Tools baru Facebook untuk atasi berita Hoax?

Discussion in 'Social Networks' started by yazakifima, Jul 27, 2017.

  1. yazakifima

    yazakifima New Member

    Joined:
    Nov 15, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Semakin maraknya berita Hoax (Palsu/Bohong) yang beredar di dunia maya menjadi masalah penting bagi para pengguna sosial media terutama Facebook. Sosial Media dengan pengguna bulanan terbanyak di dunia ini banyak mendapat kritikan lantaran banyaknya berita Hoax yang tersebar di sosial media tersebut. Baru-baru ini, dikabarkan Facebook akan sediakan sebuah Tools yang berfungsi untuk mengatasi berita-berita Hoax tersebut.

    Pihak Facebook dari Amerika Serikat memberitahukan tantang akan dibuatnya tools tersebut dikarenakan sebelum itu, facebook diduga banyak menyebarkan berita hoax pada saat pemilihan presiden Amerika Serikat yang menyebabkan kalahnya Hillary Clinton. Menanggapi kritik tersebut, CEO Facebook, Mark Zuckerberg membantah bahwa bukan facebook penyebabnya. Mark mengklaim bahwa berita yang ada di facebook 99% asli berdasarkan fakta.

    Tools baru dari facebook ini, nantinya akan menjadi penyaring untuk mencegah beredarnya berita bohong yang beredar di halaman facebook.

    Selain itu, tools baru dari facebook ini juga akan bekerja sama dengan Snopes, ABC News, dan Associated Press. Kerjasama tersebut bertujuan agar nantinya berita yang akan muncul di laman facebook akan disaring terlebih dahulu guna menimalisir adanya berita Hoax.

    Banyaknya Berita Hoax yang muncul di halaman facebook menjadi salah satu penyebab kekacauan di dunia maya. Biasanya para penyebar berita hoax bertujuan untuk mencari keuntungan, adu domba, politik ( Seperti kasus pemilihan presiden AS ) dan lain-lain yang pastinya merugikan orang lain. Sudah sepantasnya kita semua teliti dalam membaca sebuah berita/ informasi di sosial media. Karena semuanya belum pasti kebenarannya.

    Benarkah demikian? sumber : http://www.komputerlite.com/2017/07/tools-baru-facebook-untuk-atasi-berita-hoax.html
     
  2. arief munandar

    arief munandar Active Member

    Joined:
    May 31, 2015
    Messages:
    710
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    Mungkin kata "atasi" lebih cocok diganti dengan kata "meminimalisir" :D :D :D
     
  3. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Bagus juga kalau ada alat untuk mendeteksi berita hoax ini, karena memang merugikan masyarakat banyak, kadang seseorang hanya terpancing untuk membagikan berita tapi ia belum melakukan recheck kebenaran berita tersebut, maka sebagai pengguna sebaiknya juga hati-hati ketika membagikan kiriman orang lain tanpa melakukan penelitian lebih dulu, padahal agama juga ngajain janganlah menyiarkan berita bohong dan telitilah berita sebelum menyebarkanya
     
Loading...

Share This Page