Tips untuk mendapatkan banyak klien

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by Goenawan2211, Mar 18, 2020.

  1. Goenawan2211

    Goenawan2211 New Member

    Joined:
    Mar 2, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Oke teman teman dipembahasan kali ini kita akan membahas tentang tips tips untuk mendapatkan banyak klien. Klien sendiri merupakan sumber pendapatan bagi para desainer dan freelancer. Namun untuk mendapatkan klien, tidak semudah yang kalian bayangkan, klien sendiri biasanya harus memikirkan dengan benar benar terlebih dahulu sebelum ingin bekerja sama dengan Desainer atau freelancer. Untuk itu kali ini kita akan membagikan tips tips untuk mendapatkan banyak klien, untuk itu langsungs saja kita mulai pembahasannya.

    1. Buat portofolio semenarik mungkin

    Ini sudah menjadi hal yang wajib bagi tiap desainer Portofolio yang menarik akan menjadi senjata yang paling ampuh untuk mendapatkan klien. Kita bisa cari referensinya dibanyak situs situs showcasing, salah satunya : Dribbble, behance, pinterest, Devianart, Artstation. Setelah itu kita upload dan upload dibanyak situs situs showcasing lainnya.

    2. Bangun personal branding kalian

    Bukan hanya produk yang butuh branding, desainer pun harus punya branding sendiri agar calon klien mudah menemukan kita. Banyak cara tapi salah satunya melalui sosial media. Ya, Karena aku sudah merasakan impactnya beberapa Klien aku datang melalui DM instagram dan Alhammdulillah beberapa ada yang deal. Klakukan branding sesuai dengan niche kita. Bisa dengan cara Share Tutorial, Share tips seputar desain/ Branding, Bikin microblog, dll. So manfaatin sosial media dengan bijak.

    3. Platform Online

    Sekarang kita hidup di era serba digital yang mana orang bisa dengan mudah menemukan orang lain dari seluruh penjuru dunia. Salah satu medianya adalah situs online freelancing/marketplace. Kita bisa mulai mencoba beberapa kontes desain dan mengupload beberapa karya terbaik disitus marketplace lainnya.

    4. Bangun Komunikasi yang baik

    Pentingnya mmenjaga komunikasi yang baik kepada semua klien kita. Case yang pernah aku alamin adalah beberapa klien aku datang dari rekomendasi temannya (Klien aku sebelumnya). Ada juga klien yang repeat order ke aku karena service aku katanya baik & Ramah hahaha. Dan meskipun project uda kelar aku tetap “ Keep Contact” ke mereka. Bisa dengan cara nanya kabarnya, bisnisnya dan ngobrol tentang hobi dll. Karena buat aku kepercayaan No. 1

    5. GA Banyak alasan dan tetap konsisten

    Jangan kebanyakan alasan dan sambat. Gapunya laptop bisa minjem atau diwarnet, gatau caranya?Bisa googling atau youtube berjibun tuh tutorial, sudah coba semua tapi orderan sepi?ya sabarlah tong namanya usaha masak enak mulu. Sabar dan nikmati prosesnya sembari terus latihan upgrade ilmu dan skill. Semua Step bakalan sia sia kalau kita gak punya komitmen buat konsisten.

    6. Jauhi maksiat dan banyak berdoa

    Jika kita sudah menjalankan sebab – sebabnya dan berikhtiar. Nah, selanjutnya kita serahkan sepenuhnya kepada Allah Ta’ala karena dialah yang memberi rezeki kepada kita. Selalu bersyukur dan rajin bersedekah. Dalam seminggu jangan difull buat kerjaan mulu, mulai atur buat datang ke majelis ilmu, baca, dan belajar ilmu agama serta ada waktu buat keluarga. Note : Akupun sama gaes dalam hal ini, bukan orang suci & sok suci tapi hanya ingin memberi nasihat buat diriku sendiri.
     
  2. masbrow

    masbrow Member

    Joined:
    Jul 27, 2014
    Messages:
    63
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    saya paling suka dengan poin 6... jauhi maksiat dan banyak doa.. apalagi sekarang musim corona
     
  3. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Tips bagus ini yah, jangan maksiat dan berdo'a
    memang ternyata mendapatkan klien bukan mudah
    menjadi freelancer kalau tak ada yang order gak dapat penghasilan
     
  4. Chandra Devi

    Chandra Devi New Member

    Joined:
    Feb 22, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Suka juga dengan yang nomor 6, setuju banget :D Berdo'a dan berusaha, jauhi maksiat, kalau ada rejeki nanti client datang dengan sendirinya.
     
Loading...

Share This Page