Trik Sederhana Agar Komputer / Laptop Tidak Mudah Rusak

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Apr 20, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kebayang gak sih, laptop yang kamu punya tiba-tiba rusak, lemot, sering ngehang atau restart sendiri? Hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal. Namun hal yang paling sering kali menjadi penyebabnya adalah awamnya pengguna akan cara merawat komputer atau laptop yang mereka miliki.

    Kalau kamu tidak bisa merawatnya akan sangat disayangkan sekali, sebab laptop yang mahal sekalipun bila tidak dirawat dengan benar bisa cepat rusak. Sayang kan bila kamu harus membeli laptop baru lagi karena laptop yang kamu miliki bermasalah.

    Nah pada kesempatan kali ini, kami dari Agreside akan membahas trik sederhana agar komputer atau laptop yang kamu miliki tidak mudah rusak. Lebih lengkapnya mengenai trik tersebut bisa kamu baca selengkapnya di bawah ini ya.

    [​IMG]

    Trik Sederhana Agar Komputer / Laptop Tidak Mudah Rusak

    Rusak yang kami maksud di sini bukan kerusakan yang terjadi seperti pecah belah, melainkan rusak dari sisi fungsionalnya. Misalnya seperti komputer atau laptop jadi lemot, sering ngehang, hingga tiba-tiba mati atau melakukan restart sendiri. Apa saja ya triknya? Berikut ini telah kami rangkum beberapa trik yang menurut kami penting sekali kamu lakukan secara rutin agar komputer atau laptop yang kamu miliki jadi tidak mudah rusak.

    Melakukan Check Disk dengan Fitur Bawaan Windows Secara Berkala

    Kita tidak pernah tahu apakah harddisk yang kita miliki masih dalam keadaan sehat atau tidak selepas komputer terakhir kali dimatikan. Sebab bisa saja saat komputer atau laptopmu terakhir kali dimatikan, sistem tidak melakukan penulisan data secara sempurna ke dalam harddisk yang kamu punya. Bisa karena tiba-tiba komputer mati, atau bisa juga karena komputer atau laptopmu harddisknya mengalami bad sector.

    Kegagalan penulisan data maupun kegagalan dalam membaca data ini dapat berdampak banyak pada performa komputer atau laptop yang kamu miliki. Misalnya seperti bisa mati secara tiba-tiba, hingga melakukan restart sendiri karena data yang seharusnya terbaca tidak ada.

    Untuk mengatasinya, maka kamu perlu melakukan Check Disk secara berkala. Check Disk ini akan membantumu untuk mengetahui apakah harddisk yang kamu miliki masih sehat atau tidak. Bukan hanya itu saja, dengan fitur Check Disk ini nantinya saat bad sector ditemukan maka komputer atau laptopmu akan mengingat dimana lokasi bad sector tersebut dan tidak akan pernah menulis data pada bagian bad sector tersebut.

    Jika kamu ingin melakukan Check Disk berikut ini adalah caranya :

    1. Bukalah File Explorer, kemudian carilah harddisk milikmu.

    2. Klik kanan pada Harddiskmu, lalu klik properties seperti gambar di bawah ini :

    [​IMG]


    3. Berikutnya klik Tab Tools, kemudian klik tombol Check pada bagian Error checking.

    4. Setelah langkah di atas, proses pemeriksaan akan dilakukan. Bila sudah selesai akan muncul jendela notifikasi seperti berikut ini :

    [​IMG]

    Selesai.



    Melakukan Disk Defragment dengan Fitur Bawaan Windows Secara Berkala

    Selain Check Disk, kamu juga dapat melakukan Disk Defragment untuk mengatur data yang ada dalam hardiskmu jadi lebih rapi dan teratur secara otomatis. Untuk melakukannya berikut ini adalah caranya :

    1. Caranya kurang lebih mirip dengan cara di atas, pertama bukalah File Explorer.

    2. Kedua, carilah Harddiskmu. Lalu klik kanan pada harddisk yang kamu miliki, kemudian pilihlah properties.

    [​IMG]

    3. Selanjutnya klik Optimize pada bagian Optimize and defragment drive.

    4. Setelah langkah di atas akan muncul jendela Optimize Drives. Pada langkah ini kamu dapat pilih harddisk yang kamu miliki, lalu klik Optimize untuk memulai proses optimisasi defrag data harddisk.

    [​IMG]

    5. Selesai.

    Nah itulah trik mudah nan sederhana untuk merawat komputer atau laptop yang kamu miliki agar tidak mudah rusak, sering ngehang, lemot, hingga melakukan restart sendiri.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/04/trik-sederhana-agar-komputer-laptop.html
    https://www.agres.id
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    28
    Saya sudah lakukan langkah langkah di atas dan hasilnya tidak ada bad sector pada harddisk. Namun laptop saya tetap lemot dan suka nge-hang kalau buka beberapa aplikasi sekaligus. Masalahnya mungkin karena laptop saya sudah terlalu tua (10 tahun lebih), jadi tidak mau diajak kerja keras. Sudah waktunya diganti dengan yang baru, itu solusinya :D
     
  3. haryo arbianto

    haryo arbianto New Member

    Joined:
    Apr 20, 2021
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    laptop ane sering banget panas gan, gimana ya?
     
  4. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kalo mau ganti jangan lupa kunjungi toko kami gan :D
    Cek IG banyak laptop yang keren-keren *bagus*

    Kipasnya nyala gan?
     
  5. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    86
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Lambatnya laptop atau perangkat komputer juga bisa di sebabkan faktor sistem operasi yang sudah kurang mendukung.
     
  6. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Laptop saya udh 12 tahun lebih dan beberapa trik tersebut memang saya terapkan. Mantap artikelnya.
     
  7. yasir tidung

    yasir tidung New Member

    Joined:
    Mar 4, 2013
    Messages:
    69
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    wahh mantab bener infonya saya sering.. ini hal yg saya cari gan ,,,
     
  8. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Betul, biasanya RAM nya kurang *keren3*

    Semoga bermanfaat ya Pak *bagus*

    Senang bisa membantu *hore*
     
  9. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    247
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Komputer saya sering bluescreen gan, padahal udah dibersihkan. Selain itu juga cepet panas. Gimana ya solusinya
     
  10. konveksiantas

    konveksiantas Member

    Joined:
    May 4, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Waduh selama 3 tahun komputer ane belum pernah check disk hehe.
    terimakasih sudah sharing informasi gan.
     
  11. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    tentunya agar komputer atau laptop kita tidak cepat rusak kita perlu perhatian dan melakukan maintenance secara rutin, btw untuk user ssd tidak perlu melakukan defragement disk.
     
  12. RahmanCyber

    RahmanCyber New Member

    Joined:
    Jan 18, 2021
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ada lagi guannn...... penyebab lemot, karena sering instal software.. tapi lupa unchentang software sponsor...wkwkwkwk, alhasil jadi nginstal software bayangan tersembunyi...,
     
  13. Kanzanesia

    Kanzanesia New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bermanfaat banget nih, agar laptop saya gak lemot lagi *jail*
     
Loading...

Share This Page