Trik Aman Menggunakan Genset

Discussion in 'General Business' started by Dede Kusrianto, Mar 15, 2018.

  1. Dede Kusrianto

    Dede Kusrianto Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Genset di era serba modern ini sangat membantu dalam pekerjaan manusia sehari-hari. Pasalnya, PLN sebagai tempat yang menyediakan listrik negara terkadang melakukan maintenance yang mengakibatkan listrik mengalami pemadaman, baik secara tiba-tiba atau dengan pemberitahuan. Tidak adanya listrik menyebabkan beberapa pekerjaan menjadi tertunda atau malah merugikan. Untuk itu, genset digunakan sebagai daya listrik cadangan atau tambahan yang sangat bermanfaat.

    Mesin genset sudah banyak digunakan baik di rumah atau pun di perindustrian, namun tak sedikit pemilik atau beberapa orang yang ingin menggunakan genset belum mengetahui dengan baik bagaimana cara pasang genset atau menginstalansinya dengan benar. Maka dari itu, sebaiknya simaklah penjelasan mengenai cara pasang genset secara sederhana berikut ini.

    Cara Aman Menggunakan Genset:

    Di samping Anda mengetahui cara pasang genset, ketahui juga cara menggunakan genset yang tepat dan juga aman. Berikut beberapa tips atau cara aman menggunakan genset:

    1. Hindari memasang generator portable di stopkontak

    Memasukan generator di stopkontak dapat memudahkan matinya jaringan listrik serta dapat melukai pekerja utilitas atau pun tetangga di rumah Anda. Sebaiknya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat generator.

    2. Hindari menghubungkan generator secara langsung pada kabel rumah

    Generator yang terhubung langsung pada rumah dapat memberikan umpan balik menuju saluran listrik menuju rumah Anda. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada peralatan utilitas listrik maupun generator Anda. Untuk lebih aman, miliki kontraktor listrik yang berlisensi memasang saklar transfer.

    3. Hindari membebani mesin genset

    Jangan mengoperasikan berbagai macam peralatan yang melebihi daya output genset Anda. Pemakaian genset yang overloading bisa merusak berbagai peralatan atau pun elektronik berharga Anda di rumah, sehingga prioritaskan keperluan Anda saja.

    4. Hindari menyimpan genset di ruangan yang terdapat bahan bakar

    Simpanlah genset di tempat yang aman dan hindari menyimpannya di area yang terdapat bahan bakar. Ketika Anda mengisii bahan bakar untuk genset, hindari dari sumber api atau pun rokok. Pastikan juga Anda memiliki alat pemadam kebakaran untuk berjaga-jaga.

    5. Baca segala aturan dan petunjuk yang ada

    Patuhi segala tata cara dan aturan pemasangan genset yang ada. Ikuti segala instruksi cara pasang genset yang dimiliki, dengan begitu Anda dan keluarga dapat terhindari dari bahaya pemasangan genset yang salah.

    Hal-hal diatas adalah trik aman dalam menggunakana genset. mungkin masih banyak lagi hal-hal yang perlu di perhatikan dan harus di dalami lagi. Selalu manjaga keselamatan anda setiap menggunakan genset dan selalu menjaga perawatan genset anda. Harga genset yang mahal menjadi salah satu anda harus melakukan perawatan rutin. Banyak perusahaan yang memberikan layanan purna jual genset dan anda dapat memilihnya dengan reputasi yang ada. Ayo jaga fungsi genset anda agar selalu prima dan awet.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,307
    Likes Received:
    93
    Trophy Points:
    48
    Genset memang penting dalam kondisi darurat, di beberapa pabrik yang mmbutuhkan daya listrik memiliki genset menjadi hal yang penting untuk menjaga produksi tetap berjalan.
     
  3. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Di tempat saya sangat sering sekali yang namanya mati listrik udah hampir setiap hari... genset menjadi salah satu pilihan paling tepat untuk mengatasinya...
     
  4. Mozaix

    Mozaix New Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    nice tips.... terima kasih
     
  5. Rinto85

    Rinto85 New Member

    Joined:
    Mar 20, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Benar banget tuh sebisa mungkin hindari menghubungkan generator secara langsung pada kabel rumah, jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk itu maka menyewa kontraktor listrik profesional dan berpengalaman adalah salah satu cara terbaik dan teraman. Sebisa mungkin cari kontraktor listrik yang menyediakan alat-alat kelistrikan lengap seperti panel listrik, panel ats, panel lvmdp, kubikel, capacitor bank dan trafo.
     
  6. masfrans

    masfrans Member

    Joined:
    May 31, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    sebenarnya mudah dalam menggunakan genset, yang susah cuma instalasinya saja
     
  7. 9trayeri

    9trayeri New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalo masang genset untuk di gedung-gedung yang sudah pake kabel pendukung sistem misalnya kabel tray gitu, apa ada teknik khusus?
     
  8. tonsur30

    tonsur30 New Member

    Joined:
    Nov 16, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nah, info seperti ini nih yang wajib dibaca untuk yang biasa menggunakan genset ataupun yang baru belajar mengoperasikan genset. Memang ada beberapa aturan mengenai hal-hal yang dilarang, karena bisa merusak genset bahkan bisa membahayakan. karena enggak biasa, jadi tukang service ataupun teknisi dari perusahaan sewa genset yang menanganinya. Orang lain kebanyakan enggak tahu dan terima beres heheheh
     
Loading...

Share This Page