Tren Pekerjaan Yang Banyak Dicari Tahun 2022

Discussion in 'General Business' started by Barunasasra, Oct 21, 2020.

  1. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Kamu pasti sudah nggak asing dengan istilah revolusi industri 4.0 kan? Memasuki era industri 4.0, pemerintah meluncurkan roadmap Making Indonesia 4.0 pada 2018 lalu. Ini artinya banyak tren pekerjaan di masa depan yang bakal berubah menyambut revolusi industri 4.0. Tren ini pun berpengaruh pada pekerjaan yang banyak dicari tahun 2022 mendatang lho. Apa saja itu, yuk kita bahas lebih jauh di artikel ini.

    Seiring perkembangannya, banyak pakar yang memprediksi jika era digital atau revolusi industri 4.0 ini membawa keuntungan sekaligus ancaman bagi manusia di kemudian hari. Penggunaan teknologi otomatisasi dan teknologi sibernetika di bidang industri, diprediksi bakal membuat beberapa profesi menjadi tidak dibutuhkan lagi di masa depan.

    Kelak pabrik-pabrik lebih mengandalkan teknologi komputerisasi dan tenaga kerja manusia akan digantikan oleh mesin atau robot. Lantas bagaimana dengan tren pekerjaan yang banyak dicari tahun 2022? Apakah semakin terbatas atau semakin langka?

    Tren Pekerjaan Yang Banyak Dicari Tahun 2022

    [​IMG]

    Nggak usah panik, masih banyak cara dan kesempatan untuk mempersiapkan diri kok. Intinya, di masa depan pekerjaan lebih mengutamakan skill yang berbasis teknologi. Jadi, tidak ada salahnya kalau mulai sekarang kamu mulai membekali diri dengan skill yang berhubungan dengan teknologi.

    Berikut adalah beberapa pekerjaan yang banyak dicari tahun 2022, antara lain:

    Web Developer

    Profesi yang satu ini bakal banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Web developer atau pengembang web merupakan profesi yang bertugas untuk membuat sekaligus memelihara website. Para pebisnis mengandalkan web sebagai sarana untuk memperluas pasar dan promosi yang lebih efektif. Website ibarat kantor atau etalase yang mencerminkan kredibilitas sebuah usaha. Maka nggak heran jika web developer termasuk dalam kategori profesi paling menjanjikan di masa depan.

    Cyber Security

    Kejahatan yang terjadi di dunia masa (cybercrime) membuat profesi cyber security menjadi salah satu profesi paling menjanjikan di masa depan. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk menjaga keamanan informasi. Selain itu, praktisi cyber security juga bertugas untuk menjaga keamanan jaringan, hingga perencanaan pemulihan akibat bencana demi bisnis perusahaan.

    Content Creator

    Buat kamu yang sering bermain media sosial (medsos), tentu sudah faham betapa menjanjikannya profesi content creator. Saat ini, konten dianggap sebagai salah satu kunci untuk mendatangkan konsumen potensial bagi perusahaan.

    Konten yang menarik dan membuat audiens tergugah dapat menjadi senjata yang powerfull dalam strategi branding sebuah bisnis. Jika kamu berminat menjadi seorang content creator, maka kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi.

    Karena kamu akan bertanggung jawab untuk menghasilkan materi konten menarik, meriset konten kompetitor, dan membuatnya menjadi strategi branding yang sesuai dengan citra perusahaan tempat kamu bekerja.

    Social Media Specialist

    Di era ini, pelaku bisnis gemar memanfaatkan akun social media sebagai alat mempromosikan barang atau jasa mereka. Karena dibutuhkan waktu dan spesialisasi khusus, banyak perusahaan yang rela membayar seorang social media specialist, yang bertanggung jawab mengatur konten medsos perusahaan. Seorang social media specialist juga wajib mengetahui cara untuk menganalisa konten kompetitor, mengatur strategi kampanye di media sosial, sekaligus menganalisa target audience.

    SEO Specialist

    Saat ini, konsumen cenderung melakukan riset terhadap sebuah produk sebelum memutuskan membelinya. Jadi, sebuah produk yang mudah ditemukan di pencarian online akan mendapatkan peluang lebih besar untuk diakses oleh konsumen potensial.

    Inilah mengapa Search Engine Optimization (SEO) specialist sangat dibutuhkan di era ini. Jika kamu ingin menjadi seorang spesialis SEO, kamu akan berhadapan dengan teknik optimasi halaman website. Kamu harus mengamati setiap perubahan pada algoritma mesin pencari agar konten perusahaanmu dapat muncul di urutan teratas pencarian online.

    [​IMG]

    Nah itulah beberapa tren pekerjaan di masa depan yang bisa kamu jadikan referensi. Semakin banyak skill yang kamu kuasai sesuai bidang yang kamu senangi, tentu akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Yuk simak ulasan menarik lainnya di blog Aplikasi Belajar Online.
     
    ahmadyusuf likes this.
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,530
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Mungkin betul juga ya itu profesi yang banyak dicari di masa depan seiring dengan era digitaliasi
    mana yang mudah, kalau sudah memiliki ilmunya semua jadi lebih mudah, yang sulit mendapatkan pekerjaannya mungkin ya
     
  3. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Betul gan. Setidaknya kalau punya skillnya bisa buka usaha jasanya sendiri.
     
  4. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    93
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Ya, saya setubuh gan.

    Tapi, sebelum keluar dari pekerjaan.

    Sebaiknya, kita memiliki passive income yang hampir sama dengan gaji yang kita bekerja saat ini.

    Cheers!*belajar**hore*

    Check it out:

     
    Last edited: Oct 23, 2020
  5. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3

    Mantul gan. Enak ya kalau punya passive income. Tidur tetep ngasilin duit...
     
  6. ahmadyusuf

    ahmadyusuf New Member

    Joined:
    Oct 17, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Saya rasa semua perkerjaan diatas bisa dipelajarin untuk menambil skill sendiri sambil kerjaan utama karena sekarang serba internet dan digital ya.
     
  7. donnycan

    donnycan Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    informasi yang menarik...mantull gan
     
  8. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    93
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Yup, bisa dipelajari di Google gan.

    Akan tetapi, menurut analisa saya,

    Sebaiknya, harus dibimbing oleh Mentor / Coach yang benar-benar terpercaya dan menghemat waktu dan biaya juga,

    Contohnya Dewa Eka Prayoga (Digital Marketing).

    Terutama pada keterampilan Search Engine Optimazation (SEO) karena di luar ada beberapa yang memberikan edukasi benar-benar pada pengalamannya,

    Contohnya mas panduanim.com (versi bahasa indonesia), untuk studi kasus bisa ke Brian Dean (Backlinko.com)
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page