Tutorial Cara Menyetem Gitar dengan Aplikasi Android Guitar Tuna

Discussion in 'General Internet' started by AndroidApkApps, Jan 23, 2020.

  1. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    639
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    Jika kalian mempunyai smartphone kalian bisa dengan mudah menggunakan aplikasi tuner gitar di Playstore. Masfavo sarankan menggunakan aplikasi Guitar Tuna. Aplikasi Guitar Tuna terbilang akurat untuk mengenali nada gitar yang akan dimainkan. Cara kerja aplikasi tuner ini yaitu dengan mengandalkan sebuah mikrofon dari hp kalian dan aplikasi Guitar Tuna akan mampu mengenali bunyi maupun nada gitar yang sedang dimainkan.

    Tips Tuning Gitar

    Tips 1: Pastikan kalian sudah menyetem senar dengan tepat. Jika kalian ingin menyetem senar C pastikan bahwa itu benar-benar senar C dengan mengikutinya dari bagian fretboard ke headstock gitar kalian sehingga nantinya dapat memastikan tuning key yang tepat untuk senar C tersebut. Jangan sampai kalian ingin menyetem senar C dan memutar tuning key B atau D. Kesimpulannya selalu pastikan tuning key yang tepat pada saat menyetem.

    Tips 2: Jika feeling kalian mengatakan bahwa kalian sudah menyetem nadanya terlalu tinggi. Hal yang perlu kalian lakukan adalah menurunkan nadanya kembali dan stem lagi dari awal. Hal ini akan mengurangi resiko senar gitar kalian putus karena terlalu kencang.

    Tips 3: Hal yang sebaiknya kalian lakukan sebelum menyetem gitar adalah memainkan senar sambil memutar tuning gitar dan dengarkan nadanya hingga suaranya pas.

    Cara Menyetem atau Menyetel Gitar dengan Aplikasi Android (Electronic Tuner)

    Cara Stem Gitar dengan Aplikasi Guitar Tuna
    1. Pertama, buka aplikasi Guitar Tuna.
    2. Lalu pastikan kalian membuka menu “Tuner”.
    3. Selanjutnya bunyikan satu senar saja tanpa menekan kunci apapun pada gitar kalian. Kalian bisa mencobanya dari senar ke-1 terlebih dahulu. (Belum tau senar 1 dimana? Senar 1 ini terletak paling bawah dan paling tipis dari senar lainnya).
    4. Kemudian Guitar Tuna akan secara otomatis mendeteksi senar berapa yang kalian bunyikan dan nadanya terekam pada microphone di smartphone kalian.
    5. Nah poin utama untuk menyetem gitarnya. Bunyikan terus senar gitar kalian dan buatlah sampai nada yang dimainkan menyentuh pas posisi dari garis tengah “Standard Tuning”.
    6. Jika nanti muncul pesan Too low, itu artinya nadanya terlalu rendah maka kalian harus menaikkan nadanya lagi (putar key tune pada gitar untuk mengencangkan senar). Sedangkan jika muncul pesan Too high, berarti nadanya terlalu tinggi, maka kalian harus mengendurkan senarnya sampai benar-benar pas.
    7. Jika Guitar Tuna menampilkan icon tanda ceklis/centang berwarna hijau, berarti kalian sudah berhasil menyetem satu senar gitar.
    8. Terakhir lakukan cara yang sama pada senar gitar yang lain. Karena pada umumnya senar gitar berjumlah 6 senar. Maka kalian bisa mulai dari senar 1 terlebih dahulu, dilanjutkan senar 2,3,4,5, dan 6.
    Jika semua senar sudah kalian atur atau diset ke standard tuning, maka kalian sudah berhasil menyetem gitar melalui aplikasi Guitar Tuna. Coba mainkan gitar kalian, dan dengarkan nadanya apakah terdapat fals atau tidak.

    Sumber : https://www.masfavo.com/2020/01/cara-mudah-menyetel-menyetem-gitar.html
     
Loading...

Share This Page