sanksi bagi investor yang menarik atau mencairkan uangnya sebelum jatuh tempo, maka janganlah menginvestasikan semua uang atau kekayaan yang Anda miliki. Hal ini untuk menjaga saat kita memiliki kebutuhan yang secara tiba-tiba tanpa direncanakan, ada baiknya berinvestasi secara bertahap.

    Semoga bermanfaat :)
    Sumber
     
    lasealwin likes this.
  2. jshikamaru

    jshikamaru Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    263
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kesehatan lembaga perbankan harus menjadi tolok ukur utama dalam pertimbangan nasabah ketika memilih layanan deposito berjangka
     
    lasealwin likes this.
  3. Yayan Casper

    Yayan Casper Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    679
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    saya kurang paham main ginian :(
     
    lasealwin likes this.
  4. Zetha Indonesia

    Zetha Indonesia Member

    Joined:
    Sep 16, 2015
    Messages:
    78
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Kesamaan pola pikir orang kaya INVESTASI
     
    lasealwin likes this.
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Deposito cocoknya buat orang yang gajinya tinggi ndan...
    Kalau macam kite-kite ini....
    Habis bulan habis gaji
    :D
    Terimakasih
     
  6. Faktabola

    Faktabola Member

    Joined:
    Feb 23, 2016
    Messages:
    86
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Investasi Deposito cocok untuk yang sudah bisa ngatur keuangan,
    karena harus bener2 bisa komitmen.

    Kalau yang masih gagal dalam ngatur keuangan, yang tiap akhir bulan selalu habis
    kaya ane. hehe

    Berarti harus belajar dulu cara memanage keuangannya.
     
  7. muna dl

    muna dl Member

    Joined:
    Apr 17, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Butuh perencanaan yang sangat matang,,sebelum mengambil keputusan.
     
  8. mungkin Anda akan sedikit keberatan dengan sistem konvensional pada deposito biasa. Sistem bunga deposito mungkin menjadi penghalang bagi Anda untuk berinvestasi. Solusi terbaik untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan membuka deposito syariah.

    Pengertian deposito syariah adalah produk simpanan berjangka yang dikelola berdasarkan prinsip Islam atau syariah. Penggunaan prinsip syariah pada deposito ini berdasarkan prinsip Mudharabah Muthlaqah yang ditujukan kepada nasabah perorangan atau perusahaan.

    Berbeda dengan deposito biasa, deposito syariah memiliki tata cara pengelolaan uang yang didasarkan oleh akad syariah atau nilai-nilai Islam. Dalam deposito ini, Anda tidak akan menerima bunga deposito, melainkan nisbah atau porsi bagi hasil. Nisbah adalah persentase dari dana deposit yang Anda tempatkan di bank dan akan dihitung sebagai keuntungan Anda.

    Cara kerja perbankan dalam bagi hasil deposito adalah ketika Anda menempatkan dana di suatu perbankan syariah, maka kesepakatan antara Anda dan bank adalah persentase bagi hasil. Di sini, Anda bertindak sebagai pemilik dana atau shihabul maal, sedangkan bank bertindak sebagai pengelola dana atau mudharib. Misalkan, kesepakatan Anda dan bank adalah 75:25, maka yang Anda dapatkan adalah 75% dan bank akan mendapatkan 25% dari hasil yang didapatkan oleh bank. Anda sebagai nasabah deposito syariah memberikan kebebasan penuh kepada pihak bank untuk mempergunakan dana tersebut.
     
Loading...
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page