Top 10 Makanan Khas Semarang Yang Paling Enak Dan Maknyus

Discussion in 'Tourism' started by maslatip, Mar 28, 2016.

  1. maslatip

    maslatip Member

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Tak kalah dengan Bandung dan Jogja, Semarang juga punya kuliner yang lezat. Berbagai macam jajanan dan makanan khas, wajib sobat traveler cicipi saat traveling ke ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Rasanya dijamin nendang! Inilah daftar makanan dan jajanan khas kota Semarang yang enak dan maknyus menggoyang lidah.

    1. Tahu Gimbal

    [​IMG]

    Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terdiri tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol dan disiram dengan sambal kacang. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan tepung. Gimbal ini rasanya gurih, manis, dan juga pedas. Nyam! Anda bisa mencoba kuliner ini di Simpang Lima. Harga seporsinya, sekitar Rp 10 ribu. Murah meriah dan perut pun kenyang.

    2. Tahu Pong

    [​IMG]

    Selain tahu gimbal, tahu pong juga merupakan makanan khas Semarang. Tahu pong adalah tahu goreng yang garing dan gurih. Saat digigit, tahu ini tidak berisi apapun atau kosong (kopong). Oleh sebab itu, tahu ini dinamakan tahu pong.

    Tahu Pong enak disantap saat panas. Lalu dicocol petis udang yang encer, berteman acar dan ulekan kasar cabai hijau. Rasanya sungguh membuat ketagihan. Harga seporsi tahu ini adalah Rp 6 ribu saja. Anda bisa menemukan penjual tahu pong di Simpang Lima, atau yang terkenal adalah di Jl Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel.

    3. Babat Gongso

    [​IMG]

    Babat Gongso adalah salah satu kuliner Semarang yang wajib dicoba bagi traveler pecinta babat. Anda bisa menemukannya di Nasi Goreng Pak Karmin, Jl Pemuda (Samping Jembatan Mberok), Semarang. Selain nasi goreng babat, babat gongso di sini terkenal dengan rasanya yang khas.

    Babat gongso adalah potongan Babat dan juga jeroan lainnya, seperti ati, limpa, paru atau iso, yang dimasak dengan bumbu kecap yang kental. Rasa manis dan pedas begitu terasa. Tak hanya itu, babat ini sangat empuk. Untuk satu porsinya dipatok harga Rp 25 ribu. Cukup mahal, tapi rasanya tak akan pernah Anda lupakan. Top markotop!

    4. Lumpia

    [​IMG]

    Semarang identik dengan lumpia. Ya, Lumpia Semarang adalah jajanan yang paling diburu traveler saat berkunjung ke sana. Tak sulit untuk mencari jajanan yang satu ini. Biasanya traveler berburu lumpia di sekitar Simpang Lima.

    Lumpia di Semarang terkenal dengan lezatnya. Lumpia tersebut adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Tambahkan cabai dan acar asam, maka rasanya tidak akan pernah anda lupakan. Salah satu Lumpia yang terkenal di Semarang adalah Lumpia Mataram yang mempunyai cabang di Jalan Mataram dan Jalan Kedungmundu Raya No. 16 Semarang. Harga satu lumpia sekitar Rp 9.000,- s/d Rp 12.000,-.

    5. Nasi Ayam

    [​IMG]

    Nasi Ayam Semarang mirip-mirip dengan nasi liwet khas kota Solo. Nasi Ayam ini berupa sajian nasi putih yang terasa gurih karena dimasak dengan santan, yang disantap dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam dan krecek, tahu bacem atau tahu putih, dan telur pindang lalu diguyur dengan kuah santan. Harga satu porsi dibanderol dengan harga Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-. Cukup murah bukan?

    6. Es Conglik

    [​IMG]

    Tak lengkap ke Semarang sebelum mencoba es conglik. Anda bisa mencicipinya di Simpang Lima tepatnya, di samping Hotel Citraland. Es conglik memiliki sepuluh citra rasa yang segar dan dijamin tanpa bahan pengawet. Beberapa rasanya adalah coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, belewah, kacang ijo, durian, dan alpukat. Seporsinya, es ini seharga Rp 9 ribu. Benar-benar pelepas dahaga!

    7. Wingko Babat

    [​IMG]

    Nah, kalau yang ini jajanan Semarang yang paling terkenal, yaitu wingko babat. Wingko babat merupakan jajanan yang terbuat dari ulenan beras ketan dan kelapa yang dibakar. Rasanya pun beragam mulai, seperti durian, cokelat, nangka, hingga kelapa muda. Asyiknya lagi, wingko babat tidak menggunakan pengawet lho!

