Update Posting Blog Itu Seperti Apa?

Discussion in 'CMS & Blogging Platform' started by Adam Aiyasi, Oct 31, 2015.

  1. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Pertanyaan itu sederhana atau gampang, tapi ternyata banyak di antara master blogger yang berbeda pendapat tentang hal itu. Ya, update posting blog itu seperti apa sih, atau bagaimana sebuah blog itu dianggap sudah update posting??

    Ketika saya tanya tentang hal ini pada beberapa admin blog dimana blognya memiliki PR tinggi dan Alexa juga bagus, serta cukup populer di kalangan blogger pemula seperti saya, jawabannya cukup variatif yang bisa saya simpulkan menjadi tiga poin berikut ini :

    1. Ada pemilik yang berpendapat bahwa update posting adalah membuat /menambah posting yang benar-benar baru, entah posting itu berupa artikel, video, ataupun gambar.
    2. Membuat posting baru meskipun secara judul dan isi sama dengan posting sebelumnya. Namun posting sebelumnya dihapus atau terhapus juga bagian dari update posting.
    3. Merevisi atau mengedit posting lama yang mungkin dianggap sudah tidak relevan lagi dengan keadaan sekarang ada yang berpendapat bahwa ini juga bagian dari update posting. Meskipun waktu yang terekam oleh google tidaklah berubah. Misalnya saya mengedit dan update posting yang berhubungan dengan daftar forum dofollow 2012. Namun di tahun 2015 beberapa forum dofollow itu tidak relevan lagi karena alasan tertentu (dihapus atau dibanned misal).
    Dari poin-poin tersebut (1 dan 2), mayoritas pemilik blog sepakat atau memiliki pendapat sama bahwa hal itu merupakan bagian dari update posting, karena jelas memiliki waktu publish yang baru yang tercrawl oleh google atau crawler lainnya, meskipun isi, judul, atau hal lain yang ada di dalam posting itu sama dengan posting sebelumnya.

    Perbedaan pendapat di kalangan admin-admin blogger adalah pada poin ketiga, yaitu.
    1. Merevisi atau mengedit posting lama bukan bagian dari update posting, karena walaupun diedit atau direvisi secara totalpun, waktu publish pertamalah yang dijadikan patokan oleh crawler/perayap. Jadi misalnya, posting itu dibuat pada jam 09.00 15-12-2012, maka waktu inilah yang dihitung ketika update posting, meskipun di SERP akan tetap mengambil isi posting (baru) yang sudah diedit untuk penentuan rank.
    2. Merevisi atau mengedit posting lama, baik sebagian atau full, tetap merupakan bagian dari update posting. Karena google atau mesin pencari lainnya mempunyai cache yang berisi data perubahan yang terjadi dari setiap posting, sementara itu setiap di SE akan mengambil data (posting) yang terbaru yangberpengaruh pada posisi di SERP dengan perubahan keyword (keyword density) di posting yang baru atau deskripsi posting yang (mungkin juga) diedit di posting tersebut.
    - update posting bisa merubah secara total isi posting (artikel, gambar, video, script dan lainnya)
    - update posting bisa merubah deskripsi dan keyword setiap posting
    - update posting juga bisa merubah (semua atau sebagian) judul posting
    Saya pribadi cenderung sependapat dengan yang kedua, karena jika memang seperti pada pendapat pertama, seharusnya mesin pencari terutama google tetap mengambil data yang lama di SERP, terutama deskripsi atau kata kuncinya. Buktinya, google misalnya memasukkan deskripsi atau keyword dari posting yang diedit. Tidak mengambil deskripsi atau keyword di posting yang lama....

