Tips Ternak Budidaya Ikan Nila dan Pembuatan Kolamnya

Discussion in 'General Discussion' started by harsonoegi, Nov 3, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Untuk membuat ternak iklan nila, dengan kolam tanah liat adalah pilihan yang paling cocok. Kolam ini sangat direkomendasikan karena lebih menghemat biaya dan praktis. Pembuatan kolam ikan hanya membutuhkan lahan dan tenaga kerja untuk menggalinya.

    Selain itu, tanah liat sebagai permukaan dasar kolam mempermudah dalam pengembangbiakan jasad renik, plankton dan sejenisnya. Kesemuanya merupakan makanan ikan nila. Dari sini saja Anda sudah memperoleh banyak keuntungan.

    Pertimbangkan faktor sebelum mulai membuat kolam. Elemen yang dimaksud adalah selera Anda sendiri, kebutuhan dan anggaran pembuatan kolam. Tak lupa sertakan lubang kecil pada pojok kolam untuk sirkulasi. Buatlah bentuk lubang tersebut berukuran miring untuk memudahkan pembersihan air kolam nantinya.

    Setelah kolam selesai dibuat, jangan langsung menggunakan kolam . Beberapa hal harus diperhatikan terlebih dahulu hingga kolam benar-benar siap untuk digunakan. Ternyata bukan kolam baru saja yang menerapkan hal ini, tetapi kolam yang sudah lama dan sering digunakan untuk budidaya ikan juga harus melakukan ini.

    Dalam pembuatan kolam ikan, Anda harus pula mensterilkan kolam bekas budidaya ikan sebelumnya. Hal ini untuk menyingkirkan potensi penyakit pada ikan sebab mungkin saja kolam bekas tersebut mengandung mikroorganisme berbahaya.

    Pembuatan kolam ikan mesti menempuh persiapan yang matang. Tahapan ini penting dan berlaku untuk kolam baru dan kolam lama untuk pembudidayaan ikan air tawar.

    Terimakasih, semoga sedikit memberi anda wawasan jika ada yang ingin usaha ternak ikan nila.
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantap nih tips-nya, harus dicoba ya:)
     
  3. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
  4. zuwaini

    zuwaini New Member

    Joined:
    Jan 2, 2021
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page