Tradisi Adat Jawa Menyambut Kelahiran Anak

Discussion in 'General Discussion' started by davidrahman, Jan 15, 2020.

  1. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    882
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Tradisi Adat Jawa Menyambut Kelahiran Anak - Kelahiran anak adalah kebahagian tersendiri bagi keluarga, terlebih bagi mereka pasangan suami istri yang telah lama menunggu bertahun-tahun untuk memiliki keturunan, pasti dengan hadirnya sang buah hati kebahagiaan yang dirasakan pasti begitu besar.

    [​IMG]

    Di Indonesia sendiri memiliki begitu banyak tradisi dalam menyambut kehadiran anak yang telah lahir ke dunia, karena memang Indonesia sendiri memiliki jumlah suku yang banyak, sehingga memiliki adat istiadat ataupun tradisi tersendiri setiap suku dalam menyambut kelahiran anak, tak terkecuali oleh suku Jawa.

    Dalam adat jawa sendiri ada beberapa prosesi atau ritual dalam menyambut kelahiran anak, apa saja sih? Yuk yang belum tahu bisa simak ulasan berikut ini :

    1. Memperlakukan ari-ari bayi
    Menurut perkataan orang Jawa, ari-ari bayi adalah saudaranya selama dalam kandungan dan selam diperut pula ari-arilah yang menyuplai nutrisi untuk sang bayi, maka dalam memperlakukan ari-ari bayi tidak boleh sembarangan. Dalam adat jawa ada beberapa cara dalam memperlakukan ari-ari bari yang baru lahir diantaranya, yang pertama ari-ari dikubur namun dalam prakteknya tidak boleh asal mengubur begitu saja tetap ada ritual khusus dan tata caranya, yang kedua ari-ari dilarung ke laut (dihanyutkan ke laut) orang Jawa bilang dengan cara dilarung diharapkan anak memiliki pengetahuan yang luas.

    2. Acara brokohan bayi
    Brokohan sendiri diambil dari kata "barokah yang berartiberkah", dimana pada prosesi ini mengharap keerkahan atas keselamatan sang jabang bayi. Pada umumnya dalam prosesi brokohan, keluarga yang bersangkutan akan membagikan nasi urap ke tetangga dan sanak saudara.

    3. Sepasaran bayi
    Setelah bayi berumur lima hari pada umumnya orang tua bayi akan melakukan acara syukuran atau sering disebut dengan kenduri dengan mengundang sanak saudara serta tetangga untuk mengahadiri acara ini.

    4. Puputan tali pusar bayi
    Tali pusar bayi yang sudah terlepas menandakan harus diadakannya acara puputan yang pada umumnya pihak keluarga bayi membuat bubur abang putih (bubur merah putih) yang dibagikan ke tetangga serta sanak saudara.

    5. Aqiqah
    Meskipun selalu menjaga tradisi adat jawa bukan berarti tidak menjaga tradisi agama islam, pada hari ke 7 terhitung sejak kelahiran sang anak, pihak keluarga melakukan aqiqah untuk sang anak, aqiqah ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah yang telah memberikan kepercayaan dengan dititipkan-Nya seorang anak. Dalam pelaksanaan aqiqah biasanya diadakan penyembelihan hewan kambing, jika bayi laki-laki diwajibkan menyembelih 2 ekor kambing, sedangkan untuk bayi perempuan cukup dengan seekor kambing saja. Lambat laun kebiasan menyembelih serta mengolah daging kambing menjadi hidangan khas acara aqiqah semakin terkikis dengan adanya paket jasa aqiqah jogja, dimana jasa tersebut hadir dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya agar lebih mudah dan prkatis dalam menggelar acara aqiqah anak, sehingga pihak orang tua tidak perlu repot membeli dan menyembelih kambing secara mandiri. Dengan menggunakan jasa tersebut konsumen tinggal terima beres pesanan diantar kerumah.

    6. Selapanan
    Bayi yang teah berumur 35 hari pada umunya diselenggarakan acara selapanan.

    Ke 6 prosesi diatas pasti memiliki makna atau filosofi tersendiri, tidak ada salahnya untuk selalu melestarikan adat budaya dan tradisi agama islam, selam itu dalam hal kebaikan.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Tradisi jawa dulu dan sekarang mungkin sudah ada perbedaan
    waktu dulu ada mbah dukun yang akan menggambar pintu dengan kapur warna putih dan hitam, dan beberapa jenis daun yang diletakkan di dekat pintu rumah, sekarang tidak ada lagi mbah dukun yang praktek macam itu
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    436
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    ane cuma tau ari2 bayi harus nya di kubur aja , enggak tau kalo ada ritual nya menurut adat jawa
     
  4. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    37
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Seriusan gan? *bingung*
     
Loading...

Share This Page