Tips Supaya Bisnis Kamu Terbebas dari COVID-19

Discussion in 'General Business' started by achbarfarizqy, Sep 16, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    33
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Memiliki rasa kuatir terhadap pandemi virus Covid-19 memang hal yang wajar. Pandemi ini sangat berdapak akan kelangsungan bisnis kamu, karena orang jadi lebih awas untuk berbelanja secara tatap muka ataupun bepergian keluar rumah.

    Namun, dengan berusaha untuk tetap tenang dan memastikan bahwa tempat usaha kamu aman dari Covid-19 merupakan langkah yang perlu kamu lakukan agar kebersihan dan kehigienisan usaha kamu tetap terjaga.
    Apa itu COVID-19?

    Covid-19 adalah jenis virus yang dapat menular melalui cairan dengan cepat. Saat ini, virus ini telah tersebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Memiliki gejala yang mirip dengan flu, seperti demam dan batuk; corona virus dapat menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai dengan infeksi paru-paru (pneumonia).

    Bagaimana cara COVID-19 menyebar?

    Penyebaran dapat terjadi melalui kontak fisik dengan penderita Covid-19 seperti sentuhan dan juga cairan. Contohnya, tidak sengaja terkena air liur saat berkomunikasi dengan penderita. Selain itu, kamu juga dapat terkena COVID-19 jika kamu memegang wajah setelah menyentuh benda yang telah terkontaminasi tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

    Tenang, tidak perlu panik karena kami telah menyiapkan beberapa tips sesuai dengan anjuran umum dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang perlu kamu lakukan agar pelayanan dan kualitas bisnis kamu tetap terjaga:

    1. Edukasi Karyawan

    Kamu dapat mengedukasi karyawan untuk sering mencuci tangan dengan sabun selama kurang lebih 20 detik secara rutin selama kegiatan operasional bisnis berjalan. Dan jangan lupa juga untuk tetap jaga jarak dan menggunakan masker selama jam kerja. Hal ini dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

    2. Sediakan Hand Sanitizer untuk Karyawan dan Pelanggan

    Pastikan kebersihan karyawan dan pelanggan selalu terjaga dengan menyediakan pembersih tangan antiseptik atau hand sanitizer di toko kamu, sehingga mudah diakses bagi karyawan dan pelanggan usaha untuk digunakan sewaktu-waktu!

    3. Jaga Kebersihan Tempat dan Peralatan Bisnis

    Gunakan disinfektan dengan kadar alkohol 70% secara berkala untuk membersihkan meja, kursi, dan peralatan operasional bisnis, seperti ponsel atau perangkat SPOTS, alat tulis, dan lainnya.

    4. Perhatikan Kesehatan Karyawan

    Sebaiknya, kamu dihimbau untuk melakukan pemeriksaan suhu badan secara rutin di awal jam operasional usaha dan memulangkan karyawan yang memiliki suhu badan lebih dari 37.5 derajat Celcius untuk beristirahat dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    5. Lakukan Social Distancing

    Jaga jarak dengan pelanggan atau sesama karyawan usaha, setidaknya 1 meter untuk mengurangi kemungkinan proses penyebaran virus, karena dengan adanya jarak sampai dengan 1 meter, kontak fisik dan penularan melalui cairan secara tidak sengaja dapat dihindari secara optimal. Selain itu, kamu juga dapat meminimalisir transaksi uang tunai dengan mengajak pelanggan untuk bertransaksi non tunai.

    Ayo lakukan bagian Anda sebagai pemilik atau penanggung jawab usaha dengan melakukan tips di atas untuk memastikan bahwa penyebaran Covid-19 di Indonesia berkurang.
     
Loading...

Share This Page