Usai Pulang Berwisata, Lakukan Cara Ini Biar Tambah Semangat Sekolahnya!

Discussion in 'Tourism' started by Heri Hartono, Jan 9, 2019.

  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bagi kalian yang merupakan anak sekolah momen yang paling ditunggu-tunggu pasti adalah berwisata saat liburan. Bagaimana tidak, kalian bisa mengisi waktu luang setelah satu semester disibukan dengan banyaknya kegiatan internal maupun eksternal sekolah.

    [​IMG]

    Kalian dapat berwisata mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi atau ke tempat-tempat seru bersama keluarga ataupun teman, travelling sembari mengunjungi sanak keluarga yang berada di luar kota, atau ikut kegiatan komunitas yang ada di kota-kota kalian. Memang berwisata seperti itu adalah hal yang mengasyikan karena bisa me-refresh otak, agar nanti ketika masuk sekolah kalian punya energi baru.

    Namun, tepat di tanggal 07 Januari 2019 liburan telah usai. Tidak sedikit siswa-siswi merasa sedih bercampur resah menghadapi kenyataan tersebut. Pasti kalian termasuk salah satunya.

    Keadaan ini cenderung membuat kalian tidak bergairah untuk memulai semester baru. Ironisnya, tidak hanya di hari pertama masuk sekolah saja, kondisi ini bisa berlanjut sampai pada hari-hari berikutnya lho, dan tentunya ini dapat berdampak ke performa belajar dan psikologis.

    Nah, untuk mengembalikan semangat kalian usai pulang berwisata, berikut ini adalah cara-cara bagaimana menciptakan spirit to school sepulang berwisata. Oke, tanpa berlama-lama, mari simak satu per satu penjelasan dibawah ini!

    1. Lepaskan Diri Dari Kesan-Kesan Wisata Lewat Lagu Penyemangat
    Berwisata memang menyenangkan namun sangat menyedihkan jika wisata itu sudah selesai. Nah, untuk bisa mengembalikan semangat diri, lepaskan diri dari kesan-kesan wisata lewat lagu-lagu penyemangat ketika berangkat ke sekolah. ‘Cara ini tidak dianjurkan ketika sedang berkendara’. Kalian bisa mendengarkan lagu yang mampu menyemangati diri misalnya Roar dari Katty Perry atau Solo dari Jennie. Intinya musik yang pas agar membuat mood menjadi bagus lagi meski liburan sudah berakhir dan kalian bisa menghadapi hari-hari penuh warna.


    2. Jangan Terpaku Soal Wisata, Ingat Ujian Semakin Dekat!
    Jangan terlalu sering terpaku pada wisata yang telah kalian lakukan, coba ingat kembali tanggal ujian yang sudah semakin dekat . Dengan mengingat tanggal ujian, kalian bakal lebih terpacu karena terdorong untuk mendapatkan nilai bagus saat ujian. Meskipun banyak yang memandang sebelah mata tanggapan ini, namun setidaknya kalian bisa lebih bersemangat karena adanya target yang harus dicapai. Entah itu rapot bagus, lulus sekolah dengan nilai sempurna dan masuk sekolah favorit.


    3. Ubah Jadwal Tidur yang Sebelumnya Sering Kesiangan
    Pasti kalian sering begadang sehingga cenderung bangun lebih siang. Ini lazim terjadi ketika melakukan perjalanan pariwisata di hari libur kejepit atau libur panjang. Yang menjadi masalah disini adalah merubah pola tidur kembali normal sangatlah sulit dan tidak bisa instan. Jadi, untuk menyelesaikan masalah ini, kalian bisa mengubahnya secara bertahap. Usahakan pasang alarm pada waktu yang lebih awal misalnya setengah jam atau satu jam lebih pagi.


    4. Taklukan Rasa Malas Dengan Olahraga Pagi, Ayo Gerak!
    Hari pertama sekolah pasti muncul rasa malas. Untuk menjauhi ancaman tersebut kalian dapat melakukan sejumlah aktivitas yang bisa membuat tubuh lebih terpacu untuk beraktivitas. Misalnya diawali dengan cuci muka, merapikan tempat tidur, atau olahraga pagi di sekitar pekarangan rumah.

