Tips Sewa Apartemen! Untuk Kamu Yang Sedang Mencarinya

Discussion in 'Arsitektur' started by iwen, Jul 16, 2017.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    166
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Apartemen, siapa sih yang tidak kenal dengan hunian modern yang satu ini? Hunian yang kini sedang digandrungi banyak orang terutama masyarakat di perkotaan. Lokasinya yang ditempatkan di daerah strategis dan memiliki banyak fasilitas merupakan alasan utama mereka memilih apartemen disamping menaikain gengsi semata.

    Peminat apartemen semakin mengalami peningkatan. Tak heran, jika harganya selalu terus meningkat. Kini banyak orang yang menginginkan tinggal di apartemen, tapi adanya keterbenturan harga membuat mereka memutar otak agar bisa menikmati apartemen. Salah satu jalan yang bisanya digunakan adalah dengan cara menyewa.

    pexels-photo-87223.jpeg

    Kenapa menyewa? Menyewa pilihan tepat untuk dipilih di samping gelembung properti meledak. Sementara itu, harga sewa juga terus meningkat! Apalagi jika kalian berpendapatan 3 jutaan perbulan menyewa adalah satu-satunya pilihan karena adanya penghalang untuk menabung uang muka dan harga hunian terlalu tinggi.

    Menyewa apartemen tentunya seperti halnya membeli sebuah unit apartemen yang perlu memperhatikan banyak aspek. Untuk itu agar tidak salah memilih unit sewa apartemen alangkah baiknya kamu menerapkan 5 tips ini ketika akan menyewa apartemen.

    1. Sesuaikan dengan Dana yang Ada

    Hal ini sering kali menjadi kendala dalam menentukan apartemen yang diingkan. Kini sudah banyak penawaran sewa apartemen, tapi yang menjadi pertanyaanya adalah apakah sesuai dengan budget yang ada di kantong kalian?

    Budget di sini bukan hanya semata-mata sanggup membayar sewa bulanan saja lho! Tapi kalian juga harus memperhatikan biaya-biaya yang menyertainya juga. erhitungan budget ini tentunya sangat penting. Apabila tidak tentunya akan menyulitkan Anda yang sewaktu-waktu bisa terusir dari apartemen yang ditinggali karena tak sanggup membayar. Untuk itu, sebelum pindah ke apartemen sewaan, buatlah perencanaan anggaran terlebih dahulu.

    2. Cari dan Pilih Lokasi yang Tepat

    Poin kedua ini sangat perlu kalian perhatikan, yaitu memilih lokasi yang tepat. Pilihlah lokasi apartemen sedekat mungkin dengan mobilitas keseharian kalian. Entah dekat dengan tempat kerja, sekolah, rumah sakit, transportasi umum, dan lainnya.

    3. Cek unit Sewa dengan Seksama

    Ketika akan sewa apartemen, sebaiknya kamu langsung melakukan cek unit yang hendak disewa, bukan mendatangi unit yang menjadi contoh. Lihatlah kondisi terkini dari unit apartemen yang akan Anda sewa.

    Misalnya cek saluran air dan toilet apakah bisa digunakan dengan baik, periksa juga listrik, lampu, pendingin ruangan, dan lain sebagainya. Selain di dalam area unit, kalian pun perlu melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong apartemen. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya.

    4. Furnished / Unfurnished?


    Setelah semua pengecekan dan kalian sudah merasa sesuai dengan harapan, makan tips selanjutnya adalah mempertimbangkan interiornya terutama dalam hal furnitur. Memiliki apartemen dengan furnitur rasanya bisa menjadi pilihan ideal meskipun kalian sudah memiliki furnitur.

    Jika pemilik menawarkan unit apartemen dengan furnitur, maka manfaatkanlah! Jika memang kalian sudah memiliki furnitur sebelumnya tentunya hal ini bisa digunakan untuk menutupi uang sewa dengan cara menjual furnitur yang sudah dimiliki.

    5. Buat Perjanjian Sewa

    Tips terakhir yang bisa kalian lakukan adalah membuat perjanjian sewa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai dilewatkan! Pasalnya, surat perjanjian itu mencantumkan hal-hal penting yang berkaitan dengan pemilik mau pun penyewa.

    Pernjanjian ini berisi rincian seperti:
    • Jumlah uang sewa,
    • Masa jangka waktu sewa,
    • Biaya-biaya,
    • Siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan,
    • Fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.

    Dalam membuat surat perjanjian sewa ini, buatlah rangkap dua untuk dipegang masing-masing pihak. Tak ketinggalan dibubuhi materai secukupnya. Dengan adanya surat perjanjian tersebut maka secara langsung menjadi bukti legal menghuni unit apartemen.

    Sekian dan terimakasih, semoga tips yang bisa saya bagikan bermanfaat. Ingat ya, menyewa apartemen sama halnya membeli apartemen banyak aspek yang perlu kalian perhatikan. Yang terpeting harganya pas dikantong dan jangan salah pilih unit sewa apartemennya!

    Sumber: Tekno Bisnis
     
    Last edited: Jul 19, 2017
  2. Anto Bahar

    Anto Bahar New Member

    Joined:
    Aug 24, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  3. Susilo

    Susilo New Member

    Joined:
    Sep 21, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pastikan lift yang digunakan memadai. Kontak kami untuk maintenance dan pengadaan lift.
     
  4. shor8here

    shor8here New Member

    Joined:
    Apr 21, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page