Tips Sehat Alternatif: Mengenal 4 Tipe Pengobatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Pradana Vionelix, Feb 17, 2017.

  1. Pradana Vionelix

    Pradana Vionelix Member

    Joined:
    Feb 6, 2017
    Messages:
    78
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Anda tentu sering mendengar berbagai macam tipe pengobatan seperti pengobatan alternatif, pengobatan holistik, atau pengobatan alami. Tapi tahukah Anda apa dan bagaimana perbedaan dari tipe pengobatan tersebut?.

    Berikut akan diuraikan perbedaan tipe pengobatan tersebut, sehingga Anda menjadi lebih yakin ketika melakukan salah satu atau beberapa tipe pengobatan untuk kesehatan Anda.

    ==========
    1. Pengobatan Alternatif (Alternative Medicine)
    ==========​

    Pengobatan alternatif (alternative medicine) adalah setiap bentuk praktik yang berada di luar bidang kedokteran modern yang konvensional.

    Pengobatan alternatif mencakup berbagai filosofi penyembuhan, pendekatan, dan terapi. Sebagian besar perawatan dan praktik kesehatan pengobatan alternatif tidak diajarkan secara luas di sekolah kedokteran.

    Contoh dari pengobatan alternatif adalah naturopathy, chiropractic, ayurveda, homeopathy, bekam, dan akupunktur.

    ==========
    2. Pengobatan Pelengkap (Complementary Medicine)
    ==========​

    Terapi yang digunakan sendiri atau sebagai pengganti pengobatan konvensional disebut sebagai pengobatan alternatif. Tetapi, jika pengobatan atau terapi dilakukan bersama dengan pengobatan konvensional, maka disebut sebagai pengobatan pelengkap karena sifatnya yang memang melengkapi.

    Misalnya, rumah sakit Cina banyak yang menggunakan akupunktur untuk mengurangi rasa sakit selama operasi.

    Contoh lainnya adalah penggunaan minyak wijen sebagai pengobatan komplementer untuk kanker, Dean Ornish yang menggunakan perubahan gaya hidup untuk memerangi penyakit jantung, dan lain-lain.

    ==========
    3. Pengobatan Holistik (Holistic Medicine)
    ==========​

    Banyak paktik-praktik alternatif yang memberi perhatian pada aspek mental, emosional, dan spiritual, disamping kesehatan fisik. Terapi seperti hipnosis dan visualisasi mengklaim bahwa terapi tersebut bisa mengubah kondisi fisik melalui intervensi mental saja.

    Mereka percaya bahwa tubuh merupakan mesin yang sangat tangguh, hanya dengan dorongan atau intervensi sesekali mampu menyembuhkan diri sendiri. Nama pengobatan holistik berasal dari penyatuan pikiran dan tubuh.

    Para praktisi pengobatan holistik memandang tubuh sebagai satu kesatuan alih-alih memperlakukan organ tubuh secara terpisah.

    Pentingnya perawatan diri dan pencegahan penyakit merupakan hal yang sangat ditekankan oleh praktisi pengobatan holistik.

    ==========
    4. Pengobatan Alami (Natural Medicine)
    ==========​

    Pengobatan alami atau natural medicine merupakan pengobatan atau terapi yang mengandalkan kekuatan tubuh sendiri dalam proses penyembuhan. Ramuan herbal, diet, dan terapi air termasuk sebagai pengobatan alami.
    .
     
Loading...

Share This Page