Tools Yang Sering Digunakan oleh Para Web Developer Profesional

Discussion in 'Programming' started by Nur Maulida, Sep 25, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Perkembangan website setiap harinya semakin mengalami peningkatan, baik untuk kebutuhan bisnis, non-profit, akademis, hingga personal terutama ketika pendemi corona melanda. Kondisi ini justru menjadi keuntungan bagi para web developer yang kebanjiran orderan untuk membuat website.

    Dalam membuat sebuah website, tentu seorang web developer membutuhkan beberapa tools agar dapat membuat dan mengembangkan sebuah sistem web. Nah, berikut ini adalah beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah website.

    Tools untuk membuat dan mengembangkan sistem web profesional
    Saat membuat website, beberapa web developer tentu mempunyai software profesional yang tepat dan dapat diandalkan dalam membuat website yang bagus dan dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah 10 software terbaik yang pada umumnya digunakan oleh para web developer profesional dalam membuat dan mengembangkan situs website, antara lain yaitu:

    1. WordPress
    Wordpress merupakan salah satu platform blogging yang paling banyak digunakan. Platform ini menggunakan bahasa pemrograman PHP sehingga bisa dijalankan oleh hampir semua server yang menggunakan MySQL database. Wordpress juga dapat digunakan sebagai CMS (Content Management System) yang berfungsi mengatur website secara komersial.

    Fitur yang terdapat di dalamnya platform Wordpress, termasuk yaitu WYSIWYG (What You See Is What You Get), text editor, co-authoring lengkap dengan banyak author, permalink yang dapat digunakan untuk melakukan optimasi mesin pencari, static page, fitur pengguna terdaftar (register/login), serta banyak fitur lainnya.

    Keuntungan Wordpress:

    • Mudah di install

    • Punya banyak plugin untuk memperkaya fitur, fleksibilitas, serta performa website

    • Punya banyak pilihan tema

    • Mudah untuk dioptimasi secara SEO

    • Punya banyak komunitas aktif
    2. Mockplus
    Selain Wordpress, software aplikasi lain yang sering digunakan dalam pembuatan dan pengembangan sistem web oleh para web developer adalah Mockplus. Menggunakan software ini, para web developer dapat membuat prototype website dengan cepat dan mudah apalagi dengan adanya fitur drag-and-drop.

    Keuntungan Mockplus

    • Punya 3000 komponen dan 200 icons yang siap untuk digunakan

    • Tampilan desain yang efisien

    • Dapat melakukan tes project secara keseluruhan

    • Punya fitur Mind Map dan desain UI Flow yang berfungsi untuk mempercepat desain
    3. Macaw
    Macaw merupakan sebuah software web desain yang banyak digunakan oleh para web developer penyuka coding. Software ini menyediakan fleksibilitas yang sama seperti software editor lainnya. Namun yang membedakan hanyalah software ini dapat langsung berhubungan dengan HTML maupun CSS.

    Bukan hanya itu saja, Macaw juga memberikan kemudahan bagi para web developer yang ingin membuat sebuah website yang responsive dengan font dan tipografi yang menarik.

    Keuntungan Macaw

    • Mampu menyimpan desain elemen di library yang nantinya dapat digunakan

    • Terdapat fitur Alchemy yang dapat meng-convert CSS atau HTML

    • Fitur real-time mampu memanipulasi elemen desain dengan sangat mudah

    • Desain web dapat dioptimasi langsung ke berbagai perangkat
    4. Adobe Dreamweaver
    Jika kamu adalah seorang web developer profesional, tentu tidak asing lagi dengan software milik Adobe Systems ini, yaitu Adobe Dreamweaver. Software ini sengaja dibuat untuk mengembangkan website dengan fitur environment yang dapat terhubung secara langsung dengan code dan live view.

    Keuntungan Adobe Dreamweaver

    • Grid yang dapat disesuaikan dengan keinginan

    • Edit kode HTML, JavaScript, CSS, dan XTL dapat dilakukan dengan mudah

    • Punya Fitur WYSIWYG (What You See Is What You Get) sehingga kamu dapat mengetahui apa yang telah kamu kerjakan secara langsung.
    5. Bootstrap
    Bootstrap merupakan sebuah library yang dapat digunakan secara gratis dan open-source. Library ini terdiri dari CSS serta JavaScript template desain yang dapat digunakan untuk typography, tombol, navigasi, forms, dan berbagai komponen lainnya.

    Biasanya para front-end developer profesional banyak menggunakan bootstrap untuk membuat website menjadi semakin cantik hanya dengan menggunakan HTML, JavaScript, dan CSS.

    Keuntungan Bootstrap

    • Punya template yang siap pakai dan bebas untuk digunakan

    • Tidak perlu banyak kustomisasi

    • Punya banyak opsi dukungan
    Selain beberapa tools di atas, sebenarnya masih banyak software lainnya yang bisa digunakan untuk membuat dan mengembangkan website yang biasanya digunakan oleh para web developer profesional.
     
Loading...

Share This Page