Usir Karat dari Rantai Motor Itu Mudah! Begini Caranya

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 18, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Salah satu komponen penting pada motor bebek atau motor sport yang perlu dijaga kondisinya adalah rantai. Sayangnya, tak semua orang paham betul bagaimana cara merawat rantai motor dengan benar dan terhindar karat.

    Jadi, jangan heran kalau kondisi rantai motor Anda cepat rusak atau berkarat. Nah, supaya rantai motor Anda tetap awet, begini cara merawatnya.


    Fungsi Rantai Pada Motor
    Pertam-tama, Anda perlu tahu bahwa ranti motor berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga. Rantai akan menggerakkan roda belakang motor sehingga roda belakang akan berputar dan mendorong laju kendaraan. Rantai motor tersusun dari beberapa bagian di antaranya adalah pin, bush, joint pin, clip, roller, upper link plate, dan inner link plate.

    Tak sendiri dalam menjalankan fungsinya, rantai motor dibantu oleh gir/sprocket, roda bergigi yang terdiri dari dua bagian yaitu gir depan dan gir belakang.

    Masing-masing gir memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda. Gir depan terbilang lebih kecil dari gir belakang. Gir depan berfungsi sebagai penggerak, sementara gir belakang berfungsi untuk menyeimbangkan roda belakang saat motor berakselerasi.


    Awas! Bahaya Rantai Karat
    [​IMG]
    Berbahaya kalau sampai berkarat

    Musim hujan seolah menjadi tantangan bagi pemilik motor. Pasalnya, tak jarang rantai motor menjadi karat akibat sering terkena hujan. FYI, air hujan itu bersifat asam dan bagian bawah motor kerap terkena cipratan motor sehingga bisa merusak rantai motor. Kondisi rantai motor pun bisa semakin memburuk apabila tidak dilakukan perawatan yang benar.

    Rantai motor yang berkarat membuat kondisinya tidak elastis dan kaku. Bila terus dibiarkan, rantai motor berisiko putus di jalan, terlebih bila motor bekerja di putaran tinggi.

    Rantai yang putus biasanya akan tersangkut di antara gir dan menyebabkan roda motor terkunci. Bila sudah begini, risiko kecelakaan pun bisa terjadi. Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk merawat rantai motor dengan baik. Bagaimana caranya? Silakan simak poin di bawah ini.


    Tips Merawat Rantai Motor
    [​IMG]
    Semprot dengan chain lube

    1. Bersihkan rantai ketika mesin motor dalam kondisi hangat

    Saat akan membersihkan rantai motor, disarankan melakukannya saat mesin motor dalam kondisi hangat setelah motor digunakan. Dalam kondisi ini, rantai menjadi lebih lentur dan siap dibersihkan karena habis berputar.

    Saat membersihkannya, pastikan posisi motor dalam posisi tegak. Anda bisa gunakan standar tengah motor atau alat bantu yang bisa membuat bagian belakang motor lebih tinggi dari bagian depan. Kondisi ini akan mudahkan proses pembersihan.

    2. Gunakan air mengalir untuk membersihkan rantai

    Nah, bila proses menyikat rantai sudah selesai, Anda bisa mulai membasuh rantai motor menggunakan air bersih yang mengalir. Tapi ingat, hindari cara menyemprot saat menyiramkan air. Sebaiknya gunakan selang air serta posisikan selang tersebut dekat dengan rantai. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page