    Harga satu wingko babat sekitar Rp 2.000 saja. Biasanya, banyak wisatawan yang membeli makanan ini dalam jumlah puluhan untuk oleh-oleh. Anda bisa menemukan wingko babat di kawasan simpang lima. Ada banyak tokonya, tinggal pilih sesuai selera Anda.

    8. Bandeng Presto

    [​IMG]

    Siapa yang tidak suka dengan bandeng presto? Ini adalah ikan bandeng yang dimasak dalam panci bertekanan tinggi, atau disebut presto. Bandeng presto menjadi oleh-oleh favorit wisatawan dari Semarang. Sebabnya, bandeng presto dikemas dalam kemasan kedap udara dan awet bermingu-minggu jika disimpan dalam kulkas.

    Ada banyak toko bandeng presto yang dapat Anda temukan di Semarang, salah satu yang terkenal ialan Bandeng Juwana. Harganya sekitar Rp 20-30 ribu untuk per kilogramnya. Biasanya bandeng presto nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal khususnya. Maknyus!

    9. Pisang Plenet

    [​IMG]

    Pisang Plenet adalah jajanan khas Semarang yang enak namun saat ini sudah jarang ditemukan. Pisang plenet merupakan pisang kepok yang dibakar di atas arang, kemudian ditekan dengan papan kecil sehingga bentuknya menjadi pipih. Pisang yang digunakan haruslah pisang kepok raja yang memiliki rasa manis dan berwarna kuning.

    Pisang plenet yang dijual di gerobak-gerobak memiliki berbagai pilihan rasa, antara lain keju, coklat, atau nanas. Ada juga yang hanya ditaburi gula halus. Pisang plenet ini dapat dijumpai di Jalan Pemuda dekat Gedung Lawang Sewu dan pusat jajajan toko Sri Ratu. Jam buka biasanya menjelang sore hari hingga tengah malam. Satu tangkup pisang plenyet dijual dengan harga sekitar Rp 4.000. Murah meriah banget bukan?

    10. Roti Ganjel Rel

    [​IMG]

    Roti gandjel rel ini mirip dengan roti gambang. Teksturnya padat dan agak alot. Dinamakan roti gandjel rel karena bentuknya yang mirip dengan bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel merupakan sajian wajib dalam acara ‘dugderan’ atau pawai sebelum bulan puasa.

    Pada hari biasa, Anda akan sedikit kesulitan menemukan roti ini di pasaran. Namun tak perlu khawatir, di pusat oleh-oleh Jalan Pandanaran, terdapat toko yang menyediakan roti ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harganya sekitar Rp. 20.000,- per kotak.

    Nah, itu dia aneka makanan khas Semarang yang wajib Anda coba. Rasakan sendiri nikmat dan lezatnya. Bagi sobat traveler yang punya rekomendasi makanan lain yang tak kalah enak, bisa berbagi disini. Sekian info kuliner singkat dari saya, semoga bermanfaat.

    Sumber : Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Enak Dan Murah & detik Travel
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,131
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Ini yang sering sy datangi jika ke Semarang. Nasi goreng babat. Katanya ada yang lagi (lupa namanya) yang nggak kalah dengan P Karmin. :D
     
  3. maslatip

    maslatip Member

    Joined:
    Nov 14, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Nasi Goreng Babat Pak Hengky di sekitar puri anjasmoro juga gak kalah maknyus dengan pak karmin @KangAndre , langganan pak bondan winarno juga... *peace*
     
    KangAndre likes this.
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,131
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Lain kali saya coba mampir. Terima Kasih :D
     
  5. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  6. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Tahu pong enak. Legendaris :D
     
  7. Risky Devitasari

    Risky Devitasari Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    121
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Namanya unik ya gan :D
    :D:D
     
  8. bellinda dieng

    bellinda dieng New Member

    Joined:
    Feb 7, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wow, bikin ngiler makanan khasnya. yang paling ane suka Pisang Plenet.
     
  9. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ane sih sukanya bandeng presto, enak bangeeet maknyos! *kagum*
     
  10. balitourculture

    balitourculture Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    221
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    es nya mantap tuh ..
     
  11. Vernit

    Vernit New Member

    Joined:
    Dec 23, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pempek me asli memang enak.
    Dengan daging ikan tenggiri berkualitas
    kunjungi kami di pempek semarang jalan lamper sari no.32d
     
  12. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    lumpia tu favorit ane banget, di jatim banyak banget yang jualan
     
Loading...

Share This Page