Trik dan Teknik Jitu Mancing Ikan Nila Dijamin Strike!

Discussion in 'General Discussion' started by Blok B 3, Aug 16, 2019 at 2:38 PM.

  1. Blok B 3

    Blok B 3 Member

    Joined:
    Feb 24, 2016
    Messages:
    190
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Memancing ikan nila merupakan suatu kegiatan atau hobi yang sangat menyenangkan, karena selain sensasi strike yang menantang juga ikan nila ini memiliki citarasa daging yang lembut dan enak. Tentunya para pemancing sudah mengetahui jika ikan nila mudah dijumpai di berbagai tempat, seperti sungai, danau, waduk, rawa-rawa hingga kolam pemancingan.

    Ikan nila juga tergolong hewan omnivora atau pemakan segala, dimana biasanya para pemancing menggunakan umpan alami sebagai bahan mancing ikan nila, berupa cacing, laron, hingga tumbuhan alami yakni lumut sebagai umpan andalan. Oleh sebab itu mancing ikan nila terbilang cukup mudah, dimana umpan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan.

    [​IMG]

    Agar anda sukses dalam memancing ikan nila, maka gunakan trik dan teknik jitu mancing ikan nila yang dijamin strike terus bisa anda coba dan buktikan sendiri sensasi strike nya.

    1. Ikan nila sangat persis dengan mujair, yang mana keduanta termasuk hewan omnivora atau pemakan segala jenis umpan, baik umpan racikan ataupaun umpan alami. Namun umpan yang banyak digunakan serta menjadi andalan para pemancing yaitu umpan lumut. Dimana lumut yang digunakan berwarna hijau dan bertekstur halus.

    2. Ikan nila juga memiliki kebiasaan membuat sarang seperti lubang di dasar danau atau waduk yang digunakan untuk tempat tinggal, perkawinan, dan mijah. Faktor utama yang mesti diperhatikan pada saat mancing ikan nila yaitu mencari lubang-lubang ditepian yang agak dangkal dan berisi tanaman air.

    3. Piranti mancing yang digunakan dapat menggunakan senar yang berukuran 4-8 lbs disesuaikan dengan reel dan joran. Untuk mata kailnya berukuran sekitar 7-11 lbs.

    4. Dan ternyata mancing ikan nila juga bisa menggunakan tegeg tanpa reel dan kenur, dengan rangkaian seperti mancing ikan mas berpelampung. Model pelampung ini boleh bulat atau model bulu dengan pemberatan sebesar biji kedelai. Penggunaan mata kail bisa dirangkai 2 dan 3.

    5. Hal pertama yang mesti disetel pelampung sepanjang kedalaman rata-rata pada sungai atau kolam, kemudian tenggelamkan secara perlahan ke perairan. Lihat posisi pelampung, pindahkan ke berbagai arah. Perhatikan juga bila pelampung tiba-tiba tenggelam lebih dalam, dan jika lubang tersebut berpenghuni maka ikan akan berusaha menyingkirkan rangkai kail agar tidak memasuki sarangnya. Hal ini yang membuat pelampung bergerak dan tinggal kecepatan pemancing dalam menyentak jorannya.

    Trik Mancing Ikan Nila Liar
    Ikan nila liar lebih suka hidup bergerombol, baik ketika mancing disekitar tepian atau saat berenang ke dasar pedalaman. Dimana ikan nila yang sedang mencari makan memiliki ciri lebih sering berenang ke pinggiran. Namun jika ikan nila tidak ada di pinggiran, dapat dipastikan semua ikan sedang bersembunyi di dasar ke dalaman secara bergerombol.

    Mancing ikan nila liar yang paling mudah dan tepat pada saat musim hujan. Karena ikan jenis air tawar ketika hujan turun kandungan oksigennya akan semakin meningkat sehingga ikan sering kali merasa mudah lapar. Selain lapar, ikan nila yang berenang ketepian mengikuti volume air yang semakin bertambah. Oleh sebab itu, musim hujan sangat memudahkan para pemancing untuk menangkap ikan.




    Sumber materi :

    https://dapurumpan.com/trik-dan-teknik-jitu-mancing-ikan-nila/
     
Loading...

Share This Page