    Asal Usulnya Begini

    Asal usul pertanyaan itu berawal dari posting di beberapa blog yang bertema "cara menaikkan visitor blog.. " ketika awal belajar ngeblog dulu...nah salah satu tips dari beberapa tips yang disampaikan oleh hampir semua blogger yang tidak pernah ketinggalan adalah dengan cara "update posting...." sejak saat itu saya bertanya ke beberapa blogger yang sudah saya anggap sebagai master...namun jawaban dari mereka bervariasi. Awalnya saya sependapat yang menyatakan bahwa update posting ya membuat atau menambah jumlah posting baru. Jadi, mendapat jawaban seperti itu, saya hampir setiap hari buat posting baru.

    Sambil setiap hari nambah posting waktu itu, saya juga tak pernah absen untuk berkunjung ke blog2 master itu siapa tahu ada posting baru dengan tips yang bermanfaat lainnya. Nah di blog-blog yang memiliki topik posting "cara menaikkan visitor blog" itu saya ihat di arsip blognya, ada yang 5 bulan tidak ada tambahan posting, bahkan ada yang hampir satu tahun. Saya merasa aneh waktu itu. Kok bisa2nya kasih tips "update posting.." di topik posting "cara meningkatkan visitor", sedangkan dia sendiri tidak pernah nambah postingannya (pikir saya waktu itu).

    Akhirnya sayapun bertanya, "min..anda kasih tips meningkatkan pengunjung dengan salah satu cara yaitu update posting..tapi blog ini sendiri gak pernah update posting.." Si admin menjawab " Edit posting yang sudah ada...misalnya bahasa posting sebelumnya diganti dengan menggunakan bahasa baku..atau menambah gambar atau video yang relevan, itu termasuk dari update posting, dan lain2...ini akan berdampak baik pada visitor juga, meski masih banyak faktor lainnya.."

    Nah dari pertanyaan-pertanyaan itu saya menyimpulkan, kalau kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa meski jarang nambah jumlah posting dan hanya dengan melakukan update posting (editing/revisi), jumlah visitor atau pengunjungnya tetap stabil. Merivisi tulisan dengan ejaan salah atau revisi2 yang lain, oleh crawler akan dianggap sebagai update. Dan menurut KANG ANDRE, beberapa detik saja diedit ketika posting itu sudah dipublish, termasuk update posting.

    Dan itu memang terbukti dengan apa yang terjadi di blog saya saat ini. Jarang menambah posting blog, tapi cukup merevisi posting yang sudah ada, jumlah kisaran visitor blog saya stabil...tidak terlalu drastis saat naik/turun..atau kalau lagi banyak waktu, update blog secara lebih luas..(misalnya menambah menu navigasi, Sidebar, mengganti template Responsive dan sebagainya), itu juga bisa berpengaruh pada trafik blog. Yang penting blog jangan disia-siakan atau sama sekali tidak diurus.

    Menurut teman-teman Efber (forum bersosial) gimana? Mungkin butuh pencerahan dari @KangAndre @nelson sitompul @ncang dan lainnya...
     
    Last edited: Oct 31, 2015
  2. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mungkin

    Update Posting = Revisi Posting (misalnya menambahkan poin)
    Update Blog = Menambah artikel baru

    Binung saya baca threadnya .. *belajar*

    Ngapain coba di hapus.... *keren2*
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,111
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Ini hanya merupakan istilah yang sering dipakai blogger (pengertiannya pun bisa beragam menurut individu)
    Update posting bisa diartikan merubah postingan yang ada, bisa menambah atau merevisi posting yang ada. Intinya postingan yang ada telah berubah baik itu jumlah maupun isi.
    Update blog bisa diartikan lebih luas lagi yaitu melakukan perubahan atas blog secara keseluruhan termasuk menambah post, merevisi artikel, merevisi template/tampilan, sampai dengan munculnya komentar baru. Intinya blog telah berubah dari sebelumnya.
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,111
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Kalau postingan diubah lagi berarti ada update. Pendapat bahwa publish pertamalah yang dijadikan patokan oleh crawler/perayap bisa saja terjadi jika artikel tidak disubmit ulang. Data base di Google akan tetap seperti awal, meskipun telah ada perubahan, namun di serp bisa saja berubah jika ada tambahan backlink maupun komentar.
     
    Muh. Wira Wijaya likes this.
  5. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Sependapat..dan menurut saya ya seperti ini..ada perbedaan pengertian antara update blog dan posting....
     
  6. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Meskipun ini adalah postingan lama ya kang....bukan begitu maksudnya...??
     
  7. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Terhapus gak disengaja atau karena faktor lain bisa saja kan, misalnya kaya anak saya yang utak utik laptop, tiba2 banyak post terhapus...

    dihapus atau dibanned google juga bisa saja kan....
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,111
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Meskipun artikel beberapa detik telah diterbitkan, jika diubah lagi termasuk update post. Untuk artikel sangat lama jika ingin tampil seperti baru terbit tinggal merubah waktu terbaru.
     
  9. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Maaf para aden mastah, saya hanya bisa menggelar tikar. Kalau merubah postingan, tentu itu disebut update postingan. Kalau sdh buat artikel kemudian di hari selanjutnya dihapus, kemudian di buat ulang, saya tdk tahu apakah ini pekerjaan sia sia atau bagaimana?
     
  10. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Saya setuju sama yang nomor 1. Karena menurut saya nomor 2 & 3 itu bukan update, tapi upgrade
     
  11. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Betul itu kang....meskipun cachenya tetep ada..jadi ketika dicopas, google tau mana yang terbit dulu dan yang belakangan...
     
  12. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    maksudnya dihapus itu bukan secara sengaja oleh kita gan..tapi bisa saja dihapus oleh google karena copas..atau terhapus karena hal-hal lain....kan bisa saja..saya aja pernah ngalami hal ini...niatnya mau berbagi/share eh salah tekan delete...hehe..bukan masalah sia-sia atau nggak kan..xixi?
     
    Muh. Wira Wijaya likes this.
  13. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    hehehe....bisa dijelaskan mungkin mastah..soalnya ini berkaitan dengan asal usul ini "cara menaikkan visitor itu salah satunya dengan cara update posting...."
     
  14. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Hehehe gitu toh..

    Aden, pernah punya pengalaman postingannya di hapus sama google gegara copas ya?
    Saya belum pernah, palingan di tendang blognya.
     
  15. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,111
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Ada beberapa alasan penghapusan dengan disengaja. Artikel kena komplain pihak lain, artikel dirasa kurang berbobot secara seo, artikel review yang sumbernya sudah tidak aktif lagi, dll. Bukan sia-sia, malah lebih baik daripada menjadi junk posting.
    Untuk yang tidak disengaja (dilakukan pihak lain) biasanya banyak terjadi di blogger.com. Artikel kena hapus dengan alasan tertentu. (malah ada yang blog-nya dihapus)

    Kalau sampai nggak sengaja kena delete sendiri kata @Adam Aiyasi , itu sih ceroboh :D (sy juga pernah kok, salah delete post)
     
    Adam Aiyasi and Muh. Wira Wijaya like this.
  16. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pernah copas...dan belum pernah ditendang atau dihapus postingan di blog saya....memang pernah terhapus karena saya salah klik (mau share malah delet yang diklik)
     
    Muh. Wira Wijaya likes this.
  17. Adam Aiyasi

    Adam Aiyasi Member

    Joined:
    May 17, 2014
    Messages:
    291
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Berarti pernah sama-sama ceroboh ya @KangAndre :D
     
  18. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Iya kang, tapi saya ada rasa malas mengedit ulang. Sy edit kalau postingan sudah jadi populer. Tapi, klo low word, cuman gambar saja. Saya hapus aja sekalian.
     
  19. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,111
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Wkwkwk.. barusan saya cerobah lagi, centang beberapa artikel spam untuk di delete, yang sudah terbit kena centang juga. Yah.. buat lagi ambil dari cache.
     
  20. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    677
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Luar biasa. Sy nge blog dlu pernah buat postingan copas. Beberapa tahun terakhir baru buat postingan original.

    Sejak kapan nge blog den?
     
Loading...

Share This Page