Tips Untuk Menjaga Informasi Anda Aman Di Cloud

Discussion in 'General Internet' started by noer98, Apr 19, 2021.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    588
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Jumlah orang yang menggunakan cloud terus bertambah dari tahun ke tahun. Ini adalah tren yang diharapkan akan terus berlanjut di masa mendatang.

    Saat ini, kebanyakan orang tidak mengirim foto melalui email atau menggunakan flash drive USB untuk membawa dokumen penting. Cloud adalah “tempat pertemuan” universal tempat orang dapat bertukar informasi dengan mudah dan cepat. Itu juga menjadi lokasi penyimpanan, tempat dokumen, gambar, dan lainnya disimpan secara permanen.

    Orang-orang juga lebih dapat dipercaya saat menggunakan cloud. Mereka bersedia menyimpan pindaian identifikasi, informasi bisnis sensitif, dan dokumen bank di cloud. Pertanyaannya adalah, dapatkah Anda memastikan informasi ini aman?

    Saat ini, jawaban yang tidak menguntungkan adalah, “tidak”. Meskipun ini benar, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk membantu meningkatkan keamanan informasi yang Anda simpan di cloud. Dari membuat kata sandi yang baik hingga menggunakan mikro-segmentasi, teruslah membaca beberapa tip untuk memastikan keamanan yang unggul di cloud.

    Mulailah dengan Kata Sandi Anda
    Kata sandi yang Anda buat digunakan untuk menjaga keamanan informasi Anda dari orang lain. Ini seperti kunci. Meskipun seorang peretas dapat membuka paksa pintu ini dan membongkar kuncinya, seringkali, memiliki kata sandi yang kuat dapat membuat orang lain tidak masuk.

    Sayangnya, kata sandi bisa mengganggu. Mereka juga sulit untuk diingat. Karenanya, Anda dapat menggunakan sandi sederhana yang tidak akan Anda lupakan atau sandi yang sama untuk berbagai situs dan tujuan

    Semakin rumit kata sandi Anda, semakin aman informasi Anda. Meskipun kata sandi yang rumit tidak mudah diingat, kata sandi itu diperlukan untuk tujuan keamanan.

    Tinjau Pengaturan Folder dan Berbagi File
    Penyimpanan cloud memudahkan berbagi file dengan orang lain. Namun, itu juga dapat membuat informasi Anda terbuka untuk akses yang tidak direncanakan atau tidak sah jika seseorang menemukan tautan atau mengakses akun seseorang yang telah berbagi file. Berhati-hatilah saat berbagi folder dan file. Juga, tambahkan tanggal kedaluwarsa dan kata sandi ke saham jika memungkinkan.

    Anda juga harus meninjau saham di akun Anda secara teratur. Ini akan memungkinkan Anda melihat siapa yang memiliki akses ke file Anda dan memungkinkan Anda untuk mencabut hak istimewa ini jika tidak lagi diperlukan.

    Baca Perjanjian Pengguna dari Penyedia Cloud Storage
    Jika Anda tidak tahu penyedia penyimpanan cloud mana yang harus dipilih atau memiliki pertanyaan tentang cara kerja layanan cloud yang berbeda, baca perjanjiannya. Meskipun mungkin lama dan membosankan, Anda dapat menemukan informasi bermanfaat yang akan memastikan Anda memilih penyedia penyimpanan cloud yang tepat.

    Cadangkan Informasi Anda
    Mencadangkan data Anda sangat penting. Perampokan, masalah hard drive, lonjakan listrik, dan masalah lainnya dapat menyebabkan Anda kehilangan informasi. Jika Anda tidak memiliki cadangan informasi Anda saat ini terjadi, Anda mungkin akan sangat frustrasi. Di masa lalu, membuat cadangan informasi itu membosankan dan mahal. Hari ini, bukan itu masalahnya. Anda dapat dengan mudah dan cepat mencadangkan semua informasi yang Anda miliki di cloud. Anda bahkan dapat mengatur sistem Anda untuk mencadangkan data Anda secara otomatis setiap hari atau pada jadwal yang Anda pilih.

    Tinjau Akun dan Aplikasi Anda yang Terhubung
    Bahkan jika seorang peretas tidak dapat masuk ke akun Anda melalui pintu depan, mereka dapat mencoba masuk dari “lubang” lain di suatu tempat. Meskipun mungkin nyaman untuk menambahkan koneksi ke aplikasi dan kalender, ini juga menempatkan seluruh akun Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk diretas.

    Jika Anda ingin menyimpan informasi Anda di cloud dengan aman dan bebas dari pengintaian, gunakan tip dan informasi di sini. Melakukan hal ini akan membuahkan hasil dan mencegah masalah yang mahal dan berkelanjutan yang mungkin muncul sebaliknya. Diberitahu adalah cara terbaik untuk memastikan informasi yang Anda simpan tetap aman.

    Penyimpanan cloud itu nyaman. Ini dapat membantu Anda tetap teratur dan memudahkan untuk mengakses data dan informasi Anda. Namun, jika Anda tidak mengambil langkah untuk mengamankan informasi Anda, Anda dapat membahayakannya. Jangan biarkan ini terjadi dengan menggunakan tip berikut.

    sumber : lawangtechno.com Tips Untuk Menjaga Informasi Anda Aman Di Cloud
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    110
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantaaapp sekali, informatif.
     
  3. yasir tidung

    yasir tidung New Member

    Joined:
    Mar 4, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    jadi jangan telalu tepaku dengan drive Clude yang saat ini menjadi hal yg nyaman ya
     
  4. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    34
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    1 lagi, ganti kata sandi secara berkala. 1 bulan sekali misal. catat di buku biar gak lupa. Mengingat banyak banget kebocoran data yekan, mending jaga-jaga dengan mengganti kata sandi kamu secara berkala.
     
  5. egihrsn

    egihrsn New Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  6. konveksiantas

    konveksiantas Member

    Joined:
    May 4, 2019
    Messages:
    20
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    informasinya sangat membantu, saya jadi paham apa itu cloud hehehe:D
     
Loading...

Share This Page