Trik Merubah Resolusi Layar Komputer / Laptop Dengan Command Prompt

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Apr 17, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    116
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Meski banyak yang bisa menggunakan laptop, tapi ada juga beberapa orang yang kurang mahir dalam mengoperasikan laptop. Beberapa orang kurang mahir dalam urusan melakukan pengaturan pada laptop yang mereka miliki. Misalnya saja untuk sekedar memeriksa atau mengatur ukuran resolusi layar pada laptop yang mereka miliki.

    Pada kesempatan kali ini kami akan sharing tentang trik yang bisa kamu gunakan untuk merubah resolusi layar komputer / laptop dengan Command Prompt. Meski sebenarnya lebih mudah melakukan pengaturan melalui desktop, namun tidak ada salahnya kamu belajar trik berikut ini.

    [​IMG]

    Trik Merubah Resolusi Layar Komputer / Laptop Dengan Command Prompt

    Untuk melakukan perubahan pada resolusi layar komputer atau laptop yang kamu miliki melalui command prompt ada beberapa cara, namun kali ini kami akan membahas 2 cara saja. Adapun untuk menggunakan trik tersebut ada persyaratan yang harus kamu penuhi, yakni mendownload suatu file terlebih dahulu agar nantinya bisa dieksekusi oleh Command Prompt.

    Langsung saja berikut ini adalah caranya ya….
    Cara Merubah Resolusi Layar Komputer atau Laptop dengan Command Prompt Menggunakan SetScreenResolution.exe


    Trik pertama yang bisa kami berikan adalah cara merubah resolusi layar dengan SetScreenResolution.exe. Namun sebelum kita masuk ke caranya, terlebih dahulu kamu harus mendownload file SetScreenResolution.exe.

    Untuk mendownload SetScreenResolution.exe kamu dapat melakukannya melalui link berikut ini :
    https://github.com/gurnec/SetScreenResolution/releases/download/v1.0/SetScreenResolution.exe

    Silahkan kamu download file exe di atas terlebih dahulu, setelah selesai kamu dapat membuka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian ketikkan “CMD” pada jendela Run yang keluar, lalu tekan Enter.

    Setelah langkah di atas, jendela Command Prompt akan keluar. Berikutnya silahkan ikuti langkah berikut ini :

    1. Masuklah ke folder tempat kamu mendownload SetScreenResolution.exe tadi dari Command Prompt. Kamu dapat masuk ke folder tersebut dengan cara memasukan Command Line berikut :

    “cd alamat folder” lalu tekan Enter pada keyboard. Contoh : cd C:\Users\Lenovo\Downloads

    2. Setelah masuk ke dalam folder, ketikkan Command Line berikut : “SetScreenResolution Ukuran Panjang Ukuran Lebar” lalu tekan Enter pada keyboard. Contoh : SetScreenResolution 1366 768​

    [​IMG]

    3. Selesai. Ukruan resolusi layar kamu kini telah berubah.

    Cara Merubah Resolusi Layar Komputer atau Laptop dengan Command Prompt Menggunakan Qres.exe

    Sama seperti SetScreenResolution, sebelum kamu dapat merubah resolusi layar komputer atau laptop yang kamu miliki dengan Command Prompt, maka kamu terlebih dahulu harus dapat mendownload Qres.exe. Caranya klik link di bawah ini :

    https://www.dropbox.com/s/0xwr4n3b4nmdfdg/QRes.zip?dl=0&file_subpath=/QRes.exe

    1. Setelah Qres.exe telah kamu selesai download, silahkan buka Command Prompt seperti langkah di atas lalu masuklah ke folder tempat kamu mendownload Qres.exe lewat Command Prompt seperti contoh di atas.

    2. Kemudian masukkanlah command line sebagai berikut ini : “QRes.exe /x:ukuran panjang layar/y:ukuran lebar layar” lalu tekan Enter. Contoh : QRes.exe /x:800/y:600

    [​IMG]

    3. Selesai. Kini ukuran resolusi layarmu telah berubah.

    Demikianlah yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga trik untuk merubah resolusi layar komputer atau laptop dengan Command Prompt ini bermanfaat untuk kamu ya.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/04/trik-merubah-resolusi-layar-komputer.html
    https://www.agres.id
     
Loading...

Share This Page