    Ciptakan semangat kalian dengan olahraga pagi, tubuh segar otak jadi cemerlang, keren kan?

    Buang jauh-jauh kebiasaan bangun tidur dengan tetap berbaring sambil main game atau melihat foto-foto travelling yang kalian lakukan. Ini bisa mengendorkan rasa semangat sekolah seusai pulang berwisata.


    5. Sebisa Mungkin Sepulang Berwisata Siapkan Peralatan Sekolah Segera
    Setelah pulang dari perjalanan wisata, pasti kalian lupa di mana alat tulis diletakkan atau apakah perlengkapan sekolah ada yang kurang atau tidak. Sebelum masuk sekolah perlu kalian cek, hal ini tentu membuat kalian mendapati semangat baru tanpa memikirkan kurang atau tidaknya. Selain itu, kalian juga tidak ingin kan, jika hari pertama sekolah lupa membawa alat tulis dan terpaksa meminjam kepada teman.


    6. Perjalanan Wisata Menguras Energi, Isi Asupan Makanan Pada Saat Berangkat Sekolah
    Tak bisa dielakkan lagi bahwa nyatanya berwisata itu dapat menguras habis energi. Nah, untuk menghindari adanya rasa lemas dan cepat lelah, sebaiknya isi perut dengan asupan makanan pada saat berangkat sekolah. Disarankan untuk tidak terlalu makan sedikit dan tidak terlalu banyak, secukupnya saja. Jika tidak, maka bisa-bisa perut terganggu dan semangatpun berubah jadi kacau balau.


    7. Siapkan Strategi Belajar Baru Sepulang Dari Berwisata
    Berwisata memang mengasyikan dan menyenangkan, tapi jangan sampai kalian melupakan kalau liburan itu pasti berakhir dan kalian harus menjalani aktivitas sehari-hari lagi.

    Nah, cara untuk menyemangati hari-hari kalian di sekolah sepulang dari tempat wisata, siapkan strategi belajar baru dan lebih baik. Aturlah sedemikian rupa dengan model yang menyenangkan sehingga tidak membuat pikiran menjadi berat. Adanya metode belajar yang baru, kalian bisa menikmati suasana belajar yang santai namun tetap serius sehingga apa yang kalian harapkan bisa tercapai.


    8. Pastikan Doa Selalu Terucap Pada Saat Liburan Dan Sepulang Berwisata
    Tak bisa dipungkiri lagi bahwa obat yang paling mujarab mendapati spirit to school adalah aktivitas berdoa secara kontinu. Doa yang dapat kalian lakukan misalnya pada saat liburan maupun setelah berwisata.

    Harapan doa yang kalian harapkan bisa didapatkan jikalau dibarengi dengan usaha. Oleh karenanya sesungguhnya Tuhan mencintai orang yang terus-menerus berdoa. Jangan sekali-kali kalian lemah dalam berdoa dan usaha, sebab tidak ada seorang pun yang akan celaka karena berdoa.


    9.Tetaplah Jaga Kesehatan Sepulang Berwisata
    Lelah pasti kendala saat pulang dari travelling apalagi menikmati perjalanan wisata yang lebih menarik dan nyaman dengan sewa bus pariwisata. Untuk itu pastikan diri kalian sudah mempelajari betapa pentingnya menjaga kesehatan. Pasalnya, dengan tubuh yang sehat kalian bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk kegiatan belajar tanpa menghadapi hambatan berarti.

    Semangat atau tidaknya melakukan kegiatan sekolah tergantung pada kesehatan kalian. Ayo, tanamkan diri kalian dengan spirit to school!


    10. Move On and Stay Positive!
    Ingat liburan hanyalah momen untuk refreshing semata. Move on kata paling tepat untuk menggambarkan apa yang harus kalian lakukan setelah pulang berwisata. Stop melihat foto-foto liburan terlalu lama yang ada di Instagram ataupun Facebook. Tetaplah positif dengan apa yang kalian harapkan dari sekolah. Dengan demikian semangat yang ada di diri kalian bisa muncul dengan cepat secepat kilat.

    Itulah cara-cara yang bisa kalian coba untuk mengembalikan semangat usai pulang dari berwisata. Bagaimana siapkah kalian pergi sekolah hari ini?
     
Loading...

Share This Page