Tips Sukses Memulai Bisnis ala Purdi E Chandra

Discussion in 'General Business' started by satriajogja, May 11, 2013.

  1. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Purdi E Chandra merupakan sosok pengusaha sukses yang banyak diidolakan calon pengusaha. Purdi membuktikan bahwa kesuksesan tak selalu dimiliki oleh orang yang memiliki gelar pendidikan formal yang tinggi. Dia sendiri sudah membuktikanya. Pendiri dan pemilik lembaga bimbingan belajar Primagama ini pernah mengenyam bangku kuliah di Univesrsitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (dulu bernama IKIP) dengan mengambil 4 jurusan sekaligus yaitu Psikologi, Sastra Inggris, Elektronika, dan Farmasi.

    Namun ditengah jalan dia memutuskan untuk berhenti kuliah karena merasa tidak mendapatkan apa-apa dari bangku kuliahnya. Dia berani mengambil langkah yang cukup berani untuk kemudian fokus mengembangkan bisnis bimbingan belajar yang sudah dirintis semenjak kuliah .

    [​IMG]

    Purdi E Chandra sering memaparkan tips bagaimana memulai bisnis yang jitu. Jurus andalan Purdi yang sering jadi andalan pada seminar-seminarnya adalah 3 B, BODOL, BOTOL, dan BOBOL. Apa yang dimaksud dengan 3 B tersebut?

    1. BODOL (Berani, Optimis, Duit, Orang, Lain).
    Masalah modal merupakan momok yang selalu menghantui setiap orang dalam memulai sebuah usaha mandiri. Menurut Purdi, jika kita sudah memiliki tekad bulat untuk bisnis, maka masalah duit bisa diusahakan yaitu memakai duit orang lain. Yang dimaksud orang lain bisa dari keluarga, teman, maupun lembaga perbankan. Yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa kita harus optimis dahulu akan berhasil dalam usaha yang akan dirintis.

    2. BOTOL (Berani, Optimis, Tenaga, Orang, Lain)
    Masalah skill juga menjadi penghambat ketika seseorang ingin memulai usaha. Banyak yang beralasan tidak memiliki keahlian yang bisa mendukung untuk usaha. Namun ketika kita optimis, maka kita bisa memanfaatkan tenaga orang lain yang ahli di bidang usaha yang ingin kita tekuni. Dengan begitu kita akan mampu menghasilkan produk barang ataupun jasa yang baik karena ditangani oleh ahlinya.

    3. BOBOL (Berani, Optimis, Bisnis, Orang, Lain)
    Tips yang terakhir ini mungkin hanya berlaku bagi orang yang sudah memiliki banyak uang dan ingin menjalankan usaha. Yang dimaksud bisnis orang lain disini kita sebagai calon pengusaha membeli bisnis orang lain baik itu dengan sistem franchise maupun pembelian penuh sebuah usaha. Franchise maupun akuisisi usaha merupakan jalan tercepat untuk memiliki usaha, namun juga membutuhkan dana ekstra.

    Demikian tips sukses memulai usaha ala Purdi E Chandra yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat *bergaya*
     
  2. Zetta

    Zetta Member

    Joined:
    Mar 23, 2013
    Messages:
    28
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    jadi tambah semangat untuk

    jadi tambah semangat untuk berjuang sampai titik darah penghabisan *akhirnya*

    sungguh mengispirasi *bagus*
     
  3. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    dulu pertama kali buat fb

    dulu pertama kali buat fb tahun 2007an sempet di add org ini, pertama gk ngarti ini siapa, pas ke toko buku gramedia sempat lihat bukunya trs sempat mikir koq mirip orang yg ada di facebooku *ketawa4* trnyata pas di lihat2 lagi di facebook semua foto2nya trnyata emang bener ini orgnya *ketawa3* itupun baru ngerti kl ini org motivator bisnis sekitar tahun 2010an *ketawa3*
     
  4. foxydiba

    foxydiba Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    272
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    ayo teman-teman tetap

    ayo teman-teman tetap semangat menjalankan bisnisnya
     
  5. hamidi

    hamidi Member

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    106
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    tipsnya keren-keren cuy, btw

    tipsnya keren-keren cuy, btw napa ndak sekalian BODONG aja wwkwkk *ketawa4*
     
  6. kanaklombok

    kanaklombok New Member

    Joined:
    May 8, 2013
    Messages:
    0
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bisa nggak ya?

    Bisa nggak ya saya jadi bisnismen? *bingung*
     
  7. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    479
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Tipsnya keren juga ya , pake

    Tipsnya keren juga ya , pake singkatan" segala *jail*
     
  8. sakaji

    sakaji Member

    Joined:
    Mar 13, 2013
    Messages:
    165
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Logika yang dibangun Purdi

    Logika yang dibangun Purdi memang dashyat, berani, dan hebat. Tapi, ngomong-ngomong bisnisnya yang sukses selain Primagama ada gak ya?
     
  9. maxmanroe

    maxmanroe Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ayo silahkan dipilih; Botol,

    Ayo silahkan dipilih; Botol, Bodol, atau Bobol *bergaya*
     
  10. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Bahenol

    Kalau saya pilih yang bahenol saja *jail*
     
  11. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    sakaji wrote:

    Dari bisnis Primagama aja sudah menggurita menjadi berbagai anak bisnis yang berkaitan dengan dunia pendidikan sob. Dulu sih katanya buka restoran masakan padang. Tapi belum tahu perkembanganya *bagus*
     
  12. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    100
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Harus smart memang dalam memilih bisnis. Pa Purdi sepertinya tepat sekali memilih bisnis Bimbingan Belajar dalam memulai Bisnisnya...
     
  13. dahir

    dahir Member

    Joined:
    Nov 2, 2014
    Messages:
    101
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    semangat... bisnis apa ya yang enak tapinya???
     
  14. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,188
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Pantang menyerah itu mental pengusaha, katanya hehehehh
     
  15. tinaresti

    tinaresti New Member

    Joined:
    Jun 27, 2015
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nice info..terimkasih gan..menarik sekali
     
  16. kabang

    kabang Member

    Joined:
    Oct 16, 2014
    Messages:
    30
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Kalo menurut saya, saya termasuk tipe kedua yaitu BOTOL,
     
  17. goyaria

    goyaria New Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    jadi ingin membuka bisnis baru neh
     
  18. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Sesuai nih sama pengalaman pribadi. Yang lebih ngena, si BODOL. Yang penting jalan dulu bisnisnya
     
Loading...

Share This Page