Usaha Dodol Membawa Berkah

Discussion in 'General Discussion' started by NItaarizal, Feb 14, 2019 at 3:31 PM.

  1. NItaarizal

    NItaarizal New Member

    Joined:
    Monday
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]


    Kesuksesan sebuah usaha ditentukan oleh kerja keras pengusaha dalam memproduksi produk yang dibutuhkan masyarakat. Jangan pernah berpikir bahwa usaha kecil-kecilan dengan modal yang kecil tidak bisa menghasilkan kesuksesan besar. Ibu Itoh contohnya, ia mampu menjadi pengusaha sajian khas betawi yaitu “dodol” dan mendapatkan keuntungan jutaan rupiah hingga mampu membeli lahan baru untuk memperluas tempat produksi pembuatan dodol.

    Awalnya, Ibu Itoh yang dikenal ramah oleh masyarakat ini merasa iba melihat banyaknya wanita paruh baya pra sejahtera yang menggantungkan kehidupan sehari-hari pada penghasilan suami mereka. Melihat kondisi tersebut, Ibu Itoh berpikir untuk membantu mereka dengan mengajarkan cara membuat dodol untuk selanjutnya dipasarkan di toko oleh-oleh khas Bogor di kecamatan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Itulah awal cerita Ibu Itoh belajar bisnis kecil kecilan usaha dodol.

    Walaupun awalnya hanya coba-coba saja, tetapi setelah memproduksi 10 kilo dodol yang laris manis di toko oleh-oleh khas Bogor, Ibu Itoh mulai memiliki beberapa pelanggan yang sampai sekarang setia menikmati dodol buatannya.

    Ibu Itoh adalah seorang lulusan Sekolah Dasar di wilayah Bogor. Ia lebih memilih untuk membuka bisnis dodol daripada bekerja walaupun usaha yang dijalankannya hanya sebuah usaha kecil-kecilan.

    Dan tahukah kamu berapa modal awal yang ia keluarkan untuk usahanya? Di tahun 2008, Ibu Itoh hanya bermodalkan Rp. 90.000 untuk memulai usaha dodolnya. Luar biasa, bukan? Sekarang usaha kecil-kecilan dodolnya sudah merambah ke wilayah sekitar Tangerang, Bandung, Cirebon dan Jakarta.

    Untuk memenuhi pesanan dari kota Bogor saja, ia harus memproduksi sekitar 1 ton dodol per bulan. Belum lagi kota-kota yang lainnya. Tentunya ini adalah sebuah prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata walaupun bisnis milik Ibu Itoh ini hanya termasuk usaha rumah tangga skala mikro.

    Salah satu pendukung kesuksesan usaha Ibu Itoh adalah adanya pinjaman modal usaha mikro yang membantunya dalam mengembangkan usahanya. Pelaku usaha mikro seperti Ibu Itoh sangat membutuhkan pinjaman modal usaha. Namun sayangnya, sebagian besar masih kesulitan mendapatkan pinjaman usaha terutama yang berasal dari bank. Ibu Itoh pun akhirnya memilih untuk menjadi peminjam pada penyedia jasa keuangan non-bank, yaitu Koperasi Abdi Kerta Raharja (AKR), yang adalah Mitra Pemberi Pinjaman di MEKAR.

    MEKAR, sebuah platform Peer to Peer Lending, memberikan kesempatan bagi pemilik dana (orang-orang yang memiliki penghasilan dan ingin menumbuhkan uang mereka) untuk mendanai pinjaman UMKM seperti yang dijalankan oleh Ibu Itoh. Melalui platform MEKAR, kini siapa saja di seluruh Indonesia dan di dunia bisa berinvestasi pada pinjaman UMKM dan mendapatkan imbal hasil investasi hingga 12,5% per tahun sambil berperan serta mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia. Seluruh dana yang diinvestasikan pada pinjaman usaha melalui MEKAR akan disalurkan kepada peminjam melalui mitra MEKAR, salah satunya yaitu Koperasi AKR.

    Berkat pinjaman usaha yang ia dapatkan, Ibu Itoh mampu mengembangkan usahanya hingga kini memiliki kurang lebih 12 orang pegawai tetap dan beberapa pegawai tambahan saat musim lebaran dengan seluruh anggotanya merupakan wanita paruh baya di wilayah kecamatan Tenjo, Bogor.

    “Ya, Alhamdulillah sekarang teh sudah bisa beli tanah di samping rumah, rencananya teh mau bikin pabrik kalo ada pesanan lebaran,” ujar Ibu Itoh.

    Lalu, apa yang membuat bisnis dodol milik Ibu Itoh laris manis? Keunggulan dari dodol Ibu Itoh ada dua. Pertama, cita rasa dari dodol itu sendiri. Ibu Itoh menggunakan adonan dodol buatan sendiri dari resep orang tua secara turun menurun dengan variasi rasa seperti original, durian, wijen, dan kelapa. Dodol Ibu Itoh pun teksturnya padat, tidak lembek seperti dodol lain dan tahan hingga 3 bulan di suhu ruangan.

    Ingin berkenalan dengan pelaku UMKM seperti Ibu Itoh dan mempelajari bagaimana investasimu bisa membantu usaha mereka berkembang? Ayo bergabung sebagai Funder di MEKAR dan ikuti acara Kunjungan UMKM berikutnya bersama MEKAR!


    Sumber: https://blog.mekar.id/usaha-dodol-membawa-berkah/
     
Loading...

Share This Page