Type Telapak Ban Yang Perlu Di ketahui

Discussion in 'Otomotif' started by wendik, Mar 27, 2017.

  1. wendik

    wendik New Member

    Joined:
    Mar 27, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ban motor adalah salah satu bagian pada kendaraan khusunya pada roda yang bersentuhan langsung dengan jalan, ban diisi dengan udara bertekanan supaya dapat dimanfaatkan sebagai peredam getaran atau kejutan sehingga akan menambah kenikmatan maupun kenyamanan mengendarai suatu kendaraan.

    [​IMG]

    Berikut di bawah ini ada beberapa jenis tipe telapak ban yang perlu anda ketahui :

    Tipe Telapak Ban Simetris ( Syimmetric )

    Desan dan fungsi tipe ban simetrik sangat berbeda dari tipe Directional. Denagn desain Rib/motif yang berkenambungan antara satu dengan yang lain (blok). Dilihat dari luar ban jenis Simetris baik sisi dalam ataupun luarnya memiliki fitur dan fungsi yang sama. Ban tipe ini akan terlihat seperti bergelombang. Ban tipe ini memiliki fungsi yakni : nyaman dan senyap/hening ban ini sangat cocok bagi pengendara yang menginginkan kenyamanan dan senyap/hening. Alur bagian utama berfungsi untuk menepis air.


    Tipe Telapak Ban Satu Arah (Unidirectional)


    Ban dengan tapak satu arah dapat kita kenali dengan mudah, dimana pada alur kembang /corak pada bagian tengah seperti membentuk huruf V. Kemampuan dari tapak ban satu arah ini dapat membuang air dengan cukup bagus, karena air bisa dibuang ke dua arah yaitu sisi dalam dan luar. Ban ini hanya optimal digunakan jika searah. Tipe ini sangat jarang digunakan untuk ban offroad.

    Huruf V pada ban menunjukkan arah maju atau putaran ke depan jadi harus hati-hati saat memasang ban dengan tapak satu arah ini. Jika terjadi kesalahan dalam merotasi maka performa dari ban akan sangat jelek dan biasanya pada dinding ban terdapat tanda panah yang menunjukkan arah rotasi ban. Ban tipe ini biasanya tersedia untuk tipe di atas 15 inch, nyaman untuk jalan aspal untuk kecepatan dan performa yang tinggi.. Performa dan kecepatan optimal jika pemakainan ban jenis ini pada kondisi jalan aspal.


    Tipe Telapak Ban Asimetris


    Memiliki pola yang berbeda pada bagian luar dan bagian dalam ban, pada sisi bagian luar biasanya memiliki alur yang lebih besar untuk membuang air ke sisi luar ban, sedangkan alur pada bagian sisi dalam ban biasanya lebih kecil untuk memperluas bidang yang bersentuhan dengan aspal sehingga daya cengkram ban ini ke aspal bisa sangat baik.

    Sangat baik untuk medan yang basah (berair) maupun jalanan yang kering, kekuatan/ daya cengkran ke aspal lebih bagus daripada tipe simetris, lebih stabil digunakan untuk menikung dan mengerem daripada tipe simetris. Untuk kecepatan tinggi dengan track lurus seperti jalan bebas hambatan performanya tidak sebagus tipe tapak ban yang simetris. Dalam memasangnya tipe ban ini tidak memakai petunjuk arah putaran ban, aka tetapi memakai petunjuk ban sebelah dalam dan sebelah luar.
     
    Last edited: Mar 27, 2017
Loading...

Share This Page