Ulasan Film Dilan 1990

Discussion in 'General Discussion' started by maman123, Feb 7, 2018.

  1. maman123

    maman123 New Member

    Joined:
    Jan 15, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]


    Manisnya kisah cinta remaja SMA menjadi suguhan utama dalam film Dilan 1990 yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq.

    Dilan (Iqbaal Ramadhan) berupaya untuk mendekati Milea (Vanesha Prescilla), siswa pindahan dari Jakarta. Film yang berlatar di Kota Bandung pada awal 1990 ini memberi gambaran awal mula kisah asmara Dilan dan Milea.

    Tingkah tak terduga Dilan yang melancarkan rayuan-rayuan menggelitik membuat Milea mabuk kepayang. Milea yang mulai penasaran akhirnya jatuh cinta dengan pria yang awalnya ia anggap aneh.

    Bagaimana tidak aneh, di awal perkenalan saja yang pertama yang diucap Dilan adalah ramalan pertemuan mereka kelak di kantin sekolah. Belum lagi hadiah ulang tahun berupa buku Teka-Teki Silang (TTS) yang sudah diisi penuh. Agar Milea tak pusing untuk mengisi, katanya.

    Kala Milea sakit, Dilan malah mengirim tukang pijat alih-alih langsung datang menjenguknya. Namun hal-hal aneh itulah yang membuat Milea luluh dan terus merindukan Dilan, menanti suara telepon di rumah berdering hanya untuk mendengar suara di seberang yang gemar merayu.

    Film yang diarahkan oleh sutradara Fajar Bustomi dengan keterlibatan langsung dari sang empunya cerita, Pidi Baiq, membuat Dilan 1990 menjadi adaptasi yang cukup baik. Meski diakui sutradara ada beberapa adegan yang dipotong karena keterbatasan durasi, benang merah cerita tetap dapat diwujudkan.

    Terlebih, kisah Dilan 1990 sendiri memang sudah memiliki cerita yang kuat. Dalam hal ini, penulis naskah Titien Wattimena patut diapresiasi yang mampu membawa dialog di film tetap memiliki jiwa seperti di novelnya.

    Penggambaran kehidupan remaja di masa SMA pun masih terasa masuk akal. Dari tingkah nakal remaja yang membolos, berpakaian tidak rapi, memiliki konflik dengan guru atau teman sebaya dan lainnya.

    Peran Iqbaal yang sebelumnya sempat diragukan dan menuai banyak reaksi negatif terbilang cukup berhasil menjelma sebagai Dilan. Pada beberapa adegan, Iqbaal mampu 'berbicara' sebagai karakter Dilan dengan baik. Aksinya dalam bermain lakon setidaknya dapat diterima, meskipun pada beberapa bagian awal masih terasa kaku .

    situs pengetahuan umum
     
  2. dilan goreng da

    dilan goreng da New Member

    Joined:
    Feb 7, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bangke lah makan tuh cinta babi laut
     
  3. masirwin

    masirwin Member

    Joined:
    Jan 11, 2018
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Belum sempat nontonnnnn takut kecewa beda sama bukunya :D
     
  4. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Gimana ya awalnya skeptis sih nonton ni film tapi ya ternyata iqbal ganteng*cinta*
    Bener juga kata Dilan rindu itu berat, makanya aku gamau rindu cz berat*hore*
     
  5. Akira Lee

    Akira Lee New Member

    Joined:
    Sep 23, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jangan spoiler please bahahaha

    Sent from my CPH1701 using Tapatalk
     
  6. Meetechno

    Meetechno Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Denger-denger penontonnya udah lebih dari 3jt ya gan dalam beberapa hari? Apakah bisa pecahkan rekor penonton terbanyak nih film ya :D
     
  7. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    553
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
    itu bilang beda sama buku yh.,., berarti ente sudah nonton yh.,.,
    soal y udah bisa membandingkan di film dan di buku.,.,.,.,.*bagus*
     
  8. adrizal

    adrizal Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    51
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Wah bakal nyaingin film warkop dki reborn nih kyknya... Soalnya film ini laris juga banyak yg nonton
     
  9. Safatunissa28

    Safatunissa28 Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    68
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    udah nonton... Nggak kecewa. Filmnya cukup bagus, meskipun nggak semua yang di buku di visualin hihi... Temenku bapernya sampai berhari-hari, lho *merana*
     
  10. hamidi

    hamidi Member

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    99
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Lumayan lah, meskipun liatnya kemarin sama lontong2 :v
     
Loading...

Share